The Umbrella Academy musim kedua memperkenalkan kepada para penonton sebuah tim pahlawan super baru yang disebut sebagai Sparrow Academy. Sparrow Academy sendiri muncul di akhir musim kedua, dimana pada saat Umbrella Academy menganggap semuanya sudah selesai – dengan tewasnya the Handler beserta AJ Carmichael dan seluruh agen the Comission.

Dengan menggunakan salah satu koper waktu, Umbrella Academy kembali ke tahun 2019. Awalnya semua terlihat seperti normal kembali, bahkan mereka selamat dari kiamat yang seharusnya terjadi satu hari sebelumnya. Tapi, pada kenyataannya tempat yang dulu mereka anggap sebagai rumah dari Umbrella Academy justru sekarang berubah menjadi rumah bagi Sparrow Academy. Ben pun masih hidup dan Reginald Hargreeves tidak mengenali mereka lagi. Lalu, siapa sebenarnya Sparrow Academy?

Sparrow Academy Versi Komik

Meskipun belum diketahui apa yang bisa mereka lakukan, yang pasti akan ada perubahan dari cerita versi komik dan seriesnya. Sparrow Academy sendiri muncul dalam komik The Umbrella Academy: The Sparrow Academy, tapi kelompok pahlawan ini juga sempat muncul dalam The Umbrella Academy: Hotel Oblivion.

Dalam masa pemulihan setelah dia tertembak dalam komik The Umbrella AcademyL Apocalyse Suite, Vanya kemudian dibawa oleh Mother (Grace dalam seriesnya) untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya, Mother memperkenalkan Vanya kepada seorang pria berambut merah muda bernama Deever. Meskipun Vanya sadar bahwa sosok Deever mirip dengan Reginald, namun Deever membuktikannya bahwa dia jauh “lebih baik” dibandingkan Regie.

Deever kemudian mengatakan bahwa dia dan Reginald pernah bekerja sama, dan mengaku bahwa dia tidak terlalu menyukai Reginald. Setelah cukup lama mengobrol, Vanya kemudian dibawa ke menara Eiffel, yang merupakan misi pertama dari Umbrella Academy. Disana, dia kemudian bertemu dengan Carla, yang menggunakan jaket dengan logo burung pipit. Carla kemudian membawa Vanya ke Norwegia, tempat yang menjadi markas Sparrow Academy.

Carla berulang kali mengatakan bahwa itu adalah “rumah” milik Vanya, dan orang-orang yang ada di dalam rumah tersebut adalah “keluarga.” Setelah menyelamatkan Umbrella Academy dari amukan seorang supervillain, pertemuan antara kedua kelompok superhero pun dilakukan. Pemimpin Sparrow Academy menganggap Luther sebagai “saudaranya.”

Berbicara mengenai kekuatan, ada beberapa bagian yang sama antara Sparrow Academy dan juga Umbrella Academy. Tapi, ada juga beberapa bagian yang berbeda. Contohnya, sama seperti Luther, Number One dari Sparrow Academy memiliki kemampuan super strength. Bahkan, dia juga bisa terbang. Tapi, masih belum diketahui apakah itu memang kekuatannya atau semua Sparrow bisa terbang, karena salah satu Sparrow Academy lainnya terlihat juga bisa terbang.

Carla kemudian membuat Vanya kembali bisa berjalan, yang mengisyaratkan bahwa Carla memiliki kemampuan untuk menyembuhkan seseorang atau sesuatu. Hal yang sama seperti kekuatan untuk memanipulasi realita yang dilakukan oleh Allison. Salah seorang Sparrow yang menggunakan sweatshirt berwarna abu-abu bisa menembakan sinar energi dari wajahnya.

Kemudian anggota Sparrow lainnya bisa merubah diri mereka menjadi kelompok burung gagak.  Bahwa ada anggota Sparrow lainnya yang tidak diketahui namanya memiliki kemampuan unik, untuk bisa memindahkan rasa sakit yang dia derita kepada orang lain. Kemudian anggota Sparrow yang terakhir, sebuah kotak berwarna hijau menyala, masih belum diketahui apa kekuatannya. Tapi, kemungkinan adalah teleportasi karena perjalanan dari Norwagia ke Amerika bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Sparrow Academy di Musim Kedua Umbrella Academy

Dalam usaha keras Five untuk menghentikan kiamat nuklir dan misi Diego untuk mencegah kematian JFK, Umbrella Academy akhirnya kembali bertemu dengan ayah mereka di masa lalu. Karena setting waktunya adalah pada era 1960an, 20 tahun sebelum mereka lahir, Reginald tentunya tidak mengenal siapa keenam orang tersebut meskipun mereka mengaku sebagai anak Reginald dari masa depan.

Tapi, pada akhirnya Regie mengundang mereka dalam sebuah pertemuan singkat makan malam, sehingga dia bisa mengenal Umbrella Academy dari dekat. Sayangnya, hasilnya tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Regie menganggap semuanya sebagai omong kosong, kecuali apa yang diucapkan oleh Five. Akibat hal itu, Diego kemudian menceritakan semua tentang rencana pembunuhan JFK kepada kekasih Regie, Grace, juga keterlibatan Majestic 12.

Setelah mengetahui semua faktanya, Grace memutuskan untuk meninggalkan Reginald yang sepertinya mempengaruhi masa depannya dan berdampak pada semua keputusannya. Berdasarkan apa yang diperlihatkan di tahun 2019 yang “baru,” sepertinya Reginald sudah mengumpulkan semua informasi yang dia butuhkan. Dan akhirnya berujung pada “hancurnya” Umbrella Academy.

