Permainan video terbaru yang dikembangkan oleh studio Sucker Punch, Ghost of Tsushima, menjadi salah satu game yang direkomendasikan di tahun 2020 ini. Dengan mengusung genre action-adventure yang dibalut dalam konsep open world, game ini menyajikan sesuatu yang berbeda dari game serupa. Dengan penulisan cerita yang menarik, atmosfer cerita yang intens, dan grafis yang luar biasa, wajar jika gamenya menjadi salah satu game rekomendasi di tahun 2020.

Game ini juga mengaplikasikan salah satu mekanisme klasik untuk memilih cerita, dengan hasil yang berbeda untuk masing-masing cerita. Jin, sang karakter utama, harus berjuang melawan invasi Mongolia ke Jepang pada abad ke 13. Di satu sisi, dia harus menyelamatkan nyawa penduduk pulau Tsushima. Tapi, di sisi lain, dia juga ditugaskan untuk membunuh Lord Shimura. Sebenarnya masing-masing karakter tidak ingin saling bertarung, tapi situasi yang memaksa mereka.

Di akhir cerita, Jin diberikan dua pilihan apakah mengampuni Shimura atau justru mengakhiri nyawanya. Masing-masing tindakan yang dipilih akan menentukan bagaimana cerita akhir dari gamenya. Dan berikut adalah penjelasan dari kedua cerita akhir dari gamenya.

Akhir yang Baik (Good Ending)

Kebanyakan dari para pemain pasti beranggapan bahwa akhir yang “baik” adalah dengan mengampuni nyawa dari Lord Shimura, memberikan kesempatan kedua kepadanya. Tapi, meskipun keputusan ini terlihat baik, sebenarnya tindakan tersebut justru dianggap sebagai penghinaan bagi Shimura dan dan juga klan Sakai. Para samurai lainnya juga melihat tindakan ini sebagai sebagai tindakan yang tidak terhormat dan jalan yang “salah.”

Keputusan ini bisa diartikan bahwa Jin menolak rekonsiliasi dengan Shimura. Shimura sendiri mengatakan, “Sang hantu (The Ghost) akan terus menghantui di sepanjang hayatnya.” Dan Shimura sendiri tidak ingin hal ini benar-benar terjadi atau terjadi kepada Jin, tapi sebagai seorang samurai terhormat dari klan Sakai memaksa Jin untuk melakukannya.

Memilih hal ini memastikan Jin tetap menjadi hantu dari Tsushima. Meskipun dia dianggap sudah merendahkan nilai-nilai seorang samurai, tapi secara moral dia sudah melakukan hal yang benar. Sebagai seorang hantu Tsushima, Jin sebenarnya tidak terikat oleh nilai-nilai apapun yang dimiliki seorang samurai. Karena hal inilah, Jin kemudian bergerak sebagai hantu yang menyelamatkan Tsushima dari serangan Mongolia.

The Ghost sendiri sebenarnya sudah menyelamatkan banyak nyawa dengan menghancurkan mereka, tapi hal itu harus dibayar mahal oleh Jin. Memilih akhir yang “baik” memaksa Jin untuk meninggalkan kehormatan sebagai samurai dan tetap menggunakan topeng untuk menjaga identitasnya.

Setelah credit selesai, para pemain akan muncul di rumah baru Jin, “Tradition’s End,” yang berada di dekat kuil Omi. Jin juga akan menerima warna merah baru di Ghost armornya, yang disebut sebagai “Vow of Vengeance.” Ada perbedaan dialog antara The Ghost bersama Yuna, yang mempertanyakan apakah Shimura akan mencarinya.

Akhir yang Buruk (Bad Ending)

Jika Geeks memilih akhir yang “buruk” maka akan ada cerita yang menyedihkan di akhir cerita, dimana Jin menghormati keinginan Shimura untuk mati dalam keadaan terhormat. Ini bisa dilihat sebagai akhir yang “baik” dimana memilih hal ini bisa mengembalikan kehormatan dari Jin. Pilihan ini akan menghadirkan momen dimana Jin dan Shimura saling menghormati satu sama lainnya.

Shimura juga tidak terlihat marah atau sedih mengetahui bahwa dia akan mati, tapi dia justru senang karena tahu bahwa dengan kematiannya maka kehormatan Jin akan kembali pulih. Meskipun Jin adalah orang yang menusuk Shimura, tapi tangisannya memperlihatkan bagaimana hal itu merupakan sesuatu yang berat baginya.

Meskipun Jin memilih untuk “keluar” dari jalan kehormatan samurai dengan memilih sebagai The Ghost, dengan memilih menghormati keputusan Shimura artinya memilih jalan tradisional yang sudah dilakukan dan dihormati oleh keluarga Jin. Situasinya sendiri dianggap sangat pas, dimana duel diantara mereka dilakukan di atas kuburan keluarganya.

Setelah Jin menangis dengan tubuh Shimura yang tergolek tidak sadarkan diri, Jin akan muncul di rumah baru yang disebut “Dawn Refuge,” yang berada di dekat peternakan Mamushi. Ada muncul warna putih di armor Ghost milik Jin, yang bernama “Righteous Punishment.” Artinya dengan menggunakan armor Ghost, hal itu menjadi jalan bagi Jin untuk menghapus kesalahannya terdahulu. Dialognya dengan Yuna pun akan berbeda, dimana dia akan merasa bersimpati dan senang Jin masih hidup.