Meskipun Godzilla dikenal sebagai sosok monster atau kaiju yang sering terlibat dalam pertarungan satu lawan satu dengan monster lainnya, seperti dalam film Godzilla vs. King Ghidorah, Godzilla vs. Destoroyah, dan Godzilla vs. Biollante, tidak jarang juga Godzilla membutuhkan bantuan dari monster lainnya untuk mengalahkan musuh yang sedang dia hadapi. Terkadang, justru sebaliknya dimana musuhnya yang membentuk tim dan bertarung melawannya.

Karena itulah, Godzilla butuh bantuan dari kaiju lainnya untuk bisa menang atau setidaknya mengimbangi kekuatan musuhnya. Godzilla sendiri sudah sering “bekerja sama” dengan kaiju lain sejak awal 1960an, dan yang paling baru adalah Godzilla: King of the Monsters. Selama lebih dari 5 abad keberadaannya, Godzilla punya sederet monster yang bisa dia mintai bantuan. Siapa saja?

Rodan

Sebelum muncul di Godzilla universe, Rodan sempat punya filmnya sendiri. Sampai sekarang, Rodan selalu jadi monster yang aktif muncul di film Godzilla. Rodan punya kelebihan dari sisi kecepatan, yaitu dia bisa terbang dengan kecepatannya yang bisa mencapai Mach 3. Tubuh dan sayapnya yang besar, bisa membuat hancur satu kota hanya dengan sekali kepakan.

Rodan sendiri adalah monster pteranodon yang bersemayam di gunung berapi, dan merupakan sekutu paling penting bagi Godzilla. Awalnya, mereka berdua adalah musuh seperti yang diperlihatkan dalam film Ghidorah, the Three-Headed Monster. Tapi, kemudian mereka bekerja sama untuk mengalahkan Ghidorah. Sejak saat itu, Rodan dan Godzilla sudah sering bekerja sama dengan Godzilla di berbagai film.

Namun, sayangnya untuk di MonsterVerse sendiri kita belum diperlihatkan kerja sama yang dilakukan Godzilla dan Rodan. Di film King of the Monsters, Rodan justru bersekutu dengan Ghidorah dan menjadi lawan bagi Godzilla dan Mothra. Tapi, tentunya pintu kesempatan selalu terbuka lebar untuk kemudian keduanya bekerja sama.

Mothra

Mothra adalah kaiju yang paling sering tampil dibandingkan dengan Godzilla sendiri di dalam serinya. Mothra merupakan salah satu karakter kaiju favorit para fans dan bahkan dia juga punya beberapa filmnya sendiri. Mothra adalah kaiju terbang pertama yang dilawan oleh Godzilla. Mothra sendiri berbeda dengan kaiju lainnya.

Dia adalah “monster baik” yang melindungi bumi dari Godzilla. Tapi, Mothra dan Godzilla juga pernah beberapa kali bergabung jadi tim untuk melawan berbagai ancaman yang kuat. Contoh yang paling baru adalah ketika dia bersatu dalam film KOTM. Dari segi penampilan, Mothra bisa dikenali berkat sayapnya yang penuh dengan warna. Dianggap sebagai representasi dari keindahan alam, Mothra sering terlihat ditemani oleh dua peri yang disebut “Twin Fairies.”

King Caesar

Dalam cerita Godzilla vs. Mechagodzilla, dengan situasi yang sudah sangat gawat akhirnya manusia mencoba untuk membangkitkan sosok pelindung penduduk Okinawa, yaitu King Caesar, untuk melenyapkan sang villain utama. Konsep bentuk King Caesar terinspirasi dari makhluk mitologi orang-orang Okinawa, Shisha, yang dipercaya bisa melindungi warga desa dari serangan naga.

Dalam cerita mitologi orang-orang Okinawa juga Shisha digambarkan sebagai pelindung manusia yang sangat setia dan kuat. King Caesar sendiri digambarkan sebagai sosok yang kuat yang membantu Godzilla mengalahkan Mechagodzilla. King Caesar punya kemampuan buat menyerap energi lawan dan kemudian menembakannya kembali ke musuh dengan 10 kali lipat melalui mata kirinya.

Sumber kekuatan King Caesar sendiri berasal dari matahari. Dalam film Godzilla: Final Wars, akibat pikirannya dikendalikan, King Caesar pun terpaksa bertarung melawan Godzilla. Meskipun kalah, Godzilla tidak membunuhnya karena mereka pernah bekerja sama.

Kumonga

Monster laba-laba raksasa bernama Kumonga muncul untuk pertama kali sebagai salah satu villain yang bertarung melawan Godzilla di Monster Island, dalam film Son of Godzilla. Dalam film Destroy All Monsters, Kumonga diceritakan bukan lagi musuh dari Godzilla. Dia bahkan ikut membantu Godzilla dalam mengalahkan Ghidorah dengan Ghidorah tidak bisa bergerak akibat jaring laba-labanya.

Kumonga sendiri sempat diperkirakan akan hadir di film KOTM, seperti yang diperlihatkan dalam trailernya. Dalam trailer tersebut, kita melihat monster berkaki laba-laba dengan cangkang keras muncul dari bawah sebuah pertambangan.

Manda

Manda merupakan ular laut raksasa dan saat pertama kali muncul dia diperkenalkan sebagai pelindung dari kerajaan bawah air, seperti yang diperlihatkan dalam film Atragon produksi Toho. Manda kemudian masuk ke universe Godzilla dengan muncul dalam film Destroy All Monsters. Pada film itulah kemudian para fans mengetahui bahwa Manda merupakan penghuni bawah laut di Monster Island.

