Apakah Taskmaster masih akan kembali muncul pasca penampilannya di film Black Widow? Itulah yang menjadi pertanyaan banyak fans saat ini. Jika kemudian Taskmaster benar selamat di film tersebut, villain ini kemungkinan bisa kembali muncul di Phase 4 yaitu melalui TV series Moon Knight.

Moon Knight sendiri merupakan  salah satu proyek TV series Marvel Studios untuk Phase 4 yang tayang di Disney Plus. Selain Moon Knight, proyek TV series lainnya adalah She-Hulk, Ms. Marvel, Loki, dan masih ada beberapa lainnya. Selain setting tempatnya, yang mana ada di jagat sinematik Marvel, belum diketahui lagi informasi detail lainnya perihal series Moon Knight dan bagaimana seriesnya bisa terhubung dengan film MCU lainnya.

Untuk menjembatani hal tersebut, Taskmaster bisa menjadi pilihan. Pasalnya, dalam cerita komiknya sendiri, Taskmaster sudah pernah berurusan baik dengan Captain America maupun Deadpool. Penampilan Taskmaster di Black Widow mungkin bisa menjadi yang pertama dan terakhir. Tapi, ada kemungkinan lainnya bahwa Marvel sudah mempersiapkan rencana jangka panjang untuk Taskmaster.

Sejarah Taskmaster dan Moon Knight di Komik

Satu hal yang membuat Taskmaster berbahaya di komiknya adalah kekuatan super yang dia miliki, dimana dia bisa menirukan gerakan sedetail apapun itu. Selain gerakan, kemampuan atau talenta lainpun bisa dia tiru. Misalnya adalah kemampuan berpedang dari Black Knight, kemampuan memanah Hawkeye, atau kemampuan bergelantung di gedung ala Spider-Man.

Diantara karakter Marvel Comics yang memiliki sejarah panjang dengan Taskmaster adalah Moon Knight. Keduanya pernah bertemu di pertengahan tahun 2000an dalam arc Civil War. Pada masa itu, Taskmaster diceritakan bekerja sebagai seorang instruktur di sebuah sekolah khusus villain. Dia mengajari para calon villain bagaimana bertarung, bertindak, dan sebagainya, meskipun ada kalanya dia juga mengerjakan tugas lainnya.

Setelah dihubungi oleh sebuah kelompok misterius yang berisi para pebisnis sukses yang disebut the Commitee, dia mendapatkan tugas untuk membunuh Moon Knight, yang dianggap sebagai target yang mudah. Sayangnya, pertarungan pertama mereka sangat singkat dan tidak ditampilkan secara penuh. Tapi, dalam pertarungan kedua, Moon Knight berhasil mengalahkan Taskmaster, yang terkejut dan bahkan ketakutan saat mengetahui bagaimana pola bertarungnya.

Taskmaster terbiasa untuk mengikuti pola atau alur gerakan, tapi Moon Knight adalah sosok yang tidak memiliki pola atau apapun itu. Bukannya menghindar ketika ada serangan datang, Moon Knight justru menerima serangan yang datang ke arahnya dan langsung melakukan serangan balik. Meskipun Moon Knight menerima banyak serangan dan terluka parah, pada akhirnya dia tetap menang melawan Taskmaster. Karena itulah Taskmaster menganggap Moon Knight sebagai sosok yang “gila” dan tidak terduga, dan sejak saat itu juga dia mengaku tidak akan menirukan gerakannya.

Bagaimana Taskmaster Selamat Dari Black Widow

Meskipun beberapa orang beranggapan bahwa Taskmaster akan tewas dalam pertarungan terakhir melawan Natasha di film Black Widow, Taskmaster bukanlah villain pertama yang kalah tapi masih tetap melanjutkan hidupnya untuk kemudian kembali muncul di film lainnya. Ada beberapa cara yang bisa Marvel gunakan untuk membuat Taskmaster tetap “hidup.”

Misalnya adalah Natasha tidak akan membunuh Taskmaster, dan lebih memilih untuk melemahkannya seperti membuatya dipenjara atau semacamnya. Cerita tentang upaya kabur dari penjara oleh Taskmaster bisa kemudian diatur oleh Marvel. Atau pertarungan yang dilakukan dibiarkan menggantung.

Natasha membiarkan Taskmaster tidak berdaya di tanah, tanpa mengetahui apakah dia masih hidup atau sudah mati. Untuk hal ini, bisa saja skenarionya adalah Taskmaster terjatuh dari ketinggian atau tenggelam dan tubuhnya tidak bisa ditemukan.

Untuk opsi ketiga adalah sebuah skenario plot twist, dimana kemudian terungkap bahwa Taskmaster bukanlah villain utama yang dihadapi Natasha dan keluarganya. Bisa jadi ada sosok atau kelompok yang jauh lebih kuat yang membuat Taskmaster harus menerima tugas membunuh Natasha. Dan masih ada banyak lainnya skenario yang bisa digunakan oleh Marvel.

Kembali Muncul di Series Moon Knight

Jika kemudian Marvel Studios memutuskan untuk tetap mempertahankan Taskmaster, mereka bisa kembali menghadirkannya di series Moon Knight, yang rencananya akan tayang perdana pada 2022 mendatang. Karena setting waktu di MCU adalah 2023, artinya Moon Knight akan berhadapan dengan Taskmaster enam tahun setelah pertarungannya melawan Natasha Romanoff.

Kehadirannya di series tersebut kemudian bisa menjelaskan atau menceritakan apa yang dia lakukan selama enam tahun tersebut. Mengingat cerita masa lalu Taskmaster adalah seorang pembunuh bayaran seperti di komiknya, seorang pembunuh profesional seperti Taskmaster tentunya akan dirasa pas untuk masuk ke dunia gelap Moon Knight.

Di sisi lain, Marc Spector, yang merupakan alter ego dari Moon Knight, juga adalah seorang pembunuh bayaran. Dengan hal ini, ada kemungkinan Taskmaster dan Moon Knight saling mengenal. Dengan adanya adegan flashback, bisa memberikan petunjuk tentang hubungan diantara mereka. Baik keduanya, mungkin sudah tahu siapa sosok dibalik topeng tersebut.

Jika kemudian skenario ini terwujud, maka Taskmaster bisa menjadi Baron Zemo dalam versi Moon Knight, dimana Taskmaster adalah musuh pertama yang dilawan oleh Marc Spector. Taskmaster merupakan pilihan yang baik untuk villain di MCU selanjutnya, karena dia bisa menunjukan seberapa uniknya Moon Knight. Mungkin akan menarik melihat ekspresi Taskmaster ketika mengetahui gaya bertarung dari Moon Knight yang slengean.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.