Universe Marvel merupakan sebuah tempat yang sangat luas dan penuh dengan teror. Para villain seperti Thanos dan Galactus sering kali menjadi ancaan serius bagi keberlangsungan hidup di seluruh galaksi. Tapi, siapakah diantara keduanya yang akan menang jika mereka saling memberikan ancaman satu sama lain? siapakah diantara dua makhluk kosmik kuat ini yang akan menjadi pemenangnya dalam sebuah pertarungan?

Ada dua faktor yang akan mempengaruhi pertarungan keduanya. Pertama, apakah Thanos memiliki Infinity Gauntlet lengkap dengan Infinity Gems. Kedua, seberapa “kenyang” Galactus ketika dia menghadapi Thanos. Untuk faktor yang pertama, jika Thanos tidak memilki Infinity Gauntlet maka bisa dipastikan akan dalam sekejap bisa dikalahkan oleh Galactus.

Seperti yang kita tahu, Galactus merupakan salah satu entitas kosmik dengan kekuatan yang hampir sama dengan seorang dewa. Dia memiliki kekuatan yang disebut Power Cosmic dan untuk bisa bertahan hidup, Galactus harus mengisap energi kehidupan dari sebuah planet. Dengan Power Cosmic, Galactus bisa melakukan banyak hal seperti melakukan transmutasi benda, menghidupkan sesuatu atau seseorang, menghidupkan kembali mereka yang sudah mati, bahkan menghancurkan seluruh sistem tata surya.

Hal ini juga diperlihatkan dalam komik Thanos: Epiphany #5, dimana Thanos sempat melayangkan satu serangan ke arah Galactus sebelum kemudian Galactus membalasnya dan kemudian mengalahkan Thanos. Untuk masalah kekuatan, jelas Thanos kalah jauh dari Galactus. Tapi, situasi ini mungkin saja berubah jika Thanos memiliki senjata andalannya yaitu Infinity Gauntlet.

Meskipun Thanos bisa saja mengalahkan Galactus dengan keenam Infinity Gems, tapi cukup satu atau dua Infinity Gems agar dia mampu mengalahkan Galactus. Contohnya dengan menggunakan Time Stone, dia bisa mencari waktu kapan dan metode serangan apa yang pas untuk mengalahkan Galactus. Atau Thanos bisa saja menggunakan Power Stone untuk mengalahkan Galactus dengan kekuatannya.

Ada satu hal lainnya yang harus diperhatikan yang bisa merubah kemenangan menjadi kekalahan. Galactus merupakan entitas kosmik yang diciptakan oleh Eternity, di awal kemunculan alam raya Marvel. Galactus sering menghancurkan planet-planet yang sebenarnya hal itu “perlu” dilakukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan muncul dari dalam tubuhnya.

Jika Galactus terbunuh, perwujudan dari kehancuran dalam tubuhnya (destructive embodiment) akan terlepas, dan hal itu akan menjadi awal bagi kemunculan seorang villain bernama Abraxas, versi jahat dari Eternity yang merupakan penghancur alam raya.  Intinya, meskipun Thanos bisa saja mengalahkan Galactus dia rasanya tidak akan mau melakukan hal itu. Jika dia melakukannya, maka alam raya akan berada dalam situasi yang sulit.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/