Uchiha Sasuke merupakan salah satu karakter utama dalam series Naruto. Dia merupakan karakter yang memiliki perkembangan karakter yang menarik dan rapih. Sama seperti Naruto, Sasuke juga muncul sejak awal cerita dan sejak saat itu dia tumbuh menjadi salah satu karakter besar di seriesnya. Dia bahkan menjadi rival terberat dari Naruto.

Meskipun mereka sering bertarung, memiliki perbedaan pendapat, dan bahkan pernah saling berusaha untuk membunuh satu sama lainnya, pada dasarnya mereka saling peduli. Sebelum Sasuke menjadi seperti sekarang, dia banyak melakukan hal di masa lalu yang dia sendiri sesali. Berikut adalah berbagai hal yang Sasuke lakukan di masa lalu yang membuat para fans membencinya.

Menyerang Lima Kage

Ketika Sasuke pada akhirnya mengetahui cerita masa lalu tentang Itachi yang menyedihkan, Sasuke kemudian memutuskan bahwa dia akan membalas dendam kepada siapapun yang sudah membuat kakaknya menderita. Salah satu contohnya adalah dia pergi ke Tetsu no Kuni atau negara besi untuk menyerang lima Kage yang sedang mengadakan pertemuan.

Dalam penyerangan itu, sayangnya Raikage harus kehilangan sebagian lengannya akibat pertarungannya dengan Sasuke. Sasuke menyerangnya dengan Amaterasu. Akibat perbuatannya tersebut Sasuke kemudian diposisikan sebagai seorang kriminal dan membuat penduduk desa awan atau kumogakure marah kepada Sasuke.

Menyerang Sakura

Sakura sudah jatuh cinta kepada Sasuke bahkan sejak pertama kali mereka bertemu, sejak mereka masih kecil. Sayangnya, Sasuke tidak pernah menanggapi perasaan yang ditunjukan oleh Sakura kepadanya. Bahkan, sering kali Sakura dibuat kecewa oleh perilaku Sasuke yang menganggap Sakura hanya sebagai penghalang baginya. Meskipun begitu, Sakura tidak pernah berhenti untuk mencintai Sasuke.

Entah apa yang ada dalam pikiran Sasuke, dia justru berusaha untuk membunuh Sakura. Jika saja Naruto tidak datang tepat waktu dan menyelamatkan Sakura, mungkin Sasuke sudah berhasil membunuhnya. Kemudian saat perang besar ninja, Sasuke mengeluarkan Genjutsu kepada Sakura dan mengalahkannya. Kedua peristiwa ini seolah mematahkan harapan para fans, yang ingin melihat mereka bersama. Tapi, pada akhirnya mereka bersatu dan melahirkan seorang Shinobi cerdas bernama Sarada.

Menyerang Karin

Pertarungan Sasuke melawan Danzo merupakan salah satu pertarungan yang menarik. Setelah diperlihatkan bahwa lengan dari Danzo ditanami oleh Sharingan, Sasuke berubah menjadi lebih ganas. Dia membunuh Danzo beberapa kali, yang berhasil kembali hidup berkat Izanagi. Ketika Danzo menyadari bahwa Sasuke memiliki keunggulan atas dirinya, Dia kemudian menjadikan Karin sebagai tawanan.

Danzo berpikir bahwa Sasuke akan “melemahkan” serangannya karena dia memiliki orang yang dia anggap spesial bagi Sasuke. Tapi, nyatanya hal itu tidak berguna sama sekali. Dengan menggunakan Jutsu Kirin, Sasuke justru melukai Karin dan juga Danzo.

Mencoba untuk Membutuh Naruto

Setelah Team 7 akhirnya berhasil untuk menyegel Kaguya dan mengakhiri peperangan, banyak yang menduga bahwa semuanya sudah selesai. Tapi, Sasuke ternyata memiliki rencana lain. Dia kemudian menyegel seluruh bijuu dengan bantuan Rinnegan dan menantang Naruto untuk bertarung. Bukan sekedar bertarung, Sasuke memang sedari awal memiliki niat untuk membunuh Naruto yang dia anggap sebagai “tantangan terakhir.” Beruntung Naruto berhasil menemukan cara untuk mengalahkannya, dan membawa Sasuke kembali pulang.

Membantu Obito Mendapatkan Monster Ekor Delapan

Ada banyak sekali daftar “kejahatan” yang dilakukan oleh Sasuke dahulu. Setelah kematian Itachi, Sasuke tanpa ragu mau membantu Obito untuk memenuhi tujuannya yaitu menangkap monster ekor delapan. Sasuke kemudian berhadapan dengan Killer B. Namun, nyatanya Sasuke masih terlalu kuat bagi Jinchuriki Gyuki tersebut. Walau Sasuke dibenci oleh sebagian fans, tetapi disadari atau tidak kontribusi Sasuke dalam perang besar ninja keempat sangatlah besar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.