Anime merupakan sebuah genre yang penuh dengan hal-hal unik dan menarik, yang sangat jarang ditampilkan oleh seri serupa produksi Hollywood atau barat. Mulai dari aksi yang penuh ketegangan sampai dengan adegan yang memicu adrenalin, anime mampu memberikan banyak memori kepada para penggemarnya. Tapi, tentunya tidak ada yang lebih menyakitkan dan mengejutkan ketika ada sebuah karakter yang mereka sukai mengkhianati semua orang.

Pengkhianatan sebenarnya bukan sebuah hal baru dan mengejutkan, tapi dengan kemunculannya yang tiba-tiba membuat pengkhianatan tersebut terasa begitu dahsyat. Berikut adalah berbagai cerita pengkhianatan mengejutkan dalam seri anime.

Sibyl Sistem dan Joshu Kasei – Psycho Pass

Psyscho Pass merupakan sebuah seri anime bergenre drama kriminal yang cukup populer belakangan ini. Dengan setting waktu di masa depan, pihak kepolisian Jepang menerapkan sebuah teknologi canggih bernama Sibyl System. Sistem ini mampu mengawasi setiap niatan orang, dengan cara memeriksa gelombang otak mereka. Sehingga, sebuah kejahatan bisa dicegah sedini mungkin.

Yang luar biasanya juga adalah sistem ini bisa memutuskan apakah polisi bisa menggunakan peluru tajam atau menggunakan peralatan lainnya dalam membasmi kejahatan. Tapi, fakta kemudian terungkap bahwa Sibyl System sebenarnya bukanlah kecerdasan buatan melainkan kecerdasan yang dibangun dari 200 otak kriminal berbahaya di Jepang. Joshu Kashei  sendiri berusaha untuk melindungi fakta ini dengan membunuh Shusei Kagari.

Renzo Shima – Blue Exorcist

Dunia dalam cerita Blue Exorcist benar-benar dipenuhi oleh iblis yang bergentayangan. Selain itu, biksu yang jahat dan berbagai hal mengerikan lainnya juga ada dalam cerita ini. Yang unik juga adalah mereka memiliki sebuah organisasai rahasia yang disebut sebagai Illuminati. Organisasi rahasia tersebut pimpin oleh Lucifer. Layaknya Hydra yang menyamar dan menyusup di organisasi SHIELD, Illuminati pun memiliki banyak mata-mata yang menyamar termasuk Renzo Shima.

Shima diperkenalkan sebagai sosok karakter pembantu (side character) yang cukup banyak memiliki peran penting. Dengan karakternya yang penuh komedi dan selalu dikelilingi oleh wanita, siapa sangka jika dia adalah mata-mata bagi Illuminati. Menurutnya, dia sudah menjadi mata-mata sejak awal. Dia hanya bergabung ke akademi, tempat para excorcist berlatih, hanya untuk menangkap Kamiki Izumo. Izumo memiliki kemampuan dahsyat yang mampu untuk menciptakan sesuatu bernama “the perfect elixir.”

Satsuki Kiryuin – Kill La Kill

Satsuki Kiryuin diperkenalkan dalam seri anime ini sebagai antagonis utama bagi Ryuko Matoi. Dia selalu mengirimkan pasukannya untuk membuat Ryuko dan yang lainnya kalah. Tapi, sebenarnya ada hal luar biasa dibalik itu semua. Satsuki ternyata bekerja untuk ibunya yang menjadi pemimpin dunia dalam industri pakaian. Perusahaan ibunya memonopoli bisnis ini.

Dengan serangan yang dilakukan Satsuki, ibunya berharap orang-orang akan mau menggunakan pakaian yang terbuat dari DNA alien, yang akan membuat mereka menjadi makhluk mengerikan. Satsuki dan ibunya hampir berhasil menjalankan rencana besar ini, sampai kemudian Satsuki justru mengkhianati ibunya. Dia berusaha mengentikan ibunya untuk menghancurkan dunia. Yang menarik lagi adalah fakta bahwa Satsuki dan Ryuko sebenarnya adalah saudara.

Sasuke – Naruto

Buat sebagian besar Geeks, apa yang dilakukan oleh Sasuke dahulu terhadap Naruto dan Konoha mungkin dianggap sebagai sesuatu yang lumrah dan biasa. Tapi, dulu, ketika cerita mengenai Sasuke pertama kali diperkenalkan hal ini tentu menjadi sesuatu yang mengejutkan. Sasuke merupakan anggota klan Uchiha yang selamat dari pembantaian yang dilakukan kakaknya, Itachi.

Motivasi terbesar dalam hidupnya adalah menjadi kuat, agar dia bisa membalas dendam kepada kakaknya. Meskipun Sasuke memiliki keinginan untuk menjadi teman dekat Naruto, tapi fakta mengejutkan kemudian terungkap bahwa hal itu semata-mata dilakukan hanya untuk mendapatkan Mangekyou Sharingan. Sasuke kemudian memutuskan untuk pergi dari Konoha dan bergabung dengan Orochimaru. Di series Naruto Shippuden, Sasuke bahkan sempat menjadi karakter antagonis utama bagi Naruto.

Canute – Vinland Saga

Vinland Saga merupakan salah satu seri anime yang banyak mendapatkan pujian, berkat kualitas cerita yang menarik. Bahkan, seri ini disejajarkan dengan seri luar biasa lainnya seperti Berserk. Dalam cerita akhir di musim pertama, semua hal sepertinya terlihat baik-baik saja bagi para “pahlawan” dalam cerita.

Sang karakter utama, Thorfinn, bertemu dengan teman lama ayahnya Lief Erikson. Akeladd, ayah angkat Thorfinn, akan mendapatkan kekuasaan lebih dan melanjutkan rencana besarnya setelah dia membantu melindungi anak dari raja Denmark, Canute. Raja denmark kemudian menghancurkan semuanya dengan menghina memori dari ibu Askeladd, membuat Askeladd akhirnya “terpaksa” membunuh sang raja di depan mata anaknya sendiri.

Pertarungan kemudian berhasil dimenangkan oleh Askeladd, sampai kemudian tiba-tiba Canute menghujamkan pedangnya ke tubuh Askeladd. Hal ini menjadi kejutan besar bahwa Canute diketahui memiliki kedekatan dengan Askeladd dan Thorfinn. Tapi, hal ini memastikan Canute menjadi pewaris tahta selanjutnya dan juga menjadi sosok anak yang membalas dendam atas kematian sang raja dan ayahnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2