Ghost (Hannah John Kamen) adalah salah satu villain yang berhasil selamat di MCU. Namun apa yang terjadi padanya setelah Ant-Man & the Wasp? Adegan post credit-scene film Ant-Man & the Wasp menunjukkan munculnya bencana yang terjadi, di mana Hank Pym (Michael Douglas), Janet Van Dyne (Michelle Pfeiifer), dan putri mereka yaitu Hope (Evangeline Lilly) menghilang saat Scott Lang berada di Dunia Kuantum. Padahal sebelumnya mereka berhadapan dengan Ava Starr alias Ghost. Janet sendiri telah berjanji akan terus memberi Ghost energi untuk mengobati penyakitnya, namun setelah itu nasib Ghost tidak diketahui dan menghilang dalam Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.

Dalam komik, Ghost pada dasarnya adalah villain Iron Man dengan masa lalu yang masih samar. Identitas aslinya masih menjadi misteri, tetapi beberapa petunjuk menunjukkan bahwa dia pernah menjadi seorang insinyur berbakat yang mampu menciptakan teknologi mutakhir yang disebut GhostTech. Namun, proyeknya dibajak oleh atasan di tempat Ghost bekerja, di mana atasannya memanipulasi dan mengeksploitasi GhostTech tanpa seijin Ghost. Oleh karena itu Ghost kemudian menggunakan penemuannya tersebut untuk membuat dirinya dan objek lainnya menjadi tidak terlihat. MCU sendiri mengubah sebagian besar origin Ghost. Di MCU, Ghost adalah mantan anggota SHIELD yang mendapatkan kekuatan menghilang setelah terjadi kecelakaan saat proyek penelitian Quantum.

Pemeran Ghost yaitu Hannah John-Kamen telah menyatakan bahwa Ghost berhasil selamat. Dengan begitu, ada beberapa jalan yang bisa digunakan agar Ghost dapat kembali ke MCU. Yang paling mudah adalah membuat Ghost muncul di serial MCU. Bekas hubungannya dengan SHIELD menjadikannya kandidat terbaik sebagai villain sekunder bagi Falcon dan Winter Soldier. Tetapi kekuatan Ghost sebenarnya lebih cocok ditandingkan dengan Loki atau Ms. Marvel. Mengingat Marvel Studios belum mengonfirmasi rencana apapun untuk Ant-Man 3 dalam beberapa tahun ke depan, kemungkinan besar Ghost akan bergabung dengan karakter lain di MCU, sebelum menghadapi Ant-Man.

Teori paling populer yang muncul dari fans adalah bahwa Ghost akan menjadi salah satu anggota Thunderbolt, tim villain yang dikumpulkan oleh Baron Zemo. Awalnya mereka dianggap sebagai superhero, lalu kemudian mereka melanjutkan rencana jahatnya secara sembunyi. Anggota terpenting dari Thunderbolt juga pernah diperkenalkan di MCU, seperti Zemo dan Jenderal Ross. Keduanya memainkan peran penting di film Captain America: Civil War. Sementara anggota lainnya yaitu Taskmaster akan segera melakukan debut di MCU dalam film Black Widow.

Presiden Marvel Cinematic Universe yaitu Kevin Feige juga sangat ingin membawa Ghost kembali, sejak ia sukses melakukan debut di Ant-Man & The Wasp. Ghost pun berhasil selamat dari ancaman yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Jadi melihat hal tersebut, besar kemungkinan ia akan kembali dalam MCU tak lama lagi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/