Perang besar di Wano akhirnya dimulai, ditandai dengan penyerangan oleh Red Scabbards kepada Kaido. Setelah sekian lama para fans menantikan perang puncak di arc Wanokuni, akhirnya momen tersebut dimulai pada chapter 986 kemarin. Red Scabbards yang berhasil mengalahkan Kanjuro dan pasukan Kaido lainnya, akhirnya merangsek masuk ke dalam istana Kaido.

Di sisi lain, Yamato dan Luffy berusaha untuk bergegas menuju panggung utama. Dan Luffy juga menepati janjinya untuk melepaskan borgol Yamato. Ternyata ledakan di borgol Yamato lebih dahsyat dibandingkan dengan ledakan yang biasa digunakan oleh para tahanan lain. Chapter 987 melanjutkan momen penyerangan yang dilakukan Red Scabbards kepada Kaido. Lalu, apa lagi poin penting di chapter tersebut? berikut pembahasannya.

Kekuatan Tidak Terduga

Selama ini kita sudah tahu bahwa Kaido merupakan makhluk paling kuat di seluruh dunia. Tidak ada yang bisa membunuh atau melukai Kaido, selama lebih dari 20 tahun. Baru Kozuki Oden, yang bisa memberikan perlawanan serius kepada Kaido dan berhasil melukai Kaido. Bahkan bekas lukanya sendiri masih ada di bagian pinggangnya. Tapi, siapa sangka jika kemampuan Oden untuk melukai Kaido ternyata juga dimiliki oleh Red Scabbards.

Untuk bisa melakukan hal itu, seseorang harus menguasai advanced Armament Haki yaitu Ryuo. Meskipun Haki ini menjadi salah satu Haki yang umum di Wano, nyatanya tidak semua orang bisa memaksimalkan kemampuan ini. Red Scabbards pun awalnya tidak mampu melukai Kaido, tapi dengan mengerahkan seluruh kemampuan yang mereka miliki tubuh Kaido pun akhirnya mampu dilukai untuk pertama kalinya selain oleh Oden.

Jika memang kemudian Ryuo berperan penting untuk bisa merusak pertahanan Kaido, artinya Luffy sudah bisa menyeimbangkan kekuatannya dengan Kaido setelah dia belajar Ryuo dari Hyogoro. Tapi, tentunya Kaido masih belum memperlihatkan kemampuan aslinya dalam cerita. Dia akan membuktikan mengapa dia mendapatkan titel makhluk paling kuat di seluruh dunia.

Deklarasi Perang

Selain Kaido yang terluka, deklarasi perang yang disampaikan oleh Luffy juga menjadi poin menarik dan penting dalam arc Wanokuni. Eiichiro Oda sebelumnya mengatakan bahwa perang di Onigashima akan jauh lebih besar dibandingkan Marineford. Pada saat itu, para fans hanya bisa menduga apa yang dimaksud dari penyataan Oda Sensei tersebut. Tapi, perlahan Oda mulai memperlihatkan apa maksudnya.

Dimulai dari aliansi Big Mom dan Kaido, kemudian munculkan karakter tidak terduga seperti Marco dan Izo – juga Perospero. Tapi, kalimat Luffy di chapter 987 memberikan penjelasan apa maksud Oda Sensei. Luffy bukan hanya berperang dengan satu orang saja, melainkan semua orang yang terlibat di arc Wano. Mulai dari Kaido, Orochi, dan bahkan Big Mom sekalipun. Luffy mendeklarasikan perang besar kepada semua orang.

Sosok yang Dinantikan

Geeks masih ingat dengan apa yang ditulis oleh Oden kepada Toki dalam sebuah surat sebelum dia dieksekusi? Oden mengatakan dan mengakui bahwa dia tidak akan sanggup memberikan perubahan kepada Wano. Dia tidak bisa mengalahkan Orochi dan juga Kaido. Meskipun begitu, Oden percaya bahwa di 20 tahun kemudian – di masa depan – akan ada kekuatan besar yang bisa menaklukannya.

Memang, para fans sudah sejak lama menduga bahwa Luffy adalah sosok yang selama ini dinantikan oleh Oden. Tapi, baru pada chapter 987 ini Oda seakan “mengkonfirmasi” dugaan para fans, melalui ucapan Kinemon kepada Kaido. Kinemon dan para Red Scabbards yakin bahwa Luffy akan memberikan perubahan kepada Wano. Dia akan mewujudkan mimpi Oden untuk membuka perbatasan. Dan dia juga yang akan mengalahkan Kaido.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.