Buku komik dan kekuatan super merupakan dua elemen yang tidak terpisahkan sejak pertama kali industri komik dimulai. Selama lebih dari 80 tahun industri komik berdiri, perubahan demi perubahan terus terjadi kepada para superhero. Perubahan tersebut mulai dari penampilan, kekuatan, bahkan sampai kelemahan menjadi salah satu hal yang ditambahkan kepada sebuah karakter.

Ketika superhero mendapatkan kekuatan baru atau kekuatan mereka berkembang menjadi lebih baik, biasanya menjadi sesuatu yang sangat luar biasa dalam cerita komik. Para fans akan terus memperhatikan perubahan tersebut karena, tentunya hal ini akan berpengaruh kepada banyak hal. Berikut adalah deretan superhero yang mendapatkan kekuatan baru yang luar biasa.

Superman

Kekuatan dari Superman sudah mengalami banyak perubahan dan perbedaan sejak pertama kali diperkenalkan. Tapi, ada momen yang sangat jarang terjadi muncul dalam komik Superman #39 yang dirilis pada 2015 kemarin. Penulis komiknya, Geoff Johns, memberikan sebuah kekuatan baru yang disebut sebagai “Super Flare.”

Geeks mungkin sudah mengetahui bahwa salah satu kemampuan yang dimiliki oleh Superman adalah heat vision atau pancaran sinar panas. Tapi, Super Flare jauh lebih destruktif dibandingkan dengan heat vision. Sayangnya, mengeluarkan seluruh tenaga sekaligus memiliki efek samping. Setelah dia mengeluarkan atau melakukan kemampuan Super Flare, kekuatannya akan menghilang selama 24 jam dan selama itu pula Superman tidak lebih dari manusia biasa. Karena itulah, Superman sangat jarang menggunakan kemampuan ini kecuali jika keadaan terdesak.

Daredevil

Matt Murdock alias Daredevil sudah memiliki kemampuan dan keahlian yang sama selama bertahun-tahun, yaitu ahli bela diri dan juga mampu memiliki indera perasa yang sangat sensitif. Karena itulah, meskipun dia tidak bisa melihat tapi dia bisa merasakan apapun yang ada di sekitarnya. Namun, semuanya berubah pasca series crossover, War of the Realms, yang dirilis pada 2019 kemarin.

Dengan Matt yang memiliki cahaya berkilauan berwarna ungu di kostumnya, juga matanya yang memiliki pancaran berwarna ungu, kemungkinan dia sekarang memiliki kekuatan dari Heimdall, the All-Seer, atau yang biasa juga dikenal sebagai The Guardian Of the Bitfrost. Dengan kekuatan Heimdall itu, kemampuan melihat Matt tentunya akan sangat jauh berkembang.

Spider-Man

Spider-Man pernah mendapatkan peningkatan kekuatan pada peristiwa Secret Wars yang terjadi di tahun 1984. Perubahan tersebut diperlihatkan melalui warna kostumnya, yang berubah menjadi hitam. Kostum tersebut bukanlah kostum biasa, karena kostumnya memiliki berbagai kemampuan unik, salah satunya adalah kemampuan untuk berubah. Dengan kostum ini, Peter tidak perlu repot lagi untuk berubah karena kostumnya memiliki teknologi shapeshifting.

Kostumnya juga memberikan Peter kemampuan untuk menembakan jaring yang lebih kuat dan tanpa batas, tidak seperti di kostum sebelumnya dimana Peter butuh alat untuk menembakan jaring laba-labanya. Namun, fakta kemudian terungkap bahwa kostum tersebut sebenarnya adalah makhluk kosmik yang tidak lain adalah Symbiote Venom yang berusaha untuk menyatu dengan Peter.

Angel

Warren Worthington III merupakan salah satu anggota pendiri X-Men yang bergabung dalam tim mutan tersebut untuk jangka waktu yang cukup lama. Sebenarnya, dibandingkan dengan para mutan lainnya karakter ini bukanlah yang terkuat. Kemampuan Angel hanyalah terbang dan peningkatan kekuatan fisik. Tidak ada hal lain yang membuatnya spesial.

Tapi, kemudian pada akhirnya Marvel memberikan sedikit perubahan kepada karakternya melalui seorang supervillain bernama Apocalypse. Setelah sayapnya patah dan rusak, Apocalypse kemudian membawanya ke tempatnya dan memberikan penawaran untuk mengganti sayapnya dengan syarat dia mau menjadi salah satu anak buahnya.

Angel pun setuju dan terlahir kembali menjadi sosok baru bernama Archangel. Bisa dibilang Archangel adalah versi jahat dari dari Angel, dia bahkan bertarung melawan mantan timnya sendiri, X-Factor. Tapi, uniknya setelah dia kembali ke form lamanya, dia sempat kembali ke Archangel, kemudian kembali lagi ke form asalnya selama beberapa kali.

Silver Surfer

Salah satu entitas kosmik ini merupakan karakter klasik di Marvel Comics. Dan dia menjadi salah satu entitas kosmik paling kuat berkat Power Cosmic yang dia miliki. Meskipun begitu, Silver Surfer juga pernah mendapatkan peningkatan kekuatan. Dia mendapatkan kekuatan baru dari Uni-Power. Kekuatan ini biasanya muncul ketika ada seseorang yang memang membutuhkanya.

Tapi, suatu hari Krosakis memaksakan kekuatan tersebut untuk menyatu dengan dirinya, dan hasilnya Krosakis pun menjadi ancaman kosmik berbahaya. Merasakan hal ini, Silver Surfer mencoba untuk menghentikan Krosakis. Pertempuran sengit pun terjadi diantara mereka. Silver Surfer pun akhirnya berhasil memindahkan kekuatan Uni-Power dari diri Krosakis menuju tubuhnya. Gabungan antara Power Cosmic dan Uni-Power membuat kemampuan Silver Surfer meningkat drastis. Namun, pada akhirnya Uni-Power memutuskan untuk menyatu dengan seorang tentara lumpuh bernama Gabriel Vargas, dan Silver Surfer pun kembali ke kekuatan asalnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.