Buah iblis meurpakan salah satu elemen penting dalam cerita One Piece. Bahkan, keberadaan buah iblis sudah diperkenalkan sejak awal cerita, dimana ketika itu Shanks memperkenalkan buah Gomu Gomu kepada Luffy. Buah iblis sendiri sering kali disebut “harta karun lautan” dan buah iblis tersebut memberikan kekuatan yang sangat luar biasa kepada mereka yang mengkonsumsinya.

Tapi, tentunya ada “harga” yang harus dibayar untuk hal ini yaitu pengguna buah iblis tidak bisa berenang. Meskipun tidak semua kekuatan buah iblis sempurna atau luar biasa dahsyat, yang pasti buah iblis memberikan kemampuan lebih kepada mereka yang mengkonsumsinya. Terkadang juga buah iblis mampu mengungguli kemampuan Haki. Mengapa begitu? Berikut adalah pembahasannya.

Jenisnya Lebih Banyak

Seperti yang disebutkan di atas, buah iblis memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang mengkonsumsinya. Dan di dunia One Piece ada puluhan dan mungkin ratusan buah iblis yang tersebar, baik yang memiliki nama ataupun yang tidak memiliki nama. Wilayah Grand Line menjadi wilayah yang paling banyak pemilik kemampuan buah iblis, hampir setiap bajak laut memiliki kekuatan buah iblis.

Dengan model yang bermacam-macam, juga efek dan hasil yang diberikan pun bermacam-macam, menjadi salah satu kelebihan dari buah iblis. Masing-masing dari mereka unik dengan cara mereka sendiri. Mulai dari bisa menciptakan getaran, membuat semua benda terbang, menghasilkan meteor, membuat anggota tubuh memanjang, buah iblis memiliki semua kemampuan ini.

Tidak Perlu Berlatih Lama

Sebenarnya, bukan berarti setelah kita memiliki kemampuan buah iblis kita tidak perlu berlatih. Mereka yang mengkonsumsi buah iblis tetap harus berlatih, setidaknya menyesuaikan dirinya dengan kekuatan tersebut (meskipun ada juga yang langsung bisa menguasainya). Tapi, yang menjadi catatan adalah waktu untuk penyesuaian kekuatan tersebut lebih singkat dibandingkan mereka yang berlatih Haki.

Contoh pertama adalah Kaku dan Kalifa dari CP9, yang bisa langsung menguasai dan mengendalikan kekuatan mereka setelah memakan buah iblis. Tapi, untuk Luffy, kemampuan Gomu Gomu miliknya perlu dilatih secara baik agar bisa dilakukan secara efektif. Ada beberapa hal juga yang tidak perlu latihan keras, seperti saat menahan peluru yang menembak ke arahnya.

Kemampuannya Beragam

Hal unik lainnya tentang keberagaman buah iblis adalah kemampuan yang mereka miliki. Meskipun elemennya sama, tapi mereka memiliki kemampuan yang berbeda. Contohnya adalah Magu Magu no Mi dan Mera Mera no Mi. Meskipun sama-sama api, tapi kemampuan magma Sakazuki jauh lebih dahsyat. Perbedaan kemampuan antara satu dan yang lain inilah yang menjadikan buah iblis menarik.

Selain itu, buah iblis juga terbagi menjadi tiga model Zoan, Logia, dan Paramecia. Masing-masing memiliki kelebihan dan keunikan. Misalnya untuk tipe Logia, orang yang mengkonsumsi buahnya bisa berubah menjadi apa yang mereka makan (misalnya Doku Doku no Mi). Untuk Zoan, orang yang mengkonsumsinya bisa berubah menjadi makhluk yang mereka konsumsi (misalnya Tori Tori no Mi). Sedangkan untuk Paramecia, pengguna bisa menghasilkan sesuatu dari tubuhnya (misalnya Gura Gura no M).

Kekuatan yang Unik

Buah iblis merupakan sebuah sistem kekuatan yang unik yang membuat pertarungan dalam cerita One Piece berbeda dengan seri anime atau manga bergenre Shonen lainnya. kekuatan dari buah iblis tersebut sangat beragam, mulai dari bisa menghancurkan dunia sampai buah iblis yang sama sekali tidak bisa memberikan kemampuan apapun kepada mereka yang memakannya.

Bahkan, karakter yang dianggap lemah sekalipun bisa mengalahkan sosok yang sangat kuat jika mereka memiliki kemampuan dan kekuatan yang tepat. Contoh nyatanya adalah ketika Luffy berhasil melawan God Enel, berkat Gomu Gomu miliknya dia bisa tahan terhadap serangan listrik Enel.

Awakening

Kemampuan yang dimiliki oleh buah iblis memang ada batasnya. Ada satu titik dimana pengguna buah iblis tidak bisa melampaui hal tersebut. Tapi, dalam beberapa kasus, kemampuan buah iblis bisa mengalami awakening atau kebangkitan dan ketika hal itu terjadi, kekuatan yang dihasilkan akan jauh lebih dahsyat dari apa yang sebelumnya sudah diperlihatkan. Dan hal ini juga membuka berbagai hal yang sebelumnya mustahil untuk dilakukan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.