Ada banyak hal yang sangat menarik dari seri One Piece, mulai dari bagaimana petualangan Luffy mencari harta karun One Piece, berbagai karakter yang unik dan juga kuat, berbagai misteri yang ada di dalamnya – seperti senjata kuno -, dan tentunya tentang buah iblis. Rasanya semua Geeks sudah mengetahui tentang buah iblis, buah unik yang bisa memberikan berbagai macam kekuatan.

Buah iblis sendiri terbagi menjadi tiga yaitu Zoan, Paramecia, dan Logia. Masing-masing buah iblis memiliki keunikan, misalnya untuk jenis Logia pengguna bisa berubah menjadi apa yang dia makan. Contohnya adalah Sakazuki dengan buah iblis Magu Magu. Meskipun buah iblis adalah hal yang umum di seriesnya, tapi mungkin tidak banyak dari Geeks yang tahu tentang rahasia buah iblis. Apa saja?

Ada Buah Iblis Buatan

Memang, sampai saat ini misteri tentang asal usul buah iblis masih belum diketahui. Kita belum tahu siapa yang membuatnya, dari mana asalnya, mengapa mereka ada, dan sebagainya. Meskipun begitu para fans banyak yang mencoba untuk berspekulasi mengenai hal ini. Tapi, jika buah iblis “alami” masih belum diketahui asal usulnya nyatanya ada buah iblis yang merupakan buatan manusia.

Contoh dari kasus ini adalah buah iblis SMILE, buah iblis yang dipaksa diberikan kepada penduduk Wano oleh Kaido. Buah iblis ini merupakan hasil ciptaan dari Dr. Vegapunk dan Ceasar Clown, dimana Vegapunk berhasil mencari tahu bagaimana memindahkan efek dari buah iblis “asli” ke sebuah benda mati. Yang menjadi catatan penting dari buah iblis buatan atau sintetis ini adalah hanya 10% yang benar-benar bekerja, sedangkan 90% lainnya benar-benar menghilangkan emosi sedih dan tertawa dari mereka yang mengkonsumsinya.

Buah Iblis Non-Canon Butuh Persetujuan Eiichiro Oda

Jika berbicara mengenai anime, tentu ada treatment berbeda dengan manga. Agar ceritanya tidak melampaui atau menyusul cerita di manga, pihak perusahaan animasi perlu “memutar” cerita dengan berbagai filler atau cerita sampingan. Dalam filler tersebut tidak jarang kita bertemu dengan sosok karakter yang juga memiliki buah iblis, baik villain maupun protagonis.

Untuk bisa memunculkan satu buah iblis dalam cerita filler, atau bisa juga disebut buah iblis non-canon, perlu ada persetujuan dari Oda Sensei. Oda memiliki hak penuh akan hal ini. Hal ini sengaja dilakukan agar tidak ada kesalah pahaman atau tidak ada “tabrakan” antara versi manga dan animenya. Juga hal ini perlu dilakukan karena ditakutkan buah iblis tersebut akan juga muncul dalam versi canon atau cerita utama One Piece.

Bisa Disempurnakan

Satu hal yang banyak dipahami dan diketahui para fans tentang buah iblis adalah, mereka akan langsung memberikan kekuatan kepada penggunanya. Memang hal ini tidak salah, karena pada kenyataanya buah iblis bisa langsung digunakan tanpa harus berlatih dahulu. Tapi, latihan juga tetap harus diperlukan dengan tujuan agar penggunanya bisa menguasai secara penuh.

Contohnya adalah Luffy yang butuh bertahun-tahun – bahkan puluhan tahun – untuk bisa menyempurnakan kemampuan Gomu Gomunya pada level yang luar biasa. Tidak sekedar hanya menjadi manusia karet biasa. Blackbeard ketika mendapatkan Gura Gura no Mi pun tidak langsung bisa mengendalikannya. Terbukti, jika dia tidak bisa mengendalikan kekuatan dahsyat tersebut maka bencana dan kehancuran yang justru akan datang.

Efeknya Bisa Diperkuat Oleh Obat Atau Stimulan

Mungkin tidak banyak yang tahu jika kemampuan buah iblis bisa ditingkatkan kekuatannya dengan mengkonsumsi obat atau stimulan. Contoh ini bisa dilihat dalam karakter Tony Tony Chopper. Seperti yang kita ketahui, Chopper merupakan pengguna buah iblis tipe Zoan. Tapi, dia bisa meningkatkan kekuatannya dengan cara mengkonsumsi “Rumble Ball.”

Meskipun pada akhirnya Chopper tiba pada satu titik dimana dia tidak lagi membutuhkan Rumble Ball untuk meningkatkan kekuatannya, namun fakta ini tetap menarik. Entah karena buah iblis Chopper yang kurang begitu kuat atau ada faktor lain, anehnya hal ini tidak dilakukan oleh pengguna buah iblis lainnya. Mungkin jika mereka mengetahuinya maka Luffy akan menghadapi kesulitan yang cukup merepotkan.

Ada Lebih Dari 100 Buah Iblis

Pada saat cerita One Piece dimulai, buah iblis dan kemampuannya menjadi sebuah hal yang langka. Kita hanya diperkenalkan dengan buah iblis Gomu Gomu dan juga kemampuan buah iblis milik Buggy. Seiring berjalannya waktu dan cerita, pengguna buah iblis semakin banyak diperkenalkan dalam cerita baik yang dikonsumsi oleh para villain maupun protagonis.

Dan selama lebih dari dua dekade One Piece, Eiichiro Oda setidaknya sudah memperkenalkan lebih dari 130 buah iblis yang canon untuk semua jenis. Jika ditambahkan dengan buah iblis non-canon, maka jumlahnya lebih dari 180. Angka ini tentunya sangatlah banyak, jika dilihat dari sisi kreativitas. Dan yang luar biasanya lagi adalah Oda Sensei bisa memberikan perbedaan kepada seluruh buah iblis tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.