Reginald bukan lagi orang yang mendirikan Umbrella Academy di timeline tersebut, melainkan Sparrow Academy. Dan berdasarkan apa yang diperlihatkan sekilas, Sparrow Academy jauh lebih hebat dibandingkan Umbrella Academy, mengingat dalam timeline tersebut dunia terbebas dari kiamat.

Mengapa Ben Ada di Sparrow Academy dan Siapa Saja Mereka

Kejutan terbesar dari diperkenalkannya Sparrow Academy adalah ada versi baru dari Ben yang dalam timeline tersebut merupakan bagian dari Sparrow Academy. Dalam timeline yang aslinya, Ben tewas dalam sebuah misi di tahun 2006. Namun, arwah Ben nyatanya tidak berpindah dunia dan memutuskan untuk tetap bersama dengan Klaus meskipun tidak semua orang bisa melihatnya.

Di episode terakhir, kita melihat bagaimana pengorbanan Ben bagi Vanya. Dia merelakan “nyawanya” agar Vanya bisa kembali sadar. Berbeda dengan versi Umbrella Academy, Ben versi Sparrow Academy terlihat lebih gelap dan sikapnya pun tidak ramah. Sparrow Academy sepertinya tidak mengulang kesalahan yang dilakukan oleh Umbrella Academy, meskipun ada bekas luka di tubuhnya.

Lalu, mengapa dia bisa menjadi bagian dari Sparrow Academy? Kemungkinan pada pertemuan di 1963, Ben menjadi satu-satunya Umbrella Academy yang tidak bisa dilihat oleh Reginald. Ben meminta Klaus untuk menunjukan posisinya, tapi Klaus menolak. Meskipun Ben mencoba untuk merasuki Klaus, tapi – pada saat itu – Ben tidak berhasil melakukannya, dan Regie menyangka bahwa dia gila.

Untuk saat ini, identitas mengenai anggota Sparrow Academy masih dirahasiakan, yang kemungkinan baru terungkap di musim ketiga. Satu-satunya petunjuk tentang Sparrow Academy, selain Ben, adalah melalui refleksi di adegan terakhir. Reginald sepertinya menggali banyak informasi dari pertemuannya dengan Umbrella Academy untuk tidak melakukan kesalahan yang sama di masa lalu. Dan menggunakan informasi tersebut untuk melatih Sparrow Academy lebih keras lagi.

Meskipun belum diketahui secara pasti, dengan tidak adanya anggota Sparrow yang memiliki tubuh kera, bisa diasumsikan bahwa mereka semua sama sempurnanya seperti Ben, kecuali kotak melayang menyala berwarna hijau. Kotak tersebut bisa jadi merupakan anggota dari Sparrow, yang “mewakili” Vanya dan kekuatannya.

Lalu, dari mana mereka berasal? Seperti yang kita ketahui, bahwa ada 43 bayi yang lahir pada 1989, dan Reginal mengadopsi tujuh anak untuk kemudian membentuk Umbrella Academy. Kemungkinan pada 1989, di timeline yang baru, Reginald mengadopsi tujuh anak lainnya – kecuali Ben – untuk kemudian dilatih dan dibentuk menjadi Sparrow Academy.

Musim kedua seriesnya mulai sedikit mengungkapkan apa yang terjadi kepada 36 anak lainnya yang lahir pada 1989, contohnya adalah diperkenalkannya Lila Pitts. Lila diketahui merupakan salah satu dari 43 anak, yang kemudian dilacak keberadaanya dan dibesarkan oleh the Handler. Dengan memperkenalkan tujuh anak lainnya dari 43 anak, bisa memberikan para penonton berbagai kekuatan unik lainnya di musim ketiga, dan membawa konflik baru yang bisa dinikmati.

Arti Sparrow Academy Untuk Musim Ketiga

Ketika Umbrella Academy kembali ke 2019, Reginald bukan hanya tidak kaget dengan kemunculan mereka tapi juga sudah menduganya. Terlepas dari tujuan awal mereka untuk menjadi seorang pahlawan, tapi kemungkinan Reginald melatih Sparrow Academy lebih keras untuk mempersiapkan mereka bertarung melawan Umbrella Academy, karena dia menganggap mereka sebagai musuh yang mengancam dunia.

Karena itulah, di musim ketiga nanti kemungkinan kita akan melihat kedua tim akan saling berkonflik dan berperang demi menentukan siapa yang terbaik. Meskipun Sparrow Academy bukanlah kembaran mereka, tapi kemiripan kekuatan tentunya bukan menjadi hal yang mengejutkan. Jika mereka tidak diadopsi Reginald, mungkin mereka akan mengalami kehidupan yang berbeda. Dengan Umbrella Academy yang dianggap “tidak berharga” dan tidak pernah ada di timeline baru, membunuh mereka sudah bukan lagi sebuah masalah.

Merasa timeline tersebut bukanlah waktu yang tepat, musim ketiga seriesnya bisa juga (kembali) memperlihatkan usaha Umbrella Academy untuk mencoba dan kembali ke masa mereka, merubah kesalahan yang seharusnya tidak mereka lakukan. Mungkin mereka akan mengadaptasi gaya dari Avengers: Endgame, dimana mereka akan mengunjungi kembali beberapa poin-poin penting dalam hidup mereka untuk memperbaiki semuanya.

Dengan melakukan semua itu, maka Sparrow Academy tidak akan pernah muncul sama sekali. Dan bukan tidak mungkin, setiap kali mereka berusaha untuk memperbaiki itu semua mereka akan berhadapan dengan Sparrow Academy. Ada kemungkinan juga Harlan bisa menjadi musuh atau sekutu Umbrella Academy. Yang pasti, mereka akan dipaksa kembali bekerja sama untuk menyelamatkan dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.