Pada 2021 mendatang, MCU akan merilis film prekuel bagi seluruh film-film di MCU yaitu The Eternals. Filmnya sendiri berkisah tentang kelompok Eternals, yang merupakan salah satu hasil ciptaan Celestials, yang berusaha untuk menjadi pelindung bumi dari ancaman yang datang seperti dari ras Deviants. Yang menarik adalah setting waktu filmnya dikabarkan adalah 10.000 tahun sebelum masa sekarang.

Dengan setting waktu tersebut, banyak mitologi kuno Marvel yang bisa diperkenalkan. Misalnya, cerita tentang Atlantis yang kemudian bisa sekalian memperkenalkan Namor. Juga MCU bisa memperkenalkan karakter klasik Marvel lainnya yaitu Hercules. Sama halnya dengan Black Knight, Hercules juga memiliki koneksi dengan salah satu Eternals yaitu Gilgamesh.

Koneksi Hercules dan Eternals di Komik

Gilgamesh merupakan anggota Eternals yang memiliki kekuatan fisik paling kuat dan paling dahsyat. Dia memiliki banyak panggilan atau alias di Marvel Comics, contohnya adalah “Hero”, “The Forgotten One”, “Samson”, dan “Hercules.” Bahkan, nama “Gilgamesh” sendiri sebenarnya merupakan alias. Tidak diketahui siapa nama asli dari Gilgamesh. Dan menggunakan atau memiliki nama samaran merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh para Eternals di bumi.

Hal tersebut wajar, karena mereka sudah ada sejak puluhan ribu tahun yang lalu, menyatu dengan perkembangan sejarah dan budaya manusia. Mengingat kekuatan fisik Gilgamesh mirip dengan kekuatan fisik Thor, wajar jika kemudian orang-orang Eropa kuno salah kaprah bahwa Gilgamesh adalah Hercules. Pada era modern, kemudian Hercules dan Gilgame pun bertemu untuk pertama kalinya.

Dalam pertemuan tersebut, terungkap bahwa ada momen ketika Gllgamesh melakukan sesuatu maka orang-orang menganggap bahwa itu adalah perbuatan dari Hercules. Begitu pula sebaliknya. Hercules dan Gilgamesh bukanlah satu-satunya contoh dimana Marvel Comics mencoba untuk mengaitkan karakter mereka dengan para dewa-dewa Yunani. Dalam salah satu cerita, orang-orang Yunani kuno percaya bahwa para Eternals merupakan dewa-dewa mereka.

Hal ini memang bukan tanpa sebab. Selain para karakternya, ada elemen lain juga yang saling berkaitan. Misalnya markas Eternals bumi berada di sebuah tempat bernama Olympia, yang terletak di dekat gunung Olympus. Gunung Olympus sendiri merupakan “rumah” bagi berbagai dewa-dewa Yunani kuno. Eternals juga memang memiliki kesamaan dalam nama mereka, misalnya Zuras dan Zeus, Thena dan Athena, dan Ikaris dengan Icarus. Zeus dan Zuras bahkan sempat menjalin kerja sama, dimana para Eternals menjadi “perwakilan” mereka di bumi.

Bagaimana Hercules Bisa Diperkenalkan di MCU

Film Eternals bisa menjadi jalan bagi Marvel untuk memperkenalkan para dewa-dewa kuno Yunani, bahwa mereka memang ada di MCU. Tidak harus muncul dalam bentuk fisik, atau sebagai cameo. Dengan mereferensikan namanya saja rasanya sudah cukup. Dengan berbagai kesamaan, bisa saja Marvel menjelaskan bahwa para dewa-dewa Yunani yang dipercaya masyarakat sebenarnya terinspirasi dari para Eternals.

Jalan lainnya adalah dengan menyebutkan bahwa Eternals bukanlah bagian dari dewa-dewa Yunani kuno. Mereka merupakan ras yang berbeda dengan para dewa tersebut. Untuk Hercules, Marvel mungkin bisa mengkaitkan cerita orisinalnya dengan sosok Gilgamesh. Karena tidak mungkin untuk menghadirkan cerita tentang apa saja yang dilakukan oleh Eternals dalam sejarah manusia, melalui narasi atau percakapan maka para penonton bisa diberi tahu bahwa Eternals memiliki koneksi dengan berbagai mitologi, sejarah, dan lainnya.

Meskipun hal ini terkesan seolah-olah Marvel memaksa para penonton untuk percaya bahwa Gilgamesh adalah Hercules, tapi sebenarnya hal ini dilakukan untuk memberikan penjelasan bahwa Gilgamesh dan Hercules berbeda dan selama ini orang-orang kuno salah mengartikannya. Hercules dan Gilgamesh merupakan dua pribadi yang berbeda, dan sosok Hercules yang asli ada di suatu tempat.

Hercules Bagi Masa Depan MCU

Lalu, apa artinya kemunculan Hercules di MCU jika Marvel kemudian benar mereferensikan Hercules di film Eternals? Marvel kemudian kemudian bisa menghadirkan Hercules di film Thor: Love and Thunder. Sosok Hercules versi Marvel ini rasanya cocok untuk digarap oleh Taika Waititi. Kerja sama antara Thor dan Hercules juga akan menjadi sebuah cerita menarik dari filmnya, dan akan menambah kekayaan informasi tentang dewa Yunani kuno di MCU.

Jika hal di atas tidak memungkinkan untuk dilakukan, setidaknya Marvel sudah membangun cerita karakter Hercules dengan menyebutkan bahwa dia eksis atau ada di MCU. Dan di masa yang akan datang Marvel mungkin akan mulai memikirkan rencana untuk benar-benar menghadirkan Hercules, misalnya di film Avengers 5 atau Eternals 2.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.