Monkey D. Luffy merupakan karakter protagonis utama dalam seri One Piece. Luffy memiliki cita-cita untuk menjadi seorang raja bajak laut. Oleh karena itulah, dia kemudian mewujudkannya dengan berpetualang sejak usianya masih muda. Tapi, tentunya jalan yang dihadapi oleh Luffy dalam petualangannya tidaklah mudah, karena ada banyak sekali halangan dan rintangan yang harus dihadapi.

Beberapa contoh diantaranya adalah monster laut yang ganas, atau bajak laut yang jauh lebih kuat dari Luffy. Oleh karena itulah, kekuatan Luffy harus terus meningkat agar bisa menghadapi ancaman yang jauh lebih kuat di masa yang akan datang. Selama lebih dari dua dekade ini, peningkatan kekuatan Luffy sangat luar biasa terutama pasca time-skip.

Dalam setiap pertarungan yang Luffy alami, dia selalu mampu meningkatkan kekuatannya ke level yang lebih tinggi. Contohnya adalah ketika dia berhasil membangkitkan Haki pengamatan yang jauh lebih advanced saat melawan Katakuri. Dalam arc Whole cake Island, Luffy harus menghadapi salah satu musuh terkuat yang pernah dia hadapi yaitu Charlotte Katakuri.

Katakuri memiliki kemampuan untuk melihat ke masa depan, sehingga dia bisa menghindari gerakan yang akan dilakukan musuhnya. Luffy, pada awalnya tidak memiliki ini, sampai pada titik stress dimana akhirnya Luffy berhasil mengakses kemampuan yang sama dengan katakuri tersebut. Meskipun secara teknis Luffy kalah, tapi kemampuan ini membuat kemampuan Luffy naik beberapa level.

Kemudian yang paling baru adalah bagaimana Luffy mempelajari level tertinggi dari Armament Haki, yang diajarkan oleh Hyougoro. Dengan menggunakan kekuatan ini, Luffy mampu merusak apapun dari bagian dalam. Teknik ini digunakan ketika Rayleigh melepaskan borgol peledak Camie, dan juga digunakan oleh Luffy ketika melepaskan borgol Yamato.

Pertanyaannya kemudian apakah ini menjadi puncak kekuatan Luffy? Besar kemungkinan bahwa jawaban dari pertanyaan itu adalah belum. Luffy belum pada puncak performanya, tapi dia mulai menuju kesana. Pihak editor One Piece sendiri sudah mulai menghadirkan hype akhir cerita dari One Piece, dan meminta para fans untuk membaca kembali berbagai cerita lama one Piece untuk mempersiapkan diri menghadapi cerita terakhir.

Eiichiro Oda sendiri pernah mengatakan bahwa arc Wanokuni sudah mencapai sekitar 60%-80% dari keseluruhan cerita. Dan kemungkinan One Piece akan segera tamat dalam waktu lima tahun kedepan. Meskipun salah satu editor One Piece sempat menyanggah hal ini, tapi dengan hype yang sudah dibangun tentang akhir cerita rasanya lima tahun merupakan waktu yang tepat.

Lalu, kapan Luffy akan menghadapi puncak kekuatannya? Menurut banyak prediksi, cerita dari arc Wanokuni kemungkinan baru akan selesai pada akhir 2020 atau awal 2021 mendatang. Dan setelah arc ini, bisa dipastikan Luffy akan kembali mengalami peningkatan kekuatan yang sangat dahsyat. Karena, musuh yang dihadapi bukanlah sosok sembarangan, melainkan Kaido.

Jika prediksi mengenai kapan arc Wanokuni selesai, dan prediksi mengenai cerita One Piece yang akan berakhir pada 2025-2026 benar adanya, maka kemungkinan puncak kemampuan Luffy akan muncul dalam 1-3 tahun mendatang. Puncak kekuatan dari Haki Luffy ini akan sangat berguna tentunya untuk melawan siapapun musuh terakhir yang dia hadapi.

Banyak prediksi yang menyebutkan bahwa Luffy akan menghadapi Blackbeard di Laugh Tale, demi memperebutkan titel raja bajak laut. Ada juga yang berpendapat bahwa Luffy akan menghadapi Shanks, yang sudah berjanji pada awal cerita akan kembali bertemu ketika dia sudah kuat. Dan yang terakhir adalah prediksi bahwa Luffy akan menghadapi seluruh pasukan angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Setelah mereka kalah, penduduk di seluruh dunia akan mengetahui apa rahasia terbesar yang mereka tidak ketahui selama ini. Kita nantikan saja ya Geeks perkembangan kekuatan Luffy di chapter-chapter selanjutnya!