Tim pahlawan dari DC Comics, Justice League, sudah berusia lebih dari enam dekade. Hampir di setiap versi Justice League, pasti selalu melibatkan Superman, Wonder Woman, Batman, serta beberapa karakter populer DC lainnya sebagai anggota utama. Tapi, ada sebuah fakta menarik tentang para pahlawan ini, yaitu hampir semua pahlawan DC pernah bergabung dengan tim ini.

Karena itulah, terkadang ada beberapa karakter yang diluar dugaan kita pernah bergabung dengan tim para pahlawan ini. Mulai dari yang aneh, mengerikan, bahkan sampai yang jahat pun pernah bergabung. Berikut adalah berbagai karakter yang tidak diduga pernah bergabung ke Justice League.

Atomica

Ketika DC Comics memulai era baru mereka dengan New 52, mereka juga merilis berbagai karakter baru. Salah satunya adalah Rhonda Pineda alias Atomica, yang merupakan versi perempuan dari sosok pahlawan The Atom. Atomica ikut membantu Justice League untuk mencegah para penduduk Atlantis menyerang masyarakat di daratan.

Namun, dibalik semua sikap pahlawan tersebut ternyata Atomica adalah sosok yang jahat dan mengerikan. Dia berasal dari universe lain, dimana seluruh penghuninya sangatlah jahat. Dia juga yang mengaktifkan Pandora Box untuk membiarkan versi jahat dari Justice League, Crime Syndicate, untuk menginvasi universe utama DC. Tapi, beruntung Atomica berhasil dikalahkan oleh Lex Luthor.

Lex Luthor

Ketika Crime Syndicate mengurung para anggota Justice League di Firestorms Matrix, dunia tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk melawan mereka. Para Superhero kewalahan menghadapinya. Melihat fakta menyedihkan tersebut, sosok villain Lex Luthor tanpa diduga kemudian mengajukan dirinya untuk bergabung dengan yang lain untuk mengakhiri dominasi Syndicate.

Meskipun Batman dan berbagai supervillain lainnya ikut membantu, tapi Lex Luthor adalah orang yang menyelamatkan Justice League dengan cara membunuh pemimpinnya. Lex memang diketahui menjadi musuh Superman, tapi dalam peristiwa ini dia melupakan permusuhan tersebut dan menyelematnya nyawa Clark. Hal ini membuat banyak orang mendukungnya, dan momen tersebut dimanfaatkan oleh Lex untuk mengancam Batman agar menerimanya di Justice League. Lex mengancam akan membocorkan identitas rahasianya jika tidak mau menerimanya di tim.

Zauriel

Zauriel merupakan salah satu makhluk mitologi kuno dalam alkitab yang diceritakan pergi meninggalkan surga setelah dia jatuh cinta terhadap seorang manusia. Zauriel kemudian menjadi sosok yang membantu Justice League untuk mengalahkan Asmodel, seorang malaikat yang berubah menjadi jahat yang memiliki misi untuk mengalahkan The Presence.

Zauriel benar-benar menjadi anggota Justice League yang sangat membantu berkat pengetahuannya dalam hal agama, sejarah, dan mitologi. Menariknya, karakter ini sebenarnya dibuat atas dasar ketidak sengajaan. Grant Morrison pada awalnya ingin membuat cerita tentang Hawkman, tapi usulannya ditolak oleh para petinggi DC Comics karena cerita masa lalunya yang cukup kontroversial. Akhirnya Morrison mendesain karakter superhero yang terinspirasi dari malaikat lainnya, yang kemudian menghasilkan Zauriel.

Etrigan

Di era abad pertengahan, Merlin membangkitkan seorang iblis bernama Etrigan untuk melindungi Camelot dari serangan penyihir terkenal, Morgaine le Fey. Tapi, Merlin kemudian sadar bahwa Etrigan merupakan ancaman yang lebih besar dari Morgaine. Untuk mencegah hal itu, Merlin kemudian memasukan jiwa seorang manusia biasa bernama Jason Blood.

Blood dan Etrigan sudah saling menyatu selama lebih dari 1.500 tahun. Agar Etrigan tidak mengambil alih tubuhnya, Blood mempelajari banyak hal tentang iblis. Meskipun Etrigan adalah salah satu sekutu Justice League, tapi dia adalah iblis pada dasarnya. Dia mungkin hanya mau bergabung dan membantu Justice League jika ada keuntungan yang bisa diraih olehnya.

Phantom Stranger

Phantom Stranger merupakan makhluk kosmik yang memiliki kekuatan sihir yang dahsyat. Sejak pertama kali diperkenalkan, sampai saat ini, tidak ada informasi yang jelas tentang siapa sebenarnya Phantom Stranger. Karena sosoknya yang misterius dan hasratnya untuk bertarung melawan ancaman dari dunia lain, Stranger kemudian bergabung dengan Justice League Dark bersama Swamp Thing, Dead Man, dan Constantine.

Namun, terkadang Phantom Stranger juga membantu para Justice League di “dunia nyata” misalnya dengan bergabung dengan Justice League of America. Anehnya, meskipun Phantom Stranger sudah menjadi bagian dari Justice League dan membantu mereka mengalahkan rencana jahat Faust, dia justru menghilang tanpa jejak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.