Series Avatar: The Last Airbender dan The Legend of Korra sudah menghadirkan beberapa teknik pengendalian diluar empat pengendalian elemen utama. Pertanyaanya kemudian adalah teknik pengendalian yang mana yang paling kuat? Kemampuan pengendalian energi yang dipraktikan oleh Aang memang sangatlah luar biasa dalam hal kekuatan atau tenaga.

Tapi, satu hal yang menjadi “permasalahan” dari teknik tersebut sehingga tidak bisa disebut sebagai yang terbaik karena teknik ini hanya bisa digunakan oleh Aang. Juga, karena membutuhkan fokus yang sangat luar biasa, teknik ini tidak bisa digunakan oleh semua orang.

Kemampuan penyembuhan dari suku air juga sering dipandang sebagai teknik yang luar biasa. Secara canon, sebenarnya hanya ada beberapa karakter pengendali air saja yang memiliki kemampuan tersebut. Ketika dikombinasikan dengan air Spirit Oasis yang berasal dari kutub utara, Katara bahkan bisa membangkitkan Aang dari kematian. Kemampuan terbang juga termasuk teknik yang luar biasa dan sangat langka, tapi jika dibandingkan kemampuan seismik Toph tentunya sangat jauh dibawah itu.

Dari semua teknik yang disebutkan dan ada dalam franchise Avatar, tidak ada yang lebih kuat dan lebih mengerikan daripada pengendalian darah. Teknik ini pertama kali diperkenalkan di musim ketika The Last Airbender dan menjadi salah satu dari beberapa kemampuan atau teknik pengendalian yang sangat langka. Ada beberapa alasan mengapa teknik ini menjadi yang paling kuat.

Pertama, tekniknya sangat langka dan tidak banyak orang yang bisa menguasainya. Diketahui hanya ada tujuh pengendali darah di dunia series tersebut – Hama, Katara, Yakone, Tarrlok, dan Amon. Pengendalian darah juga menjadi teknik yang lebih sulit untuk dilawan, dibandingkan teknik lainnya. Meskipun Azula, Iroh, Ozai, dan Mako memperlihatkan kemampuannya dalam pengendalian petir, tapi mereka jarang memperlihatkan kemampuannya tersebut karena memang berbahaya bagi para penggunananya sendiri.

Pengendalian petir memang sangat mematikan, tapi teknik pengendalian petir ini melemahkah petir itu sendiri. Pengendalian besi dan lahar juga sama-sama merupakan teknik yang sangat kuat, tapi kedua teknik tersebut sangatlah situasional. Pengendalian darah, di sisi lain, hampir sulit untuk ditaklukan atau dilawan. Katara sendiri bisa menahan pengendalian Hama, ketika dia mengetahui bahwa tubuhnya bergerak sendiri.

Aang sendiri berhasil selamat dari pengendalian darah Yakone, dengan cara menggunakan form Avatar State, dan dengan semua kekuatan Korra, dia baru bisa lepas dari pengendalian darah Amon dalam jangka waktu yang cukup lama setelah berusaha keras. Perlu untuk dicatat juga jika Amon mengalahkan Korra dalam pertarungan itu.

Korra bahkan tidak pernah bisa menang secara telak saat dirinya bertarung melawan Tarrlok atau Amon. Selalu ada hal yang kemudian bisa membantunya lolos dari situasi sulit. Tarrlok berhasil mengalahkan Korra dengan tangan kosong, sedangkan Amon berhasil kabur dari serangan Korra setelah sang Avatar meneriakinya sebagai penipu.

Dua pengendali darah yang benar-benar pernah dikalahkan adalah Hama dan juga Yakone. Perlu juga dicatat, pasca perang melawan negara api selesai, pengendalian darah menjadi satu-satunya pengendalian yang digunakan untuk melakukan tindakan kriminal. Karena itulah teknik ini kemudian dilarang di seluruh dunia. Dengan pengecualian dari Yakone dan anaknya, pengendalian darah merupakan senjata yang mengerikan yang jika digunakan dengan tepat.

Contohnya adalah ketika Katara berhasil mengalahkan Hama, pencipta pengendalian darah itu sendiri, di saat bulan purnama penuh. Meskipun Katara memiliki kekuatan untuk melakukan hal yang dia inginkan, namun dia sadar bahwa pengendalian darah adalah teknik yang berbahaya dan kuat, karena itulah dia mengusulkan untuk melarang penggunaan teknik ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.