Dalam dunia komik, Batman mungkin bukanlah satu-satunya superhero yang terkenal karena kekayaannya dan juga kemampuannya untuk menghadapi penjahat. Tapi, Batman merupakan salah satu superhero yang terkenal karena berbagai peralatannya yang canggih, termasuk mobil yang biasa dia gunakan untuk berpatroli atau pergi ke suatu tempat. Batmobile adalah mobil yang paling terkenal dalam sejarah industri komik.

Bukan tanpa alasan mengapa Batmobile menjadi sangat populer. Desainnya yang gahar, sangat mengintimidasi, dilengkapi dengan persenjataan canggih dan peralatan yang lengkap, juga mobil Batman ini tahan terhadap serangan senjata api. Meskipun Batmobile hanya ada dalam cerita komik, tapi di dunia nyata ada mobil dari berbagai pabrikan diketahui memiliki desain yang mirip dengan Batmobile. Apa saja?

BMW I8

Kombinasi dari biru, hitam dan abu-abu membuat mobil ini terlihat begitu mengesankan. Mobil pabrikan BMW ini menjadi salah satu mobil yang unik, berkat warna yang disuguhkan tersebut. Dengan desain tanpa sudut (corner-less) membuat bagian body mobil terlihat begitu futuristik yang memberikan kesan serupa dengan Batmobile. Desain yang unik dan kemiripannya dengan Batmobile, bisa membuat para penjahat tentunya ketakutan.

Aston Martin CC100 Speedster

Meskipun mobil ini terlihat kurang cocok untuk Batman versi modern, tapi mobil ini bisa menjadi representasi yang pas untuk Batmobile versi tahun 1966 yang dikendarai oleh Adam West. Dengan adanya stripping warna kuning di beberapa bagian, membuat seolah kita kembali ke masa lalu dan mengingatkan kita pada Batman di zaman itu dimana warna kuning juga menjadi salah satu warna yang erat dengan Batman.

Sebenarnya, mobil ini mungkin akan lebih pas jika berada di garasi Tony Stark beserta koleksi mobilnya yang lain dibandingkan berada di Batcave. Tapi, dengan desainnya yang unik tersebut rasanya mobil ini masih pantas untuk mengingat kembali versi awal dari Batman.

Nissan Bladeglider

Mobil produksi Nissan ini memiliki bentuk yang berbeda dengan dua mobil sebelumnya, dimana pada bagian belakangnya terlihat mobil ini bukan seperti mobil sport dengan konsep futuristik. Tapi, bukan itu yang menjadi sorotan utamanya melainkan pada bagian pintu. Bagian pinto mobil ini terbuka ke atas dengan sudut sekitar 20-45 derajat. Jika kedua pintunya dibuka, maka hal tersebut akan mengingatkan kita pada telinga Batman di topengnya.

Desain yang eksentrik dengan bagian atap yang terbuka membuat kita seolah kembali pada film Batman & Robin yang dirilis pada 1997 silam. Dengan desain seperti ini, mungkin Bruce Wayne bisa mempertimbangkan untuk memiliki mobil ini. Karena dengan desain pintu tersebut tentunya sangat mencirikan seorang Batman.

Maybach Exelero

Dari semua kendaraan yang pernah digunakan oleh Batman dalam sejarahnya di buku komik, animasi, dan film, Batmobile versi Batman The Animated Series menjadi Batmobile yang paling populer dan paling diingat oleh para fans. Dengan bentuknya yang panjang, serta bagian kecil di tengah mobilnya untuk Batman satu orang penumpang menjadi desain klasik yang unik.

Maybach Exelero memiliki desain yang unik dan serupa dengan Batmobile versi animasi tersebut. Desainnya seolah mengajak para fans untuk bernostalgia, dengan Batmobile di series tersebut. Mungkin bisa dibilang mobil ini adalah Batmobile versi “legal” yang bisa digunakan di jalan raya.

Lamborghini Sesto Elemento

Batman di era modern, khususnya dalam trilogi Christopher Nolan, sangat erat dengan salah satu pabrikan mobil asal Italia, Lamborghini. Contohnya adalah dalam film The Dark Knight mobil Lamborghini miliknya digunakan untuk melindungi Reese dan juga Gordon yang akan ditabrak oleh salah satu anak buah Joker.

Sesto Elemento memberikan kesan berani dan juga gagah dengan lapisan warna hitam di seluruh body mobil, seolah menjadi simbol bahwa mobil ini adalah milik Batman. Mobil ini bisa digunakan oleh Bruce Wayne ketika dia pergi ke pesta atau ketika sedang melakukan investigasi terhadap sebuah kasus.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2