Sudah banyak rumor-rumor yang beredar bahwa Monica Rambeau versi dewasa akan muncul dalam film Captain Marvel 2. Monica Rambeau sendiri diperkenalkan dalam film Captain Marvel pertama, dimana pada tahun 1995 usianya masih sangat muda. Monica Rambeau sendiri merupakan anak dari sahabat baik Carol Danvers, Maria Rambeau, yang sudah bersahabat sejak mereka bergabung di angkatan udara.

Monica merupakan salah satu karakter favorit para fans yang sangat dinantikan kemunculannya di MCU. Banyak yang memperkirakan bahwa dia akan memiliki peran besar di masa depan MCU nanti. Dan perlahan tapi pasti, prediksi para fans terbukti benar. Marvel Studios memilih Teyonah Parris sebagai Monica Rambeau versi dewasa. Dan dia juga akan melakukan debutnya dalam series WandaVision.

Namun, selain di WandaVision, para fans juga memperkirakan bahwa Monica akan muncul di film Captain Marvel 2. Bukan hanya dia sudah menjadi sosok yang familiar bagi Carol dan franchisenya, tapi ada alasan lainnya yang kemudian menunjukan bahwa Monica akan memiliki peran penting di masa depan. Salah satunya adalah fakta dimana Monica merupakan bagian dari kelompok pengawas kegiatan luar angkasa, SWORD.

Hal ini rasanya wajar, mengingat sedari kecil Monica sudah mengenal dengan alien dan kegiatan luar angkasa. Dia pernah bertemu Skrull yang menyerang rumahnya, juga dia tahu bahwa Carol adalah pahlawan super. Dan di film Captain Marvel Monica kemudian bertemu dengan Nick Fury muda. Meskipun koneksi Teyonah Parris dan Monica Rambeau sudah sangat jelas, tapi sampai saat ini Marvel Studios masih belum secara resmi mengumumkan bahwa Monica Rambeau dewasa akan muncul di Captain Marvel 2.

Monica Rambeau Dalam Versi komik

Monica Rambeau bukanlah sosok baru dalam cerita Captain Marvel. Sama seperti di filmnya, sedari kecil Monia memang sudah menjalin hubungan yang dekat dengan Carol Danvers. Hubungan yang erat antara Carol dan Maria, membuat hubungannya dengan Monica juga dekat. Bahkan sudah seperti keluarga. Monica mennganggap Carol sebagai bagian dari keluarganya.

Monica tahu bahwa Carol adalah sosok Captain Marvel, oleh karena itulah dia sangat mengidolakan sosok Carol Danvers. Karakternya sendiri pertama kali muncul pada 1982 dalam komik Amazing Spider-Man Annual #16. Dalam komiknya, Monica diperkenalkan sebagai seorang penjaga di pelabuhan New Orleans. Ketika dia sedang menjalankan tugasnya, Monica secara tidak sengaja terkena tembakan dari makhluk luar angkasa.

Akibatnya, Monica diberkahi oleh sebuah kekuatan yang luar biasa. Dia mampu membuat sebuah energi yang besar, memanipulasinya, menyerapnya, dan bahkan mengubah tubuhnya menjadi energi murni, yang mana membuatnya bisa pergi dari satu tempat ke tempat yang lain dalam hitungan detik. Monica kemudian tidak sengaja bertemu dengan Spider-Man dan Iron Man, yang mana mereka membantu Monica untuk bisa mengendalikan kekuatannya lebih baik.

Cerita ini menjadi awal mula terjalinnya persahabatan antara Leutenant Rambeau – nama pahlawan yang digunakan oleh Monica – dan juga Spider-Man. Keduanya juga bahkan sering kali bekerja sama dan muncul di berbagai judul komik Marvel lainnya.

Captain Marvel Wanita Pertama

Beberapa penggemar mungkin mengenal Carol Danvers sebagai sosok satu-satunya Captain Marvel. Tapi, sebenarnya itu merupakan informasi yang keliru. Dalam versi komik, nam Captain Marvel sudah memiliki sejarah yang panjang sejak tahun 1960an. Namanya pertama kali digunakan oleh seorang pejuang Kree bernama Mar-Vell.

Setelah Mar-Vell, nama tersebut kemudian digunakan oleh berbagai karakter lainnya. Tapi, Monica Rambeau adalah sosok perempuan pertama yang menggunakan titel Captain Marvel. Sebenarnya, media yang memberikan titel tersebut kepada Monica, yang kagum dan takjub dengan kekuatan yang dia miliki. Padahal, dia tidak memiliki koneksi apapun dengan bangsa Kree. Carol Danvers sendiri merupakan orang ketujuh yang menggunakan titel Captain Marvel.

Nama Lainnya

Titel Captain Marvel yang digunakan oleh Monica Rambeau cukup lama melekat kepadanya. Sampai kemudian Monica memberikan titel tersebut kepada anak dari Mar-Vell, yaitu Genis-Vell, demi menghormati warisan ayahnya. Setelah namanya diberikan, Monica kemudian menggunakan nama pahlawan Photon. Tapi, uniknya adalah suatu hari Genis-Vell juga memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Photon.

Tidak ingin menghabiskan tenaga untuk sekedar nama, akhirnya Monica kembali mengganti nama pahlawannya menjadi Pulsar. Setelah sempat beberapa waktu menggunakan nama tersebut, Monica kemudian memutuskan untuk kembali mengubah namanya menjadi Spectrum. Nama tersebut merupakan nama alias yang masih digunakan oleh Monica sampai saat ini.

Saat Monica menggunakan nama Spectrum, dia memiliki peran yang besar dalam tim bentukan Luke Cage, Mighthy Avengers. Dia bahkan mampu menandingi kekuatan dari Proxima Midnight. Apakah di MCU nanti Monica akan menggunakan nama samaran Leutenant Rambeau atau salah satu dari nama alias yang pernah dia gunakan? Kita nantikan saja kelanjutannya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.