Sudah jadi rahasia umum jika Superman memiliki kelemahan terhadap benda kosmik berwarna hijau menyala yang merupakan serpihan dari planetnya yang sudah hancur, Kryptonite. Kelemahan ini menjadi daya tarik dan juga salah satu kelemahan yang paling banyak diingat oleh banyak fans. Tapi, sebenarnya Superman memiliki satu kelemahan lainnya selain Kryptonite yaitu sihir.

Superman mungkin kuat terhadap peluru, roket, nuklir, dan benda-benda lainnya. Tapi, untuk kekuatan sihir Superman tidak memiliki pertahanan yang kuat. Itulah mengapa dalam pertarungan Shazam melawan Superman, Shazam memiliki keunggulan berkat kekuatan sihir yang dia miliki. Tapi, DC sepertinya mencoba untuk memperbaiki kelemahan Superman itu dengan peningkatan kekuatannya.

Dalam komik Superman #24 karya Brian Michael Bendis, Kevin Maguire, John Timms, Alex Sinclair, dan Dave Sharp, diperlihatkan Superman mencoba untuk mencegah seorang villain bernama Xanadoth untuk kabur ke universe utama DC. Superman kemudian menggunakan Helmet of Nabu, yang merupakan sumber kekuatan dari Doctor Fate. Berkat helm ajaib tersebut, Superman kini memiliki kekuatan sihir.

Kemunculan Xanadoth merupakan perhatian yang serius bagi realita utama DC, bahkan kemunculannya membuat Nabu (yang merupakan salah satu sumber kekuatan mistis terkuat DC) panik. Dia menjelaskan kepada Khalid Nassour (Doctor Fate sekarang) dan Superman seberapa kuat Xanadoth, dan tujuannya untuk menjadi makhluk terkuat di DC Universe.

Xanadoth sebenarnya pernah mencoba untuk melakukan hal yang sama ribuan tahun yang lalu, namun gagal sampai kemudian dia kembali muncul. Yang menjadi masalah adalah Superman tidak bisa menghadapi Xanadoth, karena kelemahannya tehadap sihir. Dan Xanadoth sendiri sadar akan hal ini, kemudian dia berusaha untuk mempengaruhi dan mengendalikan Superman dengan kekuatan sihirnya untuk menghancurkan manusia.

Beruntung, Nabu kemudian memiliki rencana untuk melawan kekuatan Xanadoth sebelum kemudian monster tersebut berhasil mencapai form sempurnanya dengan mengklaim Helm of Nabu. Rencananya adalah dengan “merelakan” Helm of Nabu untuk diberikan kepada Superman. Ketika Nabu dan Superman mencoba untuk mengalihkan perhatian Xanadoth dengan berbagai kekuatan dahsyat mereka, Khalid mencoba untuk membuka gerbang menuju Hall of Justice.

Dengan membuka gerbang Hall of Justice, para anggota Justice League Dark bisa membantu mereka mengalahkan Xanadoth. Beruntung, semua rencana yang disusun berjalan dengan sempurna dan Superman bisa menahan Xanadoth selama diperlukan. Meskipun pertarungannya tidak terlalu lama, berkat bantuan dari Helm of Nabu milik Doctor Fate, Superman berhasil menangani kelemahannya tersebut dan menandingi kemampuan Xanadoth.

Kombinasi Superman dan kekuatan sihir Nabu, membuatnya menjadi sebuah kekuatan yang terhentikan. Untungnya Superman berada di pihak kebaikan, dan bukan di pihak yang jahat. Mungkin para Justice League Dark akan kesulitan menghadapi Superman dengan kekuatan sihir ini jika kemudian dia berubah menjadi jahat.

Di sisi lain, Helm of Nabu juga sepertinya bisa bekerja sama dengan baik dengan Superman, memandunya dan membantunya dalam pertarungan melawan Xanadoth. Jika kemudian suatu hari nanti DC Universe kembali kedatangan makhluk sihir, Superman dan Doctor Fate bisa kembali menggabungkan kekuatan mereka dan menjadi kekuatan yang luar biasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.