Permainan video dengan genre battle royale sedang menjadi populer dalam beberapa tahun belakangan. Semuanya dimulai dengan kemunculan game PlayerUnknown’s Battleground atau PUBG. Perlahan tapi pasti, kepopuleran PUBG terus meningkat dan tidak butuh waktu lama sampai akhirnya game ini menempati puncak kepopuleran, bersama dengan permainan lainnya seperti Fifa, Pro Evolution Soccer, Dota, dan sebagainya.

Berkat kepopuleran ini, banyak kemudian pengembang game yang tertarik untuk melihat peluang besar untuk genre ini. Dan akhirnya munculah berbagai game-game terbaru dengan genre battle royale. Meskipun menyenangkan, tentunya ada beberapa game yang memiliki kesulitan yang luar biasa. Apa saja? berikut ulasannya.

PlayerUnknown’s Battleground

Seperti yang disebutkan di atas, permainan video ini menjadi pionir dari game battle royale di era modern. Meskipun ada banyak judul permainan video dengan genre yang sama sebelumnya, tapi PUBG adalah game yang mempopulerkan genre battle royale khususnya dalam beberapa tahun belakangan. Jumlah pemain game ini sangatlah tinggi dengan menghadirkan berbagai mekanisme permainan yang menarik.

Beberapa contohnya adalah adanya drop zone, berburu sumber daya – senjata, armor, kendaraan, dan lain-lain,  juga mekanisme zona perang yang semakin menyempit untuk menentukan siapa pemenangnya. Alasan mengapa PUBG masuk dalam daftar ini adalah karena dasar dari genre battle royale yang diaplikasikan gamenya. Meskipun sangat menyenangkan, PUBG dianggap memiliki “akar” dari genre battle royale. Sangat tradisional.

Apex Legends

Apex Legends merupakan salah satu bintang baru untuk game bergenre battle royale. Peperangan yang menarik dan memuaskan juga sangat kompetitif menjadi beberapa nilai jual Apex Legends. Tapi, berbeda dengan PUBG, Apex Legends dikemas lebih modern. Gamenya memiliki mekanisme ‘hero’ untuk kemudian dipilih dan digunakan. Dan masing-masing karakter memiliki kemampuan yang berbeda dan memiliki peran berbeda di tim mereka.

Kelebihan lain dari game ini adalah sistem komunikasinya yang luar biasa. Kebanyakan game battle royale sangat sulit untuk berkomunikasi dengan rekan satu tim, terutama mereka yang bermain tanpa adanya microphone atau orang yang baru kita kenal. Apex Legends mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan sistem ping yang canggih, membuat para pemain bisa berkoordinasi hanya dengan satu tombol.

Cuisine Royale

Game ini memang kurang begitu dikenal di genre battle royale, tapi bukan berarti gamenya tidak menarik. Dengan sistem mekanisme loot, para pemain bisa mendapatkan gear yang menarik yang bisa dimanfaatkan untuk mengalahkan pemain lainnya. Komunikasi bukan hal yang mewah dalam permainan ini, tapi kekurangan tersebut ditutupi dengan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing karakter yang ada.

Untuk mengembalikan health yang berkurang, pemain bisa mengkonsumi makanan yang tersedia. Selain itu, makanan juga bisa membangkitkan rekan satu tim yang sekarat atau sudah tewas. Yang membuat game ini unik justru membuat game ini sulit. Cuisine Royale “mengadaptasi” sistem RNG atau random pada saat loot drops terjadi. Bisa jadi para pemain mendapatkan benda-benda yang hebat dan menarik, tapi di sisi lain pemain juga bisa saja mendapatkan benda yang kurang efektif. Jadi, semuanya tergantung kepada keberuntungan masing-masing pemain.

Call of Duty: Warzone

Game yang sedang naik daun, dan menjadi rival ketat game PUBG. Game ini dianggap sebagai salah satu game dengan genre battle royale tersulit, karena desain peta yang tersedia sangat luar biasa. Dalam satu map atau peta yang menjadi medan perang, ukurannya sangat luas. Ditambah lagi ada banyak hal yang bisa membuat semuanya semakin menantang, misalnya gedung pencakar langit, gunung, jembatan, dan masih banyak lainnya.

Bukan hanya itu, game ini juga memberikan wadah bagi para pemain yang ingin bertarung satu lawan satu dalam mode Gulag, yang membuat semuanya menjadi sulit. Para pemain juga butuh mengumpulkan uang dalam game, demi membeli peralatan seperti topeng gas, atau hal lain seperti serangan udara, dan membangkitkan rekan tim yang sudah tewas. Gamenya juga sengaja memberi petunjuk kepada para pemain dimana drop barang akan terjadi. Semuanya demi membuat para pemain saling bertarung satu sama lain. Ada juga sistem unik dalam game ini, dimana seorang pemain menjadikan pemain lainnya sebagai buruan, yang membantu pemain tersebut lebih cepat tewas.

Fortnite

Sudah bukan kejutan lagi, Fortnite saat ini berada di puncak kejayaannya bahkan menggeser PUBG. Berbeda dengan game lainnya yang ada di daftar ini, Fortnite memiliki keunikan tersendiri dengan mekanisme untuk membangun sesuatu. Membangun sesuatu secara cepat dan tepat adalah tantangan yang harus dilewati para pemain. Karena dalam prosesnya, para pemain akan mendapatkan tembakan dari pemain lain.

Bangunan tersebut memiliki banyak kegunaan, seperti menjadi benteng pertahanan atau menjadi tempat untuk bersembunyi, atau untuk menjebak pemain lainnya. kemampuan yang tidak biasa, membuat game ini sulit untuk dimainkan dan dipelajari, terutama ketika pemain lainnya memiliki kemampuan bertarung yang sangat baik. Dalam sebuah permainan yang kompetitif, misalnya dalam sebuah turnamen, kita akan disuguhkan sebuah pertunjukan biasa dimana selain kita berperang juga kita membangun pertahanan yang baik.