Manda juga ikut bersama Godzilla dalam pertarungan terakhirnya melawan Ghidorah. Tapi, uniknya Manda tidak ikut bertarung seperti tujuh monster lain yang membantu Godzilla mengalahkan Ghidorah. Manda menjadi satu-satunya monster yang hanya menonton pertarungan tersebut.

Varan

Varan merupakan monster berkaki empat, memiliki bentuk yang mengerikan dan bisa terbang seperti tupai terbang. Dia muncul pertama kali pada tahun 1958, sebagai salah satu villain klasik Toho dalam film Varan the Unbelievable. Sama seperti Manda dan monster-monster lainnya, di film Destroy All Monsters Varan juga ikut bergerak menuju pulau Monster dimana dia juga ikut bertarung melawan Ghidorah. Sayangnya, itu menjadi film terakhir bagi Varan karena sampai saat ini varan belum lagi muncul.

Baragon

Baragon merupakan seekor monster prasejarah yang berhasil selamat dari kepunahan berkat kemampuannya untuk menggali tanah dan bersembunyi di bawahnya. Baragon pertama kali muncul dalam film Frankenstein vs. Baragon, dimana monster ini harus menghadapi sosok Frankenstein yang ukurannya membesar dan menjadi sosok raksasa mengerikan.

Baragon sempat kembali muncul, meskipun sebentar, dalam film Destroy All Monsters. Di era Millenium, sama seperti Mothra, Baragon mendapatkan perubahan peran menjadi salah satu monster yang dikirim untuk melindungi bumi dari Godzilla.

Anguirus

Anguirus adalah monster yang pernah dihadapi oleh Godzilla. Godzilla dan Anguirus bertarung di salah satu prefektur di Jepang, Osaka. Dalam pertarungan ini, Godzilla menang dengan menggigit leher Anguirus dan tubuhnya hancur terkena serangan atomic breath. Anguirus kemudian diperkenalkan kembali dengan sentuhan baru pada 1968.

Berbeda dengan sebelumnya Anguirus kemudian diceritakan menjadi sekutu dari Godzilla dalam pertarungan di Monster Island, sebuah habitat untuk para monster bumi buatan manusia. Anguirus juga pernah bekerja sama dengan Godzilla dalam pertarungannya melawan Gigan. Dan pada pertarungan melawan Mechagodzilla, Anguirus harus mengakui kekalahannya.

 

Moguera

Robot yang disebut sebagai Moguera ini merupakan senjata penghancur yang dibuat oleh sekelompok alien dalam film fiksi ilmiah, The Mysterians, pada 1957. Robot ini kemudian kembali dibuat sebagai pengganti Mechagodzilla di era Heisei. Meskipun robotnya didesain untuk menghadapi Godzilla, dia dikirim dalam sebuah pertarungan melawan versi alien dari Godzilla dalam Godzilla vs SpaceGodzilla.

Ketika SpaceGodzilla membuktikan bahwa dia adalah musuh yang tidak bisa Godzilla hadapi sendirian, Godzilla kemudian terpaksa meminta bantuan Moguera. Setelah robotnya menghancurkan sumber tenaga dari SpaceGodzilla, Godzilla akhirnya berhasil mengalahkannya. Tapi, sayangnya dalam pertarungan ini Moguera tidak selamat.

Minilla

Untuk meningkatkan minat franchise Godzilla pada generasi muda, Toho kemudian memperkenalkan sosok monster baru bernama Minnila, yang merupakan anak dari Godzilla. Makhluk ini, yang sama sekali tidak memiliki kemiripan dengan Godzilla, dikenal karena mampu mengeluarkan asap dalam jumlah banyak dari mulutnya, dan bukan atomic breath. Minnila sering berusaha untuk membantu Godzilla dalam setiap pertarungannya, tapi karena ukuran tubuhnya yang kecil dan tidak memiliki kekuatan yang cukup besar, nyatanya tidak membantu ayahnya sama sekali.

Jet Jaguar

Film Godzilla produksi Toho yang ramah anak, Godzilla vs. Megalon, berkisah tentang dua orang ilmuwan dan seorang bocah laki-laki yang memiliki ikatan emosional yang sama terhadap robot berukuran manusia bernama Jet Jaguar. Setelah bumi mendapatkan serangan dari Gigan dan Megalon, Jet Jaguar tiba-tiba mendapatkan kekuatan yang membuatnya bisa menjadi berukuran raksasa.

Jet Jaguar pun kemudian bertarung bersama Godzilla untuk mengalahkan para villain tersebut. Sayangnya, setelah pertarungan tersebut Jet Jaguar kemudian kembali ke ukuran tubuh asalnya dan dia tidak pernah kembali muncul di franchise Godzilla.

Gorosaurus

Gorosaurus merupakan satu-satunya monster di franchise ini yang pernah bertemu dengan Godzilla dan King Kong. Dalam film King Kong Escapes karya Toho, Gorosaurus merupakan seekor dinoasurus yang bertarung melawan Kong dan kalah. Meskipun Gorosaurus harus terbunuh dalam pertarungan itu, dia kemudian kembali muncul dalam Destroy All Monsters dimana Gorosaurus berperan penting dalam mengalahkan Ghidorah.

Salah satu adegan yang paling diingat dari film tersebut adalah ketika para kaiju atau monster lainnya menahan tubuh Ghidorah dengan sekuat tenaga, sehingga Gorosaurus bisa mengalahkannya dengan tendangan kangguru.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.