Selama lebih dari satu dekade, permainan video sudah berkembang menjadi berbagai genre, sub-genre, dan cross-genre. Masing-masing genre memenuhi keinginan dan minat dari para pemain. Ada game yang mementingkan taktik seperti Valorant, puzzle adventure seperti Paper Mario: The Origami King, simulasi seperti Animal Crossing: New Horizons dan masih banyak lainnya.

Genre survival adalah salah satu genre dari permainan video. Memang, genre ini tidak sepopuler genre lainnya tapi genre ini cukup membuat para pemainnya ketagihan. Para pemain perlu menghabiskan banyak waktu untuk bisa menang, dan itu memberikan kepuasan tersendiri bagi para pemain. Ada juga game survival yang memiliki level sangat sulit, bahkan cukup merepotkan para pemainnya. Berikut adalah daftar game survival tersulit.

Minecraft

Minecraft merupakan salah satu permainan video paling populer di dunia dan menjadi game yang paling banyak terjual. Ketika para pemain memainkan gamenya, mereka sangat jarang menganggap bahwa game ini adalah game survival, tapi gamenya memiliki semua elemen dari game survival: membuat, membangun dan mengumpulkan sumber daya yang ada.

Alasan mengapa Minecraft masuk dalam daftar adalah karena game ini kian hari kian sulit berkat berbagai update yang dilakukan pengembang terhadap musuh. Bahkan, game ini bisa semakin sulit jika pemain memainkan mode Hardcore. Ketika pemain mati dalam mode tersebut, seluruh dunianya akan terhapus, dan menghapus juga setiap progress yang kita buat.

The Forest

Sama seperti Minecraft, The Forest tidak memiliki mode PVP yang menarik. Meskipun begitu PVE gamenya sangatlah sulit, tergantung dari mode yang kita mainkan. Berhasil selamat dari pesawat yang jatuh, para pemain diharuskan membangun sebuah tempat bernaung, mengumpulkan berbagai material, makanan, dan juga air.

Terdengar sangat mudah karena hutan memiliki banyak sumber daya, tapi para pemain harus menghadapi ancaman yang datang terutama dari suku kanibal yang ada di hutan tersebut. Namun, mereka tidak selalu menyerang para pemain. Para suku kanibal tersebut terkadang memperhatikan para pemain dari jauh, melihat seperti apa tempat kita, apa yang kita lakukan, dan sebagainya. Mereka akan kabur jika merasa bahwa para pemain sangat berbahaya, tapi mereka tidak akan berhenti untuk mencari kelemahan kita.

7 Days To Die

Game ini merupakan game survival yang bertema zombie apocalypse. Tergantung dari server yang kita pilih (PVP atau PVE) tingkat kesulitannya berbeda-beda. Satu hal yang pasti, semakin tinggi progress yang kita alami semakin sulit gamenya. Para pemain harus bertahan dari gelombang serangan zombue yang menyerang setiap tujuh hari (dalam gamenya) dan mereka akan bertambah kuat ketika momen bulan penuh terjadi.

Para pemain harus mempersiapkan semuanya selama tujuh hari, sebelum malam penyerangan tiba dan setiap minggu zombie yang menyerang akan semakin kuat dan kuat. Para pemain harus bisa mengatur waktu untuk mengumpulkan sumber daya, memperkuat tempat tinggal kita, membuat senjata, membangun kendaraan dan sebagainya.

Don’t Starve Together

Sama seperti 7 Days To Die, Don’t Starve Together juga akan semakin sulit seiring berjalanya permainan. Bedanya, jika game sebelumnya akan menghadapi ancaman setiap tujuh hari, dalam game ini kita akan menghadapi ancaman setiap malam. Para pemain hanya memiliki beberapa menit untuk mempersiapkan semuanya, sebelum ancaman tiba pada malam hari.

Selain harus memikirkan health dan juga rasa lapar karakternya, para pemain juga harus mempertimbangkan kebersihan mereka. Jika level kebersihan menurun tajam, monster mengerikan akan muncul dan menyerang kita. Tidak ada sistem level dalam game ini, tapi para pemain akan kesulitan untuk mendapatkan makanan. Belum lagi adanya ancaman kondisi cuaca. Para pemain bisa saja tewas akibat kedinginan yang diakibatkan oleh salju ataupun hujan.

Ark: Survival Evolved

Game ini menjadi salah satu favorit untuk genre survival. Hal ini dikarenakan mekanisme gamenya yang unik, dimana para pemain harus bisa menjinakan makhluk lain, yang kebanyakan adalah dinosaurus. Sayangnya, menjadi salah satu bagian dari spesies manusia, membuat para pemain baru gamenya akan menjadi santapan empuk bagi para dinosaurus tersebut. Hampir semua makhluk bisa membunuh para pemain.

Sistem grinding untuk meningkatkan level di gamenya dikenal sangat sulit dan menyiksa. Level sendiri sangat dibutuhkan untuk membuka berbagai skill points yang akan meningkatkan status karakter. Juga akan membuka berbagai resep untuk membangun sesuatu. Yang juga tidak kalah menyiksa adalah menjinakan para makhluk tersebut bisa membutuhkan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari di dunia nyata. Semua usaha itu bisa saja sia-sia karena kita tewas akibat kelaparan atau kalah dalam bertarung.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.