Chapter 987 menjadi pembuktian Luffy tentang ambisi besar untuk menjadikan Onigashima sebagai medan perang yang epik dan luar biasa. Seperti yang diperlihatkan dalam chapternya, Luffy mengatakan secara jelas dan lantang bahwa kedatangannya ke pulau Onigashima bukan hanya untuk mengalahkan Kaido, melainkan juga untuk mengalahkan semuanya termasuk Big Mom, Orochi, dan seluruh anak buah Kaido dan Orochi.

Luffy juga mengatakan bahwa dia ingin memulai sebuah perang yang sangat besar ke Onigashima. Memang hal ini sudah diprediksi sebelumnya, seperti yang pernah diungkapkan oleh Oda tentang perang yang lebih masif dari Marineford. Dan apa yang diungkapkan oleh Luffy seolah menjadi konfirmasi mengenai hal tersebut. Tapi, selain ambisi besar Luffy, ada hal menarik lainnya di chapter 987 kemarin.

Dalam salah satu panel, terlihat Basil Hawkins bersama dengan Trafalgar Law di tengah kerumunan anak buah Kaido. Yang membuatnya menarik adalah Hawkins terlihat tidak sedang mencoba untuk mengalahkan atau bertarung melawan Law, tapi justru ada di sampingnya. Seperti yang kita ketahui, Basil Hawkins, X Drake, dan Scratchmen Apoo sudah memutuskan untuk bergabung dengan Beasts Pirates saat mereka dikalahkan oleh Kaido.

Sebenarnya, alasan mereka memutuskan untuk bergabung dengan Kaido adalah keterpaksaan. Kondisi mereka yang sudah kalah dan terdesak membuat mereka tidak memiliki pilihan. Sebelum penyerangan ke Onigashima dimulai, Law sempat ditahan oleh Hawkins untuk menggantikan posisi Bepo dan anak buah lainya. Meskipun sempat disiksa, pada akhirnya Law bisa kabur dan berhasil mengalahkan Hawkins.

Ada sosok misterius di momen tersebut, yang diduga adalah X Drake. Sebelum pergi, Law mengatakan sesuatu kepada Hawkins tentang bagaimana perasaanya yang sebenarnya. Bagaimana Law tahu bahwa dia sebenarnya tidak ingin melakukan hal tersebut. Apa yang dilakukan oleh Hawkins ini seolah menggambarkan apa yang Kaido ungkapkan di akhir cerita Chapter 987.

Menurut Kaido – yang pada saat itu berbicara kepada Kinemon dan Red Scabbards yang percaya kepada Luffy – bajak laut bukanlah sosok yang bisa dipercaya. Luffy akan pergi meninggalkan mereka ketika dianggap sudah tidak lagi berguna. Kinemon sendiri meyakini Luffy berbeda dengan bajak laut lainnya dan dia akan membawa perubahan besar di Wano.

Pengkhianatan oleh anak buah Kaido – khususnya Calamities – seperti Apoo, X Drake, dan Hawkins – sebenarnya sudah diprediksi jauh sebelumnya. Para fans meyakini bahwa mereka akan mengkhianati Kaido pada akhirnya. Mereka juga akan membantu Luffy untuk mengalahkan Kaido dan Big Mom. Saat ini, baru Hawkins yang membuktikan hal tersebut. Sedangkan Apoo dan X Drake, sepertinya masih dalam keadaan yang sulit untuk berkhianat. Belum ada waktu yang pas.

Untuk Apoo sendiri, entah apakah serangannya kepada Luffy dan Zoro benar-benar serius atau tidak masih belum diketahui. Mungkin jika Apoo mau, dia bisa saja sudah membunuh Zoro dan Luffy dengan kekuatan mereka. Tapi, keduanya hanya dibuat luka parah dan tidak sadarkan diri. Saat ini posisi Apoo sendiri berada di dekat dengan Queen. Sedangkan Drake masih belum diketahui posisinya.

Apakah kemudian Drake dan Apoo akan melakukan hal yang sama dengan Hawkins? Masih harus kita tunggu kelanjutan ceritanya. Peluang Drake untuk berkhianat sangatlah tinggi, karena seperti yang kita ketahui dia adalah anggota SWORD. Sedangkan Apoo, masih belum diketahui apa motif yang bisa mendukung dia untuk mengkhianati Kaido. Bisa saja karena alasan awal, yaitu ingin membunuhnya. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan dilakukan oleh Apoo dan Drake di ceria selanjutnya.