Selama ini para fans MCU percaya bahwa Wanda Maximoff alias Scarlet Witch yang akan menjadi penyebab kacaunya universe di MCU, karena rasa sakitnya kehilangan orang-orang yang dia cintai. Akibatnya, dia mencoba untuk membuat universenya sendiri yang berakibat pada kacaunya keseimbangan universe di MCU, yang membuat Doctor Strange akhirnya harus membereskan semuanya.

Tapi, bagaimana jika sebenarnya Loki yang menyebabkan peristiwa yang menjadi alur cerita Doctor Strange in the Multiverse of Madness? Selepas Infinity Saga, Marvel Studios mencoba untuk mengeksplor cerita baru tentang multiverse yang sudah cukup lama diperkenalkan. Meskipun WandaVision dan Loki disebut akan memiliki keterkaitan dengan setting cerita di film Doctor Strange 2, tapi secara khusus, kemungkinan adalah Loki yang menjadi penyebabnya.

Loki Sudah Menjelajahi Multiverse Sebelum Doctor Strange 2

Dalam film Avengers: Endgame, kita melihat para Avengers kembali ke masa lalu dengan tujuan untuk mengambil keenam Infinity Stones di waktu dan tempat yang berbeda, setelah Infinity Stones di era sekarang – 2023 – hancur oleh Thanos. Dua Infinity Stones ada di tahun 2012, yaitu Time Stone dan Space Stone. Tony, Bruce, Scott, dan Steve pun akhirnya kembali ke masa itu.

Sebelum kemudian Ancient One memberikan Time Stone, dia sempat mengatakan kepada Smart Hulk bahwa apa yang dia lakukan mengancam keharmonisan timeline yang ada. Jika semuanya tidak bisa dikembalikan secara tepat, maka akan muncul satu cabang universe yang baru. Dan hal ini sudah terjadi, semenjak Loki mencur Space Stone di tahun 2012 dan kabur.

Itulah sebabnya mengapa dia bisa muncul di seriesnya sendiri, setelah kematiannya di tangan Thanos di awal film Infinity War. Sejauh ini detail plot untuk seriesnya sendiri masih terkunci rapat dan masih diharasikan, tapi berdasarkan bocoran dan apa yang sudah diketahui melalui sinopsis seriesnya menyebutkan bahwa Loki akan melompati berbagai waktu wan menjadi sosok yang berbeda di berbagai peristiwa bersejarah di dunia.

Dengan Loki versi 2012 ini masih ada sampai sekarang, di timeline dan kemungkinan universe yang berbeda, apa yang terjadi di seriesnya kemungkinan tidak akan berdampai apa-apa terhadap universe utama di MCU.

Series Loki Akan Terhubung dengan Doctor Strange 2

Kevin Feige beberapa kali menyatakan bahwa series yang diproduksi untuk Disney Plus berbeda dengan series yang tayang di platform lain. Seriesnya akan memiliki koneksi dengan film MCU, dan hal ini dibuktikan dengan film WandaVision dan juga Loki yang sudah dikonfirmasi akan menjadi setting cerita untuk film Doctor Strange 2.

Tapi, kembali, informasi mengenai bagaimana caranya series Loki terhubung dengan filmnya masih belum diketahui secara pasti saat ini. Showrunner dari series Loki, Michael Waldron, juga merupakan penulis naskah untuk film sekuel Doctor Strange tersebut. jadi, bisa dikatakan bahwa cerita di seriesnya akan memiliki koneksi substansif satu sama lainnya.

Bagaimana Caranya Loki Bisa Menjadi Penyebab Utama

Meskipun film Doctor Strange 2 akan menggali lebih dalam tentang konsep multiverse tapi sebelum kita bisa menikmati ceritanya kita akan terlebih dahulu melihat cerita tentang multiverse di series Loki, berkat setting cerita dari Endgame. Ini artinya ketika film Doctor Strange dirilis, Loki sudah terlebih dahulu mengacaukan multiverse MCU, dengan melompat dan berpindah ke berbagai waktu dan menyebabkan kekacauan.

Dalam sebuah tayangan promosi untuk berbagai series terbaru Disney Plus, kita melihat Loki mengenakan baju tahanan dengan tulisan “TVA” atau Time Variance Authority. Dalam komiknya, TVA adalah sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk melindungi timeline di universe Marvel. Mereka yang mencoba untuk mengacaukan timeline, akan ditangkap dan dipenjara.

Petunjuk itulah yang menjadi alasan mengapa TVA mengejar Loki. Patut untuk diingat juga, Loki versi 2012 adalah Loki yang berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya dimana pada tahun 2012 merupakan “puncak” dari Loki sebagai penjahat. Terbukti dia rela bekerja sama dengan Thanos untuk menyerang bumi, dan kemungkinan dia akan mencoba untuk membalas dendam. Dengan tidak mengetahui akibat yang akan dia lakukan, membuat Loki menjadi kandidat yang tepat untuk menjadi penyebab kekacauan di multiverse Marvel.

Apa Artinya Bagi Doctor Strange 2 dan MCU

Tentunya akan ada efek domino yang muncul dari apa yang dilakukan oleh Loki tersebut – disadari atau tidak – seperti menjadi setting cerita di Doctor Strange 2, dimana pada akhirnya sang penyihir agung harus turun tangan meluruskan semuanya. Tapi, kemungkinan ada skenario lainnya yang bisa saja muncul. Pertama dan paling jelas adalah Doctor Strange akan berusaha untuk menangkap Loki dan mempertanggung jawabkan apa yang sudah dia lakukan.

Pertemuan diantara mereka tentunya akan menarik  karena baik Doctor Strange maupun Loki sama-sama memiliki kemampuan sihir. Meskipun Loki dianggap menjadi penyebab utama, ada kemungkinan juga jika kemudian Loki bukanlah villain utama di filmnya. Seperti yang diungkapkan oleh Gugu Mbatha-Raw, salah satu aktor di seriesnya, menyebutkan bahwa Loki yang akan tampil di proyek Marvel selanjutnya akan sangat berbeda dengan sebelumnya.

Jika hal itu benar, maka kemudian akan ada skenario yang kedua yaitu Loki dan Doctor Strange akan bekerja sama untuk menghadapi konsekuensi yang muncul akibat kekacauan multiverse ini. Dengan asumsi bahwa Marvel mengambil skenario ini sebagai narasi ceritanya, kemungkinan Marvel akan menghadirkan sebuah arc atau cerita yang memperlihatkan bagaimana Loki menebus dosanya dengan berbuat baik.

Dengan keterlibatan Wanda Maximoff di filmnya, kemungkinan kita akan melihat bagaimana karakter MCU pengguna sihir akan bekerja sama untuk melawan musuh yang lebih kuat dan nyata. Dan yang paling penting dan utama, dengan keterlibatannya di film Doctor Strange 2 itu artinya ada kemungkinan dan kesempatan bagi Loki untuk kembali ke timeline utama Marvel. Dan jika benar hal ini terjadi, maka kita akan melihat momen mengharukan yaitu pertemuan kembali Thor dan Loki.