Siapa yang tidak kenal dengan Kaido, sosok Yonko yang memiliki gelar makhluk paling kuat di seluruh dunia. Gelar tersebut bukan tanpa sebab. Kaido merupakan karakter yang hampir tidak bisa dilukai oleh siapapun. Tubuhnya benar-benar sangat kuat, dan hampir tidak ada yang bisa mengalahkan atau bahkan bisa melukai Kaido. Sampai saat ini masih belum diketahui dari mana asal kekuatan Kaido tersebut.

Meskipun begitu, bukan berarti Kaido 100% tidak bisa dilukai. Tentunya ada beberapa karakter yang bisa dan berpotensi untuk melukai atau bahkan sampai membunuh Kaido. Yang pasti mereka yang bisa melukai Kaido bukanlah sosok yang sembarangan, karena butuh usaha khusus untuk bisa melakukan itu. Lalu, siapa saja mereka? berikut adalah pembahasannya.

Kozuki Oden

Kozuki Oden merupakan sosok “protagonis utama” dalam arc Wanokuni. Dialah sosok pahlawan yang selama ini berusaha untuk melindungi Wano dari kejahatan Orochi dan juga Kaido. Dia bahkan rela melakukan apapun demi keselamatan masyarakat Wano. Namun, sayangnya Oden kemudian harus dieksekusi dengan cara ditembak di bagian kepalanya oleh Kaido.

Meskipun Oden sudah tewas, seperti yang kita ketahui, dia adalah orang pertama yang berhasil melukai Kaido dengan menggunakan pedang Enma dan Ame no Habakiri. Bekas lukanya sendiri masih ada di bagian perut bawah Kaido. Jika saja kaido tidak berbuat curang dan perhatian Oden tidak teralihkan, mungkin dia sudah berhasil mengalahkannya.

Red Scabbards

Red Scabbards merupakan para samurai yang menjadi bawahan atau anak buah dari Kozuki Oden. Red Scabbards sendiri berisi sembilan orang samurai dan ninja tangguh, dari seluruh Wano. Pada awalnya, Red Scabbards hanyalah orang biasa yang kemudian satu persatu direkrut oleh Oden, diberikan pelatihan, diberikan kehidupan yang layak, untuk kemudian mengabdi pada Oden.

Karena mereka adalah samurai dan ninja terkuat di Wano, tentunya kemampuan dan kekuatan mereka sangatlah luar biasa. Mereka mewarisi Ryuou atau advanced Armament Haki, yang menjadi sumber kekuatan para samurai dan ninja di Wano. Dengan kekuatan tersebut rasanya Red Scabbards memiliki potensi untuk bisa membunuh atau sekedar menembus kulit Kaido.

Zoro

Roronoa Zoro merupakan salah satu karakter yang digadang-gadang akan menjadi orang yang mengalahkan Kaido. Prediksi ini muncul setelah melihat bagaimana kemampuan berpedang Zoro yang sudah meningkat jauh sejak time-skip. Belum lagi, Zoro sekarang memiliki salah satu pedang milik Kozuki Oden, yaitu Enma, yang diberikan oleh Hiyori sebagai bagian dari barter dengan pedang Shushui.

Pedang Enma bukanlah pedang sembarangan, karena seperti yang dijelaskan oleh Tenguyama, pedang tersebut mampu menyerap Haki atau kekuatan dari penggunanya. Butuh usaha ekstra pada awalnya bagi Zoro untuk bisa mengendalikan Enma. Tapi, untuk sosok seperti Zoro rasanya adaptasi tersebut bisa dilakukan dalam waktu singkat. Bersama pedang Enma, Zoro akan bisa mengalahkan Kaido.

Luffy

Kaido dan Luffy pernah bertarung di awal arc Wanokuni. Dalam pertarungan tersebut diperlihatkan bahwa Kaido memang bukanlah level Luffy. Meskipun dia sudah menggunakan Gear 4, yang notabene adalah kemampuan terkuat Luffy, tapi hal itu nyatanya tidak bisa sekedar melukai Kaido. Sang Yonko bisa dengan mudah menahan serangan Luffy tersebut, dan justru Luffy yang kalah hanya dengan satu serangan Kaido.

Kekalahan itu tidak membuat Luffy patah semangat. Dia kemudian kembali berlatih dan mempelajari teknik advanced Armament Haki yaitu Ryuo. Haki level tinggi ini biasanya digunakan oleh para samurai Wano, dan Hyougoro menjadi pelatih bagi Luffy untuk mengadaptasi kekuatan tersebut. seperti yang dijelaskan, Ryuo mampu menghancurkan sebuah benda atau sesuatu dari dalam. Dengan menggunakan kekuatan ini, meskipun Kaido mengaktifkan Armament Haki miliknya dia tetap akan merasakan sakit. Bahkan mungkin Haki miliknya tidak akan berfungsi setelah terkena serangan Luffy.

Shanks

Shanks merupakan salah satu sosok karakter paling misterius dalam cerita One Piece. Meskipun dia diperkenalkan sejak awal seriesnya dimulai, tapi sampai sekarang tidak banyak informasi mengenai kekuatan dan karakternya yang bisa diketahui. Berdasarkan bagaimana Shanks bisa menahan serangan Sakazuki dengan mudah, bisa diartikan bahwa kekuatannya luar biasa dahsyat. Dengan menggunakan pedang Gryphoon miliknya, serta kedahsyatan Haki yang dia miliki, melukai tubuh Kaido sepertinya bukan hal yang sulit bagi Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.