Meskipun sering bertingkah konyol dan bodoh, Luffy merupakan seorang yang pemberani dan selalu menjadi sosok yang bisa diandalkan. Luffy memang bukanlah seorang pahlawan seperti Superman, Captain America, atau berbagai superhero lainnya. Tapi, dalam cerita One Piece, Luffy adalah pahlawan dalam ceritanya. Dia tidak pernah tahan untuk melihat ketidak adilan.

Inilah salah satu hal yang membuat Luffy populer dan dicintai para fansnya. Aksi heroik Luffy terkadang bisa mempengaruhi cerita. Dengan perjalanan One Piece yang sudah lebih dari dua dekade, tentunya ada banyak sekali aksi-aksi heroik yang fenomenal yang dikenang para fans dalam cerita One Piece. Apa saja? berikut adalah pembahasannya.

Tidak Membalas Serangan Bellamy

Melihat Luffy tidak melancarkan pukulan kepada musuhnya merupakan satu hal yang sangat langka. Hal ini pernah terjadi ketika Luffy bertemu dengan Bellamy, pada saat arc Jaya. Tidak membalas pukulan Bellamy, seolah menunjukan bagaimana dewasanya Luffy. Sejauh ini, Luffy selalu berusaha untuk bertarung melawan siapapun, bahkan krunya sendiri. Itulah mengapa para fans terkejut ketika melihat Luffy tidak membalas serangan Bellamy. Kemungkinan besar dia “mengadopsi” hal ini dari Shanks. Meskipun begitu, tetap saja hal ini memperlihatkan bagaimana Luffy bisa bersikap dewasa.

Menghajar Kaum Naga Langit

Berbeda dengan kasus diatas, mungkin lain halnya jika temannya disakiti, Luffy pastinya akan bertindak tidak peduli dengan siapapun musuhnya. Contohnya adalah ketika dia menghajar kaum naga langit dalam arc Sabaody. Pada saat itu, salah satu kaum naga langit yang hadir di pelelangan manusia menembak Hacchin setelah dia mengetahui bahwa Hacchin adalah manusia ikan. Dia menembaknya seolah-olah Hacchin tidak berharga.

Melihat hal itu, tanpa basa-basi Luffy langsung menghajar kaum naga langit tersebut sampai tidak sadarkan diri. Karena situasi sudah tidak kondusif, akhirnya kru yang lain pun ikut membantu Luffy. Pada akhirnya, memang Luffy harus menghadapi Sentoumaru dan Kizaru serta para Pacifista PX-0. Mereka kalah, sebelum kemudian Kuma datang dan melemparkan mereka ke berbagai tempat.

Menghancurkan Seluruh Cermin Sunny

Ketika Luffy bertarung melawan Katakuri di arc Whole Cake Island, adik dari Katakuri, Brulee, mencoba untuk menghancurkan Sunny dengan menembakan panah api melalui cermin. Ketika Luffy sadar akan hal ini, dia kemudian meminta memanggil Nami dan memintanya untuk menghancurkan seluruh cermin yang ada di kapal Sunny. Tapi, Nami mengingatkan Luffy bahwa jika seluruh cermin hancur dia akan terjebak di dunia cermin selamanya.

Luffy tidak peduli akan hal itu dan tetap memintanya untuk menghancurkan seluruh cermin. Meninggalkan dunia cermin adalah hal terakhir yang dia pedulikan. Sebagai seorang kapten, Luffy paham bahwa keselamatan dari para krunya merupakan priotitas utama, karena itulah dia kemudian memerintahkan hal tersebut.

Menyerbu Enies Lobby Untuk Robin

Nico Robin awalnya adalah musuh bagi Luffy. Dia adalah salah satu anggota dari Baroque Works, kelompok yang mencoba untuk menghancurkan Alabasta dan merupakan kelompok yang coba dihancurkan oleh Luffy dan kru Topi Jerami. Tapi, kemudian Luffy mengetahui semua fakta tentang Robin dan Luffy berusaha untuk menyelamatkannya. Sampai kemudian Robin diculik dan dibawa ke Enies Lobby.

Pemerintah Dunia ingin Robin Dieksekusi mati, karena itulah mereka mengirimkan agen CP9 dan CP0 untuk “mengawasi” eksekusi. Tapi, Luffy tidak gentar akan hal itu. Meskipun sempat membahayakan nyawa kru yang lain, mereka tidak keberatan untuk menolong Robin. Pada akhirnya usaha luffy untuk menyelamatkan Robin pun berhasil.

Perang di Onigashima

Saat ini, Luffy dan seluruh kru Topi Jerami sedang terlibat dalam perang besar di Onigashima. Keterlibatan Luffy dalam perang tersebut bukan tanpa alasan. Luffy mengetahui bahwa Wano sedang dalam situasi yang sulit, akibat adanya Kaido dan Orochi yang sudah membuat penduduknya kesusahan. Hal ini dibuktikan dengan pertemuan Luffy dan O-Tama.

O-Tama menyebutkan bahwa dia dan keluarganya hidup dalam kemiskinan yang luar biasa akibat Orochi dan Kaido. Dia bahkan sangat kesulitan untuk menemukan makanan, sampai-sampai dia harus memungut makanan sisa. Dengan semua penderitaan yang harus dialami penduduk Wano, itulah yang memotivasi Luffy dan kru Topi Jerami untuk maju dan mencoba memberikan perubahan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.