Arc Wano menjadi arc paling besar dalam sejarah One Piece untuk saat ini. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh sang mangaka sendiri, Eiichiro Oda. Oda Sensei menjanjikan bahwa arc ini akan menjadi arc besar yang mengalahkan Marineford, dengan besarnya skala pertarungan dan banyaknya karakter yang muncul. Saat ini perang Wano di Onigashima sendiri sudah dimulai ditandai dengan penyerangan oleh Red Scabbards di panggung utama.

Ada banyak sekali cerita dan juga kejutan yang muncul di arc ini, mulai dari kisah tentang Oden sampai penemuan Laugh Tale. Tapi, dengan apa yang dijanjikan oleh Oda Sensei tentunya akan ada banyak hal lainnya yang akan muncul. Lalu, apa saja hal yang akan muncul di perang Onigashima? berikut adalah pembahasannya.

Kematian Kaido

Kaido merupakan antagonis utama dalam arc Wanokuni. Dia adalah orang yang membawa kesengsaraan kepada seluruh penduduk Wano, dan orang yang bertanggung jawab atas kematian Oden. Kaido sendiri memiliki ambisi untuk menghancurkan dunia dengan senjata kuno. Tapi, sekarang posisinya sedang sulit dimana Red Scabbards siap mengakhiri seluruh petualangannya.

Kaido sepertinya harus menghadapi delalapan orang “Oden” lainnya dalam pertempuran di Onigashima. Belum lagi dia harus melawan pasukan Mink dalam mode Sulong. Tentunya hal ini hal ini akan terasa sulit bagi Kaido. Meskipun kita belum melihat bagaimana kekuatan Kaido yang sebenarnya, tapi peluang Kaido untuk kalah cukup tinggi.

Kematian Big Mom

Selain Kaido, yang juga memiliki potensi atau peluang untuk tewas dalam perang di Onigashima adalah Big Mom. Dia sengaja datang jauh-jauh menuju Wano hanya untuk mendapatkan kembali Zeus yang dicuri oleh Nami. Selain itu, misi lainnya dari Big Mom adalah untuk membunuh Luffy yang “beruntung” bisa kabur di arc sebelumnya dari kejaran Big Mom dan anak buahnya.

Saat ini Big Mom dan Luffy sudah saling berhadapan. Kaido pergi ke luar istana untuk menghadapi Red Scabbards. Sepertinya pertarungan ini akan menyelesaikan apa yang sebelumnya belum selesai. Luffy sepertinya tidak akan lebih dulu menyerang Kaido, karena itu merupakan “urusan” Red Scabbards yang memiliki dendam pribadi. Luffy, di sisi lainnya, memiliki masalah yang belum selesai dengan Big Mom. Mereka mungkin akan bertarung di sini, bukan di Elbaf seperti yang diprediksi banyak fans. Dan kemungkinan Luffy akhirnya akan berhasil mengalahkan Big Mom.

Kematian Aliansi Luffy

Sudah ada satu “korban” dalam penyerangan ini, yaitu Kanjuro. Dia akhirnya tewas di tangan Kiku, mantan rekannya di Red Scabbards. Tapi, kemungkinan Kanjuro bukanlah satu-satunya korban dalam perang besar di Onigashima ini. Dengan masifnya skala pertempuran disana, korban yang tewas pun pasti akan banyak dan tidak menutup kemungkinan korbannya ada pada aliansi Luffy.

Dalam prediksi sebelumnya ada beberapa nama yang kemungkinan akan tewas dari aliansi Luffy, seperti Kinemon, Marco, Inuarashi, dan juga Nekomamushi. Salah satu dari mereka – atau nama lainnya – kemungkinan akan menjadi korban dari ganasnya pertempuran ini. Kematian salah satu dari mereka akan menjadi pemicu Luffy dan yang lain untuk semakin serius dalam mengalahkan Kaido dan Big Mom.

Aliansi Luffy Kalah

Cerita Wano erat kaitannya dengan pertunjukan Kabuki, sebuah seni pertunjukan kuno dari Jepang yang dalam praktiknya setiap pertunjukan dibagi menjadi beberapa babak. Babak 1 umumnya pengenalan, babak 2 masalah mulai muncul, babak ketiga kesengsaraan, dan babak keempat adalah babak terakhir dan kebahagiaan muncul. Saat ini, dalam manga One Piece kita masih berada di babak ketiga.

Jika memang kemudian, ceritanya akan mengikuti alur dari Kabuki, ada potensi dimana Luffy dan yang lain akan merasakan kesengsaraan. Mereka mungkin akan kalah dalam pertempuran ini, sebelum kemudian mereka bangkit dan kembali meraih kemenangan atau kebahagiaan. Tapi, tentunya semuanya tidak harus sesuai dengan aturan. Bisa saja ini merupakan bagian terakhir dari cerita, dimana Luffy akan mendapatkan kebahagiaan. Namun, peluang mereka kalah juga tidak kalah tinggi.

Munculnya Karakter lain

Sejauh ini, bisa dibilang baru ada tiga orang karakter – yang bukan bagian dari aliansi Luffy – yang muncul dalam babak ketiga. Mereka adalah Marco, Izo, dan Perospero (sebenarnya Perospero sudah lama muncul, tapi dia menjadi satu-satunya kru Big Mom yang berhasil naik ke Wano). Jika arc ini akan menjadi arc terbesar One Piece, tentunya perlu ada sosok lainnya yang juga akan bergabung dalam pertempuran.

Sejauh ini, para fans banyak yang memprediksi bahwa Garp, Shanks, serta angkatan laut akan muncul dalam pertempuran ini. Anggota CP0 juga bukan tidak mungkin muncul dalam pertempuran ini. Dengan banyaknya orang di Onigashima, kita tidak tahu apakah seseorang adalah agen Pemerintah atau agen SWORD. Intinya, kemungkinan besar sosok berpengaruh lainnya akan muncul dalam pertempuran.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.