Pedang Enma merupakan salah satu pedang yang luar biasa dalam cerita One Piece. Kekuatan dan kedahsyatan pedangnya, sudah teruji dengan baik seperti yang diperlihatkan dalam cerita. Enma merupakan salah satu pedang milik Kozuki Oden, yang digunakan saat dia masih hidup. Satu pedang lainnya adalah Ame no Habakiri. Setelah Oden Meninggal, kedua pedang tersebut diwariskan kepada kedua anaknya, Momonosuke dan Hiyori.

Baik Momo ataupun Hiyori, sebenarnya belum bisa menggunakan pedang tersebut. Belum diketahui alasan mengapa keduanya jarang diperlihatkan menggunakan pedang ayah mereka. Hiyori kemudian memutuskan untuk memberikan pedang miliknya, Enma, kepada Zoro dengan syarat dia mau memberikan pedang Shusui yang sebelumnya Zoro dapatkan dari zombie Ryuma.

Menurut Hiyori, pedang Shusui sudah dianggap sebagai harta karun terbesar bagi penduduk Wano. Mereka meyakini apa yang terjadi kepada mereka, semua kesialan yang terjadi di negara Wano, merupakan akibat dari hilangnya pedang Shusui. Tapi, tentunya Enma bukanlah pedang yang sembarangan ketika akhirnya Zoro berhasil memiliki pedang tersebut.

Zoro merasakan sendiri, bagaimana sulitnya “mengendalikan” pedang Enma. Menurut Tenguyama Hitetsu, Enma akan menyerap seluruh kekuatan dan tenaga dari penggunanya jika mereka tidak mampu mengendalikan pedangnya. Mereka akan lebih cepat lelah dan letih, jika tidak bisa mengendalikan Enma. Oden, merupakan satu-satunya orang yang berhasil menguasai secara penuh pedang tersebut.

Kekuatan pedang Enma juga tidak main-main. Ketika Zoro pertama kali mencobanya, padahal dia hanya berniat untuk membelah sebuah pohon besar. Tapi, pada kenyataanya dia malah membelah tebing tempat pohon tersebut berada. Yang menarik juga, pada waktu yang sama, pedangnya membuat lengan zoro menghitam yang artinya memaksa Zoro untuk mengaktifkan Armament Haki miliknya.

Jika Zoro bukanlah seorang ahli pedang terlatih, mungkin Enma sudah menyerap habis seluruh tenaganya. Tapi, Zoro kemudian membuktikan bahwa dia berhasil menghentikan “perbuatan” dari Enma tersebut. Meskipun banyak yang mengira bahwa itu semua berkat kemampuan Armament Haki milik Zoro, bagaimana jadinya jika sebenarnya Zoro berhasil menghentikan apa yang dilakukan oleh Enma berkat Conqueror Haki atau Haki penakluk yang belum disadari oleh semuanya bahkan Zoro sendiri?

Meskipun memang belum ada konfirmasi, hal ini memunculkan spekulasi lain yaitu bagaimana jika seluruh pengguna Haki penakluk mampu menyerap Haki milik orang lain? Haki penakluk merupakan Haki yang memang tidak semua orang bisa memilikinya. Perbandingannya sangat tinggi, disebut-sebut dari satu juta orang hanya satu orang yang memilikinya.

Kekuatan terbesar dari Haki penakluk memang sejauh ini diperlihatkan hanya bisa untuk membuat orang-orang tidak sadarkan diri. Tapi tentunya ada lebih dari itu. Shanks sendiri membuktikan bahwa Haki penakluk miliknya bisa merusak perahu Moby Dick milik Whitebeard. Yang artinya, spekulasi tentang Haki penakluk bisa menyerap Haki milik orang lain rasanya masuk akal meskipun perlu ada penjelasan dan konfirmasi lebih lanjut.

Kemampuan untuk menyerap Haki orang lain ini membuat penggunanya semakin kuat dan terus bertambah kuat. Semakin besar dia menyerap Haki seseorang, maka semakin bertambah kuat juga sosok tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan cerita perang di Onigashima, sambil juga menunggu konfirmasi lebih lanjut apakah Zoro memang memiliki Haki penakluk.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.