Umumnya seorang pahlawan dan karakter protagonis dalam sebuah cerita, Naruto memulai semuanya dari awal sebelum menjadi sosok yang hebat seperti sekarang. Semuanya berawal dari satu jutsu untuk kemudian Naruto menguasai berbagai macam jutsu. Dan jutsu tersebut membuatnya menjadi kuat, berkembang seperti sekarang ini. Jutsu yang dipelajari Naruto dimulai dari yang sederhana, sampai yang paling sulit dan langka.

Menjadi salah satu kekuatan terbesar Konoha, tentunya Naruto memiliki “persediaan” jutsu yang banyak, untuk menghadapi berbagai musuh yang berbahaya. Tapi, dengan musuh yang semakin kuat ada beberapa jutsu lama yang sudah tidak lagi atau jarang digunakan oleh Naruto. Apa saja? berikut ada pembahasannya.

Jutsu Transformasi

Jutsu transformasi merupakan satu-satunya Ninjutsu dari series Naruto yang diadaptasi dari teknik yang dilakukan oleh ninja di dunia nyata. Ini merupakan salah satu teknik dasar yang harus bisa dicapai oleh seorang shinobi. Pengguna jutsu ini harus paham transformasi apa yang akan dia lakukan atau dia akan berubah menjadi siapa, sebelum melakukan teknik ini.

Karena merupakan salah satu teknik yang sulit, Naruto menghadapi masalah di awal dia mempelajari teknik ini. Tapi, pada akhirnya teknik ini menjadi salah satu teknik yang bisa diandalkan oleh Naruto ketika dia bertarung bersama rekan-rekannya. Sayangnya, teknik ini sudah mulai jarang diperlihatkan lagi oleh Naruto.

Sexy Jutsu

Meskipun Naruto mengalami kesulitan untuk melakukan jutsu transformasi pada umumnya, tapi lain halnya dengan jutsu transformasi yang satu ini. Disebut sebagai Sexy Jutsu, teknik ini merupakan salah satu teknik “klasik” Naruto saat ini mencoba untuk menggoda atau menjahili orang lain, misalnya guru Iruka. Teknik ini juga yang membuat Naruto lolos untuk masuk akademi ninja Konoha.

Sexy jutsu ini merupakan teknik yang mudah. Naruto hanya perlu berubah menjadi sosok pria atau wanita yang memiliki daya tarik tinggi terhadap lawannya. Uniknya, meskipun teknik ini awalnya hanya digunakan untuk jahil, tapi saat melawan Kaguya Otsutsuki teknik ini terbukti ampuh untuk mengalihkan perhatian. Dan para shinobi lain pun memiliki kesempatan untuk menyerang.

Jutsu Pemanggil

Jutsu ini membuat penggunanya bisa memindahkan objek apapun ke posisi mereka atau membuat sebuah kontrak darah dengan spesies spesifik dari binatang, yang akan membantu mereka dalam pertempuran. Semakin besar dan banyak chakra yang dialirkan pada saat teknik ini dipraktikan, maka semakin besar juga objek dan binatang yang akan muncul.

Seorang shinobi biasanya “harus” melakukan hal ini, misalnya Naruto dengan para pasukan katak di gunung Myouboku. Mereka bukanlah katak biasa, melainkan katak ninja yang memiliki berbagai kemampuan dan kekuatan. Namun, teknik ini sudah mulai jarang digunakan karena Naruto lebih sering menggunakan teknik yang lebih efektif lainnya.

Transformasi Alam

Setiap orang dalam cerita Naruto lahir dengan kemampuan atau memiliki keterikatan dengan satu elemen tertentu. Dengan menambahkan ikatan tersebut dan mengubah bentuk chakra yang mereka miliki, maka hasilnya seorang shinobi akan bisa mempraktikan sebuah ninjutsu elemental.

Di akhir seriesnya, kita melihat bagaimana Kurama memberikan Naruto kekuatan chakranya, dan masing-masing chakra tersebut memiliki chakra alam. Karena hal inilah, dia mampu mempraktikan berbagai jurus dan teknik hebat seperti Rasenshuriken, yang merupakan teknik Rasengan dengan membentuknya menjadi seperti shuriken.

Bijuu Chakra Mode

Kemampuan ini bekerja dalam dua level berbeda. Pada level pertama, Naruto bisa melindungi dirinya dengan chakra dari Kurama baik dilakukan dengan sadar ataupun aktif ketika Naruto marah. Seperti yang diperlihatkan di awal seriesnya, chakra tersebut akan melindungi tubuh Naruto dan ekor pun akan muncul.

Level kedua mengharuskan Naruto bekerja sama dengan Kurama yang ada di dalam dirinya, atau mengambil alih chakra Kurama dan kemudian menggunakannya. Berbeda dengan level pertama, di level kedua ini Naruto akan dilindungi oleh api berwarna emas. Ketika aktif, Naruto akan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat juga chakra yang tidak ada habisnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.