Film The Batman sempat jadi judul film yang membingungkan para penggemar. Pasalnya, film ini sempat akan digarap oleh Ben Affleck, yang juga berperan sebagai Batman di era “DCEU”. Namun dirinya mengundurkan diri sebagai sutradara, lalu digantikan Matt Reeves. Tapi drama belum selesai karena Ben mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri dari peran Batman. Sampai akhirnya Matt Reeves mengutus Robert Pattinson untuk berada dibalik jubah The Dark Knight.

Hal ini membuat penggemar semakin bingung dengan keberlangsungan DCEU. Pasalnya karakter seikonis Batman rasanya terlalu riskan untuk diganti, apalagi Batman versi Ben Affleck telah hadir di beberapa film DCEU, termasuk film puncak dari cinematic universe ini, Justice League. Tapi Warner Bros dan DC tampaknya memiliki crisis management yang baik. Alih-alih secara terang-terangan merubah aktor dibalik jubah Batman, mereka melihat ini sebagai kesempatan untuk memperkenalkan hal yang lebih besar, yaitu multiverse.

Dari event DC Fandome, Walter Hamada yang merupakan DC Films President mengungkapkan bahwa mereka tidak “mengganti” Batman versi Ben Affleck, namun Batman versi Robert Pattinson berada di universe yang berbeda dengan DCEU yang kita kenal. Artinya, secara tidak langsung Ben Affleck masih tetap Batman di universe Justice League, bahkan ia akan melakukan penampilan terakhir di film solo The Flash nanti.

Hamada juga mengkonfirmasi bahwa film Joker garapan Todd Phillips berada di universe yang berbeda. Artinya bisa ada kemungkinan jika Joker yang akan dihadapi oleh Batman Robert Pattinson bukanlah Joker versi Joaquin Phoenix atau pun Jared Leto, itu pun jika memang karakter Joker akan ditampilkan di film The Batman yang akan hadir dalam 3 seri.

Disamping itu, artinya DC tidak lagi “malu-malu” mengungkap bahwa mereka secara perlahan membangun sebuah cinematic universe dengan konsep multiverse. Ini juga bisa menjadi solusi begitu banyaknya film dan serial dari DC yang menampilkan banyak karakter yang sama. Karena masih menurut Hamada, meskipun berbeda universe bukan berarti mereka tidak akan berinteraksi.

Langkah awal juga sepertinya telah dilakukan, yaitu crossover The Flash versi Ezra Miller di serial TV Arrowverse, dan berinteraksi dengan The Flash versi Grant Gustin. Selain itu, Batman versi Michael Keaton juga akan hadir di film The Flash bersama Batman versi Ben Affleck. Jika hal ini benar terealisasi, mungkin konsep multiverse akan jadi solusi yang baik agar DCEU memiliki warna tersendiri dengan cinematic universe yang lain.