Kita semua tentu mengenal Disney sebagai rumah produksi yang biasanya menghadirkan berbagai cerita yang ramah untuk keluarga. Disney selalu menghadirkan berbagai cerita rakyat dan mitologi dari berbagai wilayah di seluruh dunia, untuk kemudian diadaptasi dalam dunia animasi. Tapi, tentunya dengan berbagai perubahan yang disesuaikan dengan misi Disney, ramah keluarga.

Meskipun mereka sering membuat karya yang ramah keluarga, tidak jarang mereka juga membuat film animasi atau karya yang dianggap sangat menyeramkan ketika disaksikan oleh anak kecil. Uniknya, saat kita beranjak dewasa film-film yang dianggap menyeramkan tersebut justru mendapatkan apresiasi. Berikut adalah berbagai film produksi Disney yang cukup menyeramkan.

The Little Mermaid (1989)

Dirilis di akhir era 1980an, The Little Mermaid dianggap sebagai film dengan genre baru bagi studio – musikal. Film animasi ini menjadi titik awal kebangkitan industri film animasi Disney di era 1990an, yang terkenal akan berbagai lagu-lagu mereka yang penuh semangat dan iramanya mudah untuk didengar. Hal ini didukung juga dengan visual yang menarik dan menakjubkan.

Namun, dibalik semua lagu-lagu yang gembira serta warna yang cerah, ada hal yang menyeramkan yang ditampilkan dalam ceritanya. Beberapa diantaranya adalah momen ketika raja Triton menghancurkan koleksi milik Ariel, serangan para hiu, dan hujan badai mengerikan yang menghancurkan kapal milik Grimsby. Tapi, tentunya momen mengerikan yang fenomenal adalah pertarungan terakhir antara Ursula melawan Arel. Ursula benar-benar menjadi sosok yang mengerikan dalam cerita ini.

The Nightmare Before Christmas (1993)

Film ini menjadi salah satu karya Disney yang paling inovatif dan kreatif. Film animasi ini menjadi salah satu film yang paling banyak ditonton ketika musim dingin tiba, karena temanya sendiri sangat cocok dengan pesta Halloween dan juga perayaan natal. Kombinasi artistik dari Ti Burton yang penuh dengan nuansa gelap, serta musik karya Danny Elfman, wajar jika film ini sangat legendaris sampai saat ini.

Tapi, jika diperhatikan film ini sebenarnya mirip dengan film horror. Seluruh “cast” di filmnya adalah tengkorak hidup, juga ada berbagai hal mengerikan lainnya seperti hantu. Selain para cast yang tidak biasa, dari segi cerita pun sebenarnya film ini sangatlah menyeramkan. Contohnya ketika Santa Claus diculik dan disiksa. Yang paling menyeramkan adalah ketika Oogie Boogie diperlihatkan penuh dengan belatung dan hewan menjijikanm lainnya.

The Great Mouse Detective (1986)

Dari segi cerita, film animasi ini bisa dibilang menarik. Dimulai di sebuah London yang dipenuhi kabut, munculan seorang remaja bernama Olivia dan ayahnya sedang merayakan ulang tahunnya. Namun, perayaan itu kemudian berubah menjadi petaka ketika ada seseorang masuk ke rumah mereka. Olivia berhasil bersembunyi, tapi sosok misterius itu berhasil menculik ayahnya.

Namun, hal mengerikan mulai muncul ketika Basil dan Dawson mulai menyelidiki kasus ini. Misalnya adalah ketika mereka pergi ke toko mainan, para mainan tersebut menatap mereka dengan tajam dan akan hidup dengan sendirinya. Dan Olivia pun akhirnya diculik oleh sosok dibalik semua ini. Villain di filmnya, Professor Ratigan juga tidak kalah menyeramkan. Akhirnya Ratigan jatuh dari atas Big Ben dalam pertarungannya melawan Basil.

Bambi (1942)

Siapa yang menyangka jika film yang manis dan begitu lugu seperti Bambi, sebenarnya menghadirkan kisah yang sangat mengerikan dan kelam. Bahkan, bisa dibilang film ini menjadi salah satu film paling ‘gelap’ yang diproduksi Disney. Hal ini dikarenakan kematian tragis dan juga menyedihkan dari ibu Bambi. Padahal semuanya diawali dengan sangat indah.

Bambi dan ibunya berada di sebuah hutan, sampai kemudian mereka tiba-tiba diserang oleh manusia yang merupakan pemburu. Mereka pun mencoba kabur dari kejaran manusia itu, sampai pada akhirnya para penonton harus melihat sebuah kejadian tragis dimana ibu Bambi tewas. Yang juga mengerikan adalah kita tidak pernah melihat bagaimana wujud dari manusia yang memburu Bambi serta ibunya.

Momen mengerikan lainnya adalah ketika para binatang harus mencoba kabur dan menyelamatkan diri dari bencana kebakaran hutan. Semuanya dianimasikan dengan sangat baik dan jelas. Klimaks benar-benar terasa dalam adegan ini, dimana Bambi dan ayahnya kesulitan untuk pergi dari hutan. Hal ini juga cukup “menampar” para penonton karena peristiwa itu terjadi dalam kehidupan manusia, dimana manusia membakar lahan dan membahayakan nyawa satwa.

Snow Whites & The Seven Dwarfs (1937)

Rasanya hampir semua Geeks mengenal cerita legendaris putri salju dan tujuh kurcaci. Dan dengan mengadaptasi cerita populer ini, Walt Disney mencoba untuk melakukan debutnya dalam memproduksi sebuah film animasi penuh. Mereka berharap bahwa penonton akan mendapatkan impak yang sangat dalam setelah menonton film ini. Dan nyatanya upaya mereka berhasil.

Banyak anak-anak yang merasa ketakutan dengan film tersebut. Detail visual yang sangat halus dan luar biasa membuat semuanya nampak nyata dan mengerikan. Didukung oleh musik yang juga tidak kalah mengerikan. Villain utama dalam film ini – sang ratu jahat yang mencoba menghentikan Putri Salju – menjadi salah satu elemen mengerikan lainnya dalam film ini.

Selain perubahannya menjadi sosok nenek tua, bagaimana dia mati juga sangat mengerikan. Dia harus terjatuh dari atas bukit dan bebatuan besar menimpa tubuhnya yang malang. Ditambah lagi banyak burung pemakan bangkai yang kemudian mendatangi mayatnya. Tidak banyak kematian mengerikan seperti itu diproduksi oleh Disney.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.