Terakhir kali Fantastic Four muncul di layar lebar adalah pada 2015 lalu, dalam sebuah proyek reboot yang bisa dibilang sangat mengecewakan hasilnya. Namun, berutung, dengan adanya merger Disney/Fox, nasib dari Fantastic Four setidaknya kini ada di tangan yang benar dengan kesempatan mereka untuk muncul di MCU. Dan para fans pun sudah tidak sabar untuk segera menantikan penampilan mereka bersama karakter MCU lainnya.

Sayangnya, meskipun Fantastic Four kini sudah menjadi bagian dari MCU masih belum diketahui kapan mereka akan muncul. Tentunya banyak yang berharap bahwa mereka bisa muncul dalam waktu dekat ini – sekitar 1-2 tahun kedepan. Berbicara mengenai kemunculan Fantastic Four di MCU, para fans mulai menerka-nerka bagaimana caranya mereka bisa diperkenalkan ke MCU. Berikut adalah beberapa cara Fantastic Four muncul di MCU.

Kembali ke Era 1960an

Menghadirkan sebuah setting di masa lalu tentunya bukan hal yang aneh bagi MCU. Sebelumnya, Captain Marvel sendiri bersetting di era tahun 1990an, atau dalam film Captain America: The First Avengers yang bersetting pada perang dunia kedua. MCU bisa saja memperkenalkan tim Fantastic Four dengan setting 1960an, lengkap dengan kostum berwarna biru yang menjadi ciri khas mereka.

Bagaimana dengan lawan yang mereka hadapi? Bisa saja musuh yang mereka hadapi pertama adalah Mole Man atau Annihilus. Hal menariknya juga adalah MCU bisa menggunakan setting di era 60an ini sebagai setting cerita untuk masa yang akan datang, seperti cerita Thanos yang dibangun sejak beberapa tahun sebelumnya. Dan untuk kasus ini, mungkin sosok villainnya juga jauh lebih besar misalnya adalah Galactus.

Badai Kosmik = Decimation

Seperti yang kita ketahui, cerita Fantastic Four sendiri bermula saat tim eksplorasi luar angkasa terjebak dalam sebuah peristiwa mengerikan yaitu badai kosmik. Karena tidak bisa dihindari, akhirnya mereka mau tidak mau harus terpapar radiasi tinggi dari badai kosmik tersebut yang justru memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka. Tapi, MCU bisa saja merubah dan membuat versi mereka sendiri.

Contohnya adalah perubahan penyebab awal mula tim FF. Jika sebelumnya badai kosmik, maka untuk versi MCU adalah anomali radiasi kosmik yang dihasilkan dari Decimation yang dilakukan Thanos oleh Infinity Gauntlet. Sebenarnya, para fans sendiri ada yang memilih ide ini karena lebih masuk akal dan relevan dengan apa yang sudah terjadi di MCU sebelumnya. Tapi, tentunya nanti perlu Marvel jelaskan tentang apa yang sedang mereka lakukan di luar angkasa.

Doctor Doom Muncul di Black Panther 2

Black Panther merupakan salah satu bukti pencapaian dari MCU, dimana film ini banyak meraih penghargaan dan pujian dari berbagai pihak. Tapi, di sisi lain, memang film ini memberikan sesuatu yang luar biasa terutama yang berkaitan dengan mitologi Black Panther. Kesuksesan yang diraih filmnya membuat Kevin Feige tidak perlu waktu lama untuk memberikan lampu hijau dalam proyek film sekuelnya.

Jika Killmonger yang menjadi villain di film pertama, Doctor Doom bisa menjadi villain di film kedua. Dan inilah yang banyak juga dinantikan dan diinginkan oleh para fans. Dalam cerita komiknya pun ada cerita dimana T’Challa bertarung melawan Doctor Doom, dan mungkin MCU juga bisa sekaligus memperkenalkan Namor dalam filmnya. Pertarungan Namor dan Black Panther melawan Doctor Doom tentunya akan sangat menarik.

Tidak Memperlihatkan Cerita Origin

Sudah ada dua film yang menghadirkan sosok Fantastic Four, dan juga film-film tersebut sama-sama menghadirkan cerita origin dari Fantastic Four. Sama halnya dengan peristiwa kematian paman Ben, MCU bisa saja melewati fase ini dan langsung fokus pada hal lain. MCU melakukan hal ini kepada Spider-Man, dimana dia langsung muncul dan langsung ikut terlibat dalam perang besar di MCU. Dalam film solonya pun tidak ada lagi cerita origin.

Meskipun sangat beresiko – karena Fantastic Four dan Spider-Man berbeda popularitasnya – hal ini bisa saja kembali dilakukan kepada tim Fantastic Four. Mungkin kita bisa langsung fokus pada masalah yang mereka hadapi, dan bagaimana mereka berjuang untuk menyelesaikannya. MCU bisa saja menjelaskan bahwa mereka memang sudah menjadi salah satu tim yang eksis dan orang-orang di universe tersebut mengetahui sosok mereka.

Muncul di Spider-Man 3

Spidey bukanlah sosok yang asing bagi tim Fantastic Four. Dalam cerita komiknya, Peter dan Human Torch merupakan sahabat dekat. Mereka sering saling bantu, misalnya ketika kostum Spider-Man rusak. Jhonny membawa Peter ke lab Fantastic Four untuk meminjamkan kostumnya, dan bahkan tim ini pernah membuatkan kostum untuk Spidey. Peter juga sempat ingin bergabung dalam tim ini meskipun kemudian ditolak.

Namun, dalam cerita lainnya, Spidey merupakan “anggota cadangan” dari tim FF. Dan hal ini bisa saja dimanfaatkan oleh Marvel Studios untuk memperkenalkan FF di film Spider-Man 3. Tidak harus tampil dengan porsi peran yang besar, bisa saja mereka muncul sebagai cameo. Misalnya Johnny yang membantu Peter untuk bersembunyi dan menjelaskan semua yang terjadi. Bukan tidak mungkin juga kerja sama antara Human Torch dan Spidey akan terjadi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.