Series orisinal produksi Netflix, The Umbrella Academy, kembali untuk musim kedua pada 31 Juli kemarin. Namun, di musim kedua ini tema yang diangkat bukan lagi tentang siapa pembunuh “ayah” mereka yaitu Sir Reginald Hargreeves, melainkan tentang bagaimana hubungan keluarga mereka. Selain itu, mereka juga harus kembali menghentikan kiamat yang mengancam.

Setting waktu di musim kedua sendiri adalah pada 1963, 10 hari menjelang kematian presiden Amerika, John F. Kennedy. Dan uniknya, masing-masing mereka terlempar ke tempat yang sama dengan jarak waktu 1 tahun. Seperti biasa, ada banyak hal yang kemudian menjadi pertanyaan besar, yang sayangnya belum terjawab. Apa saja? simak pembahasannya.

Apakah Umbrella Academy Kembali Menciptakan Sebuah Timeline Baru?

Di akhir cerita musim kedua, para penonton dibuat percaya bahwa koper pemberian the Comission berhasil membawa mereka ke tahun 2019. Dan yang lebih baik lagi, mereka berada di satu hari setelah kiamat 2019 terjadi. Tapi, semuanya kemudian berubah 180 derajat ketika Reginald Hargreeves tidak mengenali Umbrella Academy, dan parahnya lagi bangunan tersebut bukanlah rumah bagi Umbrella Academy melainkan Sparrow Academy.

Pertanyaannya kemudian bagaimana mungkin mereka berada di timeline yang salah? Bagaimana mereka bisa menciptakan sebuah timeline yang baru? Kalimat pertama yang Reginald ucapkan saat pertama kali bertemu dengan Umbrella Academy adalah