Klan Uzumaki adalah salah satu klan yang paling menarik dalam franchise Naruto, selain klan Senju, Hyuga, atau Itachi. Klan ini sendiri berasal dari desa Uzushiogakure, sebuah wilayah yang damai dan indah. Namun, sayangnya wilayah ini harus hancur akibat aliansi yang dilakukan oleh desa-desa lainnya karena mereka takut dan khawatir kekuatan dan kemampuan klan Uzumaki akan membawa kehancuran.

Setelah daerah asal mereka hancur, sebagian yang selamat kemudian menyebar ke berbagai desa lainnya, salah satunya adalah Konoha. Anggota klan Uzumaki sendiri sebenarnya adalah penerus dari Asura Otsutsuki, dan karena itulah klan mereka memiliki keterkaitan dengan klan Senju. Klan Uzumaki sendiri terkenal karena kemampuan chakra mereka yang dahsyat, serta segel jutsu yang luar biasa. Berikut adalah anggota klan Uzumaki yang diketahui sejauh ini.

Karin

Karin pertama kali diperkenalkan kepada para fans, sebagai salah satu bawahan dari Orochimaru selain Kabuto dalam series Naruto Shippuden. Karin kemudian bergabung dengan Sasuke dalam petualangannya. Dengan rambutnya yang berwarna merah, hal ini sesuai dengan ciri khas dari klan Uzumaki yaitu memiliki rambut merah seperti Kushina.

Karin juga merupakan seorang ninja yang sangat peka, dimana dia mampu merasakan atau menebak keberadaan seseorang hanya dengan melihat aliran chakra mereka. Bertahun-tahun setelah perang besar ninja keempat, Karin kembali bekerja untuk Orochimaru. Meskipun dia tahu bahwa Sasuke hanya memanfaatkannya selama ini, karin tetap menerima situasi dimana Sasuke dan Sakura menikah. Bahkan, Karin yang memberikan kacamata terhadap Sarada.

Fuso

Fuso merupakan karakter yang kemungkinan tidak banyak diketahui oleh para fans. Berbeda dengan kebanyakan klan Uzumaki lainnya, Fuso tidak tinggal di desa Konoha, melainkan dia tinggal bersama sebuah keluarga sederhana di desa Amegakure. Sama seperti karin, Fuso memiliki rambut berwarna merah menyala yang menjadi ciri khas dari keluarga Uzumaki.

Fuso berhasil ditangkap dalam perang besar ninja kedua dan kemudian dibunuh oleh shinobi dari desa Konoha. Anaknya, Nagato Uzumaki, kemudian membalas dendam kematian ibunya dengan membunuh para shinobi yang menyerang atau membunuh ibunya pada saat itu. Dengan kurangnya screen time dan cerita tentang Fuso, rasanya wajar jika tidak banyak fans yang tahu tentang karakter ini.

Uzumaki Nagato

Nagato merupakan anak laki-laki dari Fuso yang harus kehilangan ibunya pada usianya yang masih kecil. Setelah bertemu dengan Yahiko dan Konan, ketiganya kemudian membentuk sebuah organisasi rahasia yang disebut sebagai Akatsuki dan memulai pertempuran di desa Amegakure. Sebagai seorang Uzumaki, Nagato memiliki vitalitas tubuh yang luar biasa.

Selain kemampuan tubuh yang luar biasa, Nagato juga memiliki sesuatu yang istimewa dalam dirinya yaitu kemampuan doujutsu Rinnegan. Kemampuan doujutsu tersebut diberikan kepada Nagato oleh Madara Uchiha pada usianya masih muda. Dengan kemampuannya tersebut, wajar jika Nagato menjadi salah satu anggota klan Uzumaki yang terkuat.

Uzumaki Ashina

Uzumaki Ashina merupakan pemimpin dari klan Uzumaki saat mereka masih menetap di desa Uzushiogakure. Tidak banyak yang diketahui dari sosok Ashina, tapi disebutkan bahwa dia memiliki hubungan yang sangat erat dengan klan Senju dan juga Hokage pertama di desa Konoha. Ashina sendiri diketahui merupakan master dari Fuinjutsu, atau teknik penyegelan, sesuatu yang memang menjadi keahlian dari klan Uzumaki.

Dalam versi animenya, Hashirama membinta bantuan Ashina untuk menyegel seekor monster raksasa yang lepas dan membuat kekacauan. Apa yang terjadi kepada Ashina dan para klan Uzumaki lainnya setelah itu masih belum diketahui.

Mito Uzumaki

Mito Uzumaki merupakan jinchuuriki pertama dari Kurama dan merupakan istri dari Hokage pertama. Mito merupakan sosok yang luar biasa, dimana dia merelakan tubuhnya menjadi wadah untuk menyimpan Kurama yang membahayakan desa Konoha. Dengan menggunakan kemampuan dahsyat chakranya yang memang menjadi kelebihan klan Uzumaki, Mito terus menjaga Kurama sampai akhir hayatnya.

Ketika Kushina ketakutan menjadi jinchuuriki selanjutnya bagi Kurama, Mito pun menenangkannya dengan mengatakan bahwa Kushina adalah wanita kuat jika bisa mengalahkan kebencian dalam diri Kurama dengan cinta.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2