Setelah berjuang cukup lama, sekitar 2 tahun, para fans yang memprotes Warner Bros. agar merilis film Justice League versi Zack Snyder akhirnya bisa bernapas lega karena WB mewujudkan keinginan tersebut. WB akan merilis film Justice League Snynder’s Cut pada 2021 mendatang di platfrom streaming HBO Max. Namun, menurut Zack, dirinya masih berusaha untuk bisa merilis Snyder’s Cut selain di platform streaming tersebut.

Seperti yang kita tahu, Justice League yang dirilis pada 2018 kemarin menjadi mimpi buruk terbesar bagi Warner Bros. setelah filmnya mendapatkan kritikan pedas dari berbagai pihak. Bukan hanya itu, ulasan tentang filmnya juga buruk. Bahkan, para fans banyak yang kurang menyukai film garapan Joss Whedon ini. Sebenarnya, film Justice League sendiri digarap Zack Snyder sebelumnya.

Namun, perbedaan pendapat dalam hal kreativitas antara Snyder dan WB membuat akhirnya Snyder mundur dari proyek tersebut. Dan Whedon pun menggantikan posisi Zack. Ada banyak perubahan yang ditampilkan oleh Whedon. Karena itu, Snyder’s Cut akan menampilkan berbagai adegan yang memang diambil oleh Zack. Dan pada DC FanDome hari ini, Snyder merilis teaser singkat untuk filmnya dan berikut beberapa hal yang perlu kalian ketahui.

Justice Hall Hancur

Dalam adegan pembukan teasernya, diperlihatkan bahwa anak buah Darkseid terbang menuju sebuah kapal induk yang membawa mereka. Saat mereka terbang, mereka melewati reruntuhan dan terdapat tulisan “Justice League” yang terjatuh. Hal ini menarik, karena dalam versi theatrical cut Justice League belum dibentuk. Justice League sendiri baru terbentuk secara “serius” setelah mereka mengalahkan Steppenwolf.

Namun, dalam film Snyder’s Cut Justice League sepertinya sudah terbentuk, meskipun masih menjadi sebuah misteri. Kita belum tahu bagaimana timeline cerita yang akan dihadirkan, dan bagaimana plotnya. Ada sebuah prediksi juga yang menarik, dimana jika melihat dari latar belakang dimana mereka pergi menuju kapal induk yang membawa mereka, kemungkinan momen tersebut terjadi pada saat Knightmare terjadi.

Panah Amazon

Dalam versi theatrical cut, kita diperlihatkan bagaimana para penduduk Amazon dibuat kesulitan dengan kemunculan Steppenwolf yang mencoba untuk merebut bagian dari Mother Box. Meskipun mereka sempat memberikan perlawan, pada akhirnya mereka kalah dan Mother Box pun hilang. Ibu dari Diana, Hippolyta, memberikan sinyal bahaya kepada Diana yang dilakukan dengan cara menembakan panah api yang mengarah ke museum nasional.

Diana sendiri sempat melihat peristiwa panah api tersebut di berita, tapi kita tidak pernah melihat Diana pergi melihat langsung dimana panah tersebut tertancap. Dan di teaser Snyder’s Cut ini kita diperlihatkan bagaimana Diana menemukan panah yang ditembakan oleh ibunya sebagai penanda bahaya yang akan datang. Ini tentunya menjadi detail yang menarik, yang berhasil ditampilkan oleh Snyder.

Bruce Masih Memikirkan Superman

Bruce masih merasakan penyesalan terdalam atas kematian Superman, di film BVS, dimana diperlihatkan Superman tewas dalam pertarungan melawan Doomsday. Di film Justice League, hal ini diperlihatkan dengan bagaimana Bruce begitu kekeh untuk kembali menghidupkan Clark yang sudah tewas. Diana dengan jelas menolak ide ini, karena menurutnya dia tidak akan tahu apa yang terjadi, dan kekuatannya juga sangat membahayakan.

Keduanya bahkan sempat berdebat hebat, sampai-sampai Diana sempat memukul Bruce. Sayangnya, di filmnya sendiri kita sebelumnya tidak pernah diperlihatkan bagaimana Bruce begitu peduli dan menyesal atas kematian Superman. Dan kembali dalam masalah detail, dalam Snyder’s Cut Bruce diperlihatkan sedang melihat hologram sosok Superman, dengan ekspresi sedih, bingung, dan takut.

Segala Hal Tentang Cyborg

Dalam film Justice League tahun 2016, kita hanya mengetahui sosok Victor Stone alias Cyborg secara sekilas. Dia sempat mengalami kecelakaan mobil, yang membuatnya harus tewas. Ayahnya, Silas Stone, merupakan kepala STARS Lab. Dia kemudian melakukan segala hal agar anaknya bisa kembali hidup dan selamat. Meskipun itu artinya harus menyatukan tubuhnya dengan robot.

Sayangnya, Silas Stone harus tewas di tangan seorang monster Parademon yang menyandera sebagian penghuni lab dan orang-orang tidak berdosa. Dalam trailer tadi diperlihatkan bahwa di versi Snyder’s Cut kita akan sedikit melihat cerita masa lalu dari Victor Stone, seorang pemuda berbakat yang memiliki talenta dalam olah raga American Football.

Namun, tentunya yang paling menarik adalah momen ketika Silas Stone mengorbankan dirinya dalam uji coba Mother Box. Dalam versi Snyder’s Cut, diceritakan bahwa salah satu bagian dari Mother Box yang berhasil mereka dapatkan kemudian dibawa ke lab STARS. Sayangnya, saat penelitian tersebut berlangsung terdapat sebuah kecelakaan yang membuat Silas Stone hancur. Menurut Snyder melalui akun Veronya, kita juga akan melihat bagaimana ketika Victor melihat kedua sosok ayah dan ibunya, di dalam Mother Box.

The Flash Berada di Timeline Lain (?)

Dalam konsep awal Justice League, seperti yang diungkapkan oleh Snyder, The Flash akan memiliki peran penting yang akan menentukan apakah mereka akan kalah atau menang. Snyder mengungkapkan bahwa Justice League akan berada pada posisi yang sulit, oleh karena itu dia kemudian kembali ke masa lalu untuk memperingatkan Batman dan yang lain tentang potensi Darkseid.

Sayangnya, The Flash meleset dalam permasalahan waktu dan juga Bruce salah mengartiikan maksud dari Barry. Bruce justru mengartikan bahwa apa yang dimaksud oleh Barry adalah Superman, padahal seharusnya adalah Darkseid. Kesalahan ini kemudian menjadi pelajaran Batman di kemudian hari, dan pada saat momen tersebut tiba dia meminta Barry untuk memilih, dan Batman memilih apa yang tidak dipilih oleh The Flash, karena dia tahu bahwa jalur tersebut salah.

Dalam teasernya kita melihat bagaimana The Flash menggunakan Speedforce, yang kemungkinan dia sedang kembali ke masa lalu. Namun, masih belum diketahui apakah dia kembali ke masa lalu di masa yang tepat atau pada saat dia berada di waktu yang salah.

Unjuk Kemampuan Para Member

Di film produksi Joss Whedon, kita sangat arang disuguhkan adegan dimana para anggota Justice League menunjukan aksinya. Bisa dibilang mereka hanya sesekali menggunakan kekuatannya. Misalnya The Flash yang menggunakan kekuatannya untuk menyelamatkan tawanan, atau Cyborg yang diperlihatkan hanya berkutat pada masalah komputer, dan mencari dimana keberadaan Darkseid.

Namun, dalam teasernya kita diperlihatkan sedikit lebih banyak dari aksi para member. Misalnya ketika Arthur Curry bertarung melawan rivalnya yang sekaligus adiknya, Orm, atau ketika Cyborg melindungi seorang polisi yang akan tertimpa mobil. Dia melindungi polisi tersebut dengan tubuhnya, yang membuktikan seberapa kuat tubuhnya tersebut. Jimmy Olsen juga muncul sebagai cameo di adegan ini. Dia adalah polisi yang dilindungi oleh Cyborg.

Superman Hitam

Inilah yang menjadi bahan perbincangan para fans setelah Zack resmi mengumumkan bahwa film Snyder’s Cut akan tayang. Superman yang mengenakan kostum berwarna hitam merupakan salah satu hal yang sebenarnya sangat dinantikan dan sudah diprediksi akan muncul di filmnya. Namun, di theatrical cut filmnya kita tidak mendapatkan hal itu.

Dan terungkap alasan dibalik itu semua oleh Zack Snyder. Dalam sebuah wawancara Snyder menuturkan bahwa ada perbedaan ide tentang Superman pasca dia dibangkitkan dari kematiannya. Pihak WB sendiri tidak ingin citra Superman “dirusak” dengan menggunakan warna kostum hitam. Tidak sesuai dengan “kebiasaanya.” Padahal, Snyder sendiri berpendapat bahwa Superman mengenakan kostum berwarna hitam sebagai penanda bahwa dia memang baru saja dibangkitkan dari kematian.

Sebenarnya, hal ini sesuai dengan komiknya dimana dia mengenakan pakaian tersebut setelah dia dibangkitkan dari kematiannya di peristiwa Death of Superman. Namun, di Snyder’s Cut akhirnya para fans bisa bernafas lega dimana akhirnya Superman berkostum hitam ini akan muncul di filmnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.