Buah iblis adalah salah satu sumber kekuatan seorang karakter dalam dunia One Piece. Dengan kekuatan unik dari buah iblis, seseorang bisa melakukan kejahatan atau kebaikan. Contohnya adalah Luffy, yang menggunakan kekuatan buah iblis Gomu Gomu untuk mewujudkan cita-citanya sebagai raja bajak laut dan juga ikut membantu orang lain, seperti dalam arc Wano yang sedang terjadi.

Tapi, meskipun buah iblis memiliki kekuatan yang dahsyat, nyatanya tidak selamanya buah iblis jadi sumber kekuatan nomor satu. Haki atau kekuatan tekad, adalah satu satu kemampuan yang bisa melawan kekuatan buah iblis. Dengan kemampuan ini, seseorang bisa menahan kekuatan buah iblis. Contohnya adalah waktu Rayleigh menahan serangan Kizaru. Meskipun Haki kuat, ternyata ada beberapa buah iblis yang tidak berpengaruh terhadap kemampuan Haki. Apa saja?

Hobi Hobi no Mi

Hobi Hobi no Mi adalah buah iblis bertipe Paramecia yang membuat penggunanya mempunyai kemampuan untuk mengubah seseorang atau makhluk hidup menjadi mainan, dengan cara menyentuhnya. Ketika seseorang sudah berubah menjadi mainan, sosok tersebut tidak akan lagi diingat oleh orang lain karena ingatan mereka tentang sosok tersebut sudah dihapus. Buah iblis ini dimiliki oleh Sugar, salah satu anak dari Big Mom.

Dengan kekuatannya yang sangat mengerikan, tidak ada satupun orang dengan kemampuan Haki yang bisa menahan kekuatan ini. Meskipun Luffy atau yang lainnya sudah menguasa level advanced dari Armament Haki, tetap saja mereka ridak akan bisa menahan kekuatan Hobi Hobi no Mi. Satu-satunya cara untuk menghilangkan efeknya adalah dengan mengalahkan Sugar.

Buah Iblis Jewellry Bonney

Sampai saat ini, masih belum diketahui apa nama buah iblis yang dikonsumsi oleh Jewelry Bonney, yang menjadi salah satu bajak laut Worst Generation. Yang pasti, buah iblis ini bertipe Paramecia dimana dia bisa memanipulasi usia dari musuh atau orang lain. Dia bisa mengubah seseorang jadi anak kecil atau jadi orang tua, dalam waktu yang sekejap.

Karena kekuatannya yang dianggap overpowered, wajar kalau Bonney selalu diperlihatkan makan makanan dalam porsi yang besar dan yang paling penting adalah dia tidak berubah menjadi gemuk. Sama seperti buah iblis Sugar, level tertinggi Armament Haki pun tidak akan bisa menghalangi efek dari buah iblis ini karena memang kekuatannya tidak terhindarkan.

Horo Horo no Mi

Horo Horo no Mi juga adalah buah iblis berjenis Paramecia, yang mana kekuatannya adalah merubah kondisi mental seseorang dari positif, menjadi negatif. Buah iblis ini dikonsumsi oleh Perona, dan jika seseorang terkena kekuatan ini moral dan stamina yang ada dalam diri orang tersebut akan terkuras habis. Selain itu, orang yang terkena efek buah iblis ini akan menjadi orang yang negatif, dan cenderung pesimis.

Tidak ada kekuatan Haki yang bisa menahan kekuatan buah iblis ini karena memang tidak mungkin efek buah iblisnya ditahan ataupun dihindari, seberapa kuatpun seseorang itu berusaha. Tapi, yang konyolnya adalah buah iblis ini tidak berpengaruh apa-apa ke diri Usopp meskipun sudah dicoba berkali-kali. Hal itu dikarenakan Usopp memang orang yang pesimis dari awal.

Zushi Zushi no Mi

Buah iblis ini bertipe Paramecia dan dikonsumsi oleh salah satu Admiral legendaris angkatan laut, Fujitora. Kekuatan buah iblis ini memberikan penggunanya kemampuan buat mengendalikan gravitasi bumi, dan memilih lokasi mana yang akan dikirim kekuatan gravitasi tersebut. Kekuatan Haki tidak akan berlaku ketika melawan kekuatan buah iblis ini.

Buktinya adalah ketika Fujitora bertarung melawan Zoro, dia mencoba mengurung Zoro yang berusaha kabur dengan menggunakan Haki. Tapi, dia gagal untuk kabur karena memang Haki tidak bisa menahan kekuatan ini. Satu-satunya cara buat menghentikan atau menginterupsi kekuatan itu adalah dengan menyerang Fujitoranya. Contohnya ketika Law dan Kin’emon berusaha menyerang Issho agar Zoro bisa keluar dari kemampuan buah iblis ini.

Mero Mero no Mi

Mero Mero no Mi adalah buah iblis bertipe Paramecia, yang memiliki kemampuan untuk menyerang musuh dari berbagai jarak dengan menggunakan salah satu emosi dari manusia yaitu hasrat. Ketika seseorang terkena kemampuan buah iblis ini, dia akan langsung berubah menjadi batu. Buah iblis sensual ini dikonsumsi oleh Boa Hancock, penguasa wilayah Amazon Lilly.

Tidak ada Haki yang bisa menahan kekuatan dari Mero Mero no Mi. Sama seperti Horo Horo no Mi, meskipun tidak berpengaruh terhadap kekuatan Haki, kelemahan buah iblis ini adalah jika targetnya tidak memiliki hasrat atau tidak memiliki kemampuan untuk melihat Hancock maka kemampuannya ini tidak akan berpengaruh. Contohnya adalah ketika Hancock mencoba menyerang Luffy dengan buah ini, tapi pada kenyataannya dia tidak terpengaruh karena Luffy memang tidak memiliki hasrat dengan lawan jenis.

Yami Yami no Mi

Berbeda dengan sebagian besar buah iblis di daftar ini, Yami Yami no Mi adalah buah iblis yang bertipe Logia, dimana artinya si pengguna bisa berubah wujud menjadi kemampuan dari buah iblis ini. Kemampuan buah iblis ini sendiri adalah memberikan si penggunanya kekuatan buat mengendalikan dan menciptakan kegelapan. Buah iblis ini dimakan oleh Marshall D. Teach alias Blackbeard.

Buah iblis ini dianggap buah iblis yang paling kuat dan paling mengerikan. Selain karena kekuatan Haki gak bakalan mampu buah melawan kekuatan buah iblis ini, seseorang yang punya kekuatan – entah itu Haki dan semua tipe buah iblis – dan terkena kemampuan ini maka kemampuannya akan hilang. Kegelapan yang dihasilkan juga punya efek seperti blackhole yang bisa menghisap apa saja.

Soru Soru no Mi

Soru Soru no Mi adalah buah iblis bertipe Paramecia, dimana penggunanya bisa mengendalikan dan memanipulasi sebuah jiwa. Awalnya buah iblis ini dimakan oleh Carmel, salah satu anak dari Big Mom, tapi kemampuannya kemudian dipindahkan kepada Big Mom setelah Carmel tewas. Soru Soru no Mi juga bisa dibilang merupakan buah iblis yang sangat mengerikan.

Bagi si pengguna, jiwa menjadi sesuatu yang bisa dipegang sehingga bisa dia manipulasi atau kendalikan dengan sesuka hati. Meskipun targetnya tidak langsung tewas, tapi ketika serpihan jiwanya diambil oleh Big Mom maka jatah nyawanya bakalan berkurang drastis. Big Mom bisa langsung membunuh targetnya jika memang dia ingin. Kekuatan ini akan memiliki pengaruh banyak jika targetnya takut terhadap kematian atau kepada Big Mom, sebaliknya jika targetnya tidak memiliki rasa takut maka kemampuan buah iblis ini tidak akan bekerja dengan maksimal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.