Arc Wanokuni memang menjadi salah satu story arc terbesar dalam cerita One Piece, setelah Marineford. Arc tersebut bahkan dibagi menjadi beberapa babak atau bagian, dan sekarang kita berada di puncak babak ketiga. Masih belum diketahui apakah akan ada babak selanjutnya dalam arc ini.

Salah satu hal yang membuat arc Wanokuni menjadi menarik adalah banyaknya rahasia dalam cerita One Piece yang akhirnya terungkap, misalnya tentang keberadaan pulau terakhir. Dalam chapter 966 kemarin diperlihatkan jika Roger dan Whitebeard sempat saling bertarung satu sama lain, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk “berdamai” dan berpesta bersama.

Pada saat itu, Roger bercerita banyak kepada Whitebeard, termasuk tentang petualangannya ke sebuah pulau bernama Lodestar Island. Menurut Roger, mereka sudah melakukan hal yang belum pernah dilakukan oleh bajak laut lainnya yaitu menuju pulau tersebut. Artinya dengan kata lain, mereka adalah bajak laut pertama yang pernah menuju ke pulau tersebut.

Berdasarkan penuturan Roger, Lodestar adalah pulau paling ujung atau pulau terakhir di New World dan merupakan pulau paling ujung di Grand Line. Untuk mencapai pulau tersebut seorang bajak laut harus mengikuti arahan dari Log Pose. Semua perbedaan jalur yang ada di Grand Line, pada akhirnya akan berujung di pulau tersebut.

Menurut Inuarashi, siapapun yang bisa mencapai ke pulau Lodestar akan menemukan Poneglyph yang berisi tentang sejarah dunia dan peradabannya, juga yang paling penting adalah sebuah rute menuju pulau terakhir yaitu Laugh Tale. Sekitar 39 tahun yang lalu Gol D. Roger bersama dengan kru bajak lautnya berhasil mencapai tersebut.

Tapi, Roger dan krunya menyadari Lodestar bukanlah akhir dari pulau yang ada di seluruh Grand Line. Ada satu pulau lagi yang belum dia kunjungi, yang kemungkinan posisinya ada setelah Lodestar. Tapi, sayangnya Log Pose sendiri tidak bisa mendeteksi keberadaan pulau tersebut.

Roger pun kemudian mulai berpetualang untuk mencari jalan menuju Laugh Tale, namun gagal. Sampai akhirnya dia bertemu dengan Oden. Karena Roger dan krunya merupakan orang pertama yang mengunjungi pulau tersebut dalam 800 tahun terakhir, bisa disimpulkan jika Lodestar Island adalah sebuah pulau yang sangat sulit untuk dicapai. Bahkan Log Pose sendiri tidak bisa menunjukan kemana arah pulau selanjutnya setelah Lodestar, dan jarum penjuk arahnya pun hanya berputar-putar saja.

Roger sendiri meyakini bahwa terdapat sebuah legenda tentang harta karun di Laugh Tale, yang mana hal tersebut seolah mengkonfirmasi bahwa Roger bukanlah bajak laut atau orang yang menaruh One Piece di pulau terakhir. Berdasarkan hal ini, bisa disimpulkan bahwa One Piece memang sudah ada di pulau terakhir sejak lama. Pertanyaannya kemudian siapa yang meninggalkan harta karun di pulau tersebut? apa harta karunnya? Apa arti dari harta karun tersebut?

Sebagian besar fans meyakini bahwa Joy Boy adalah orang yang menaruh seluruh Poneglyph tentang rahasia dunia, serta One Piece di Laugh Tale. Karena masih misterius, belum diketahui ada apa lagi di pulau Lodestar. Kita juga tidak tahu apakah di pulau tersebut ada penghuninya. Jika ya, siapa yang menghuni pulau Lodestar?

Ada sebuah teori yang menarik di kalangan para fans yang menyebutkan bahwa Scopper Gaban adalah orang yang tinggal di Lodestar. Dia sengaja menunggu kedatangan Luffy atau sosok penerus Joy Boy, untuk kemudian memberikan arahan atau panduan tentang bagaimana Luffy dan yang lain akan pergi menuju Laugh Tale.

Menemukan pulau Lodestar akan menjadi sebuah misi yang menarik, khususnya bagi Nami yang merupakan navigator. Seperti yang disebutkan di atas, tidak mudah bagi seseorang untuk bisa menemukan pualu tersebut. Sehingga menemukan pulau Lodestar, sebelum menemukan Laugh Tale, akan menjadi tugas yang berat bagi Nami.

Sama halnya ketika Luffy dan kru Topi JErami pergi ke paulau langit dan Wano, meskipun mereka bisa mengandalkan log pose yang ada di tangan Nami, tapi mereka tidak tahu ada kesulitan atau tantangan apa yang akan menanti mereka. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan cerita dari One Piece di chapter selanjutnya, dan kita nantikan apakah Luffy juga akan tiba di Lodestar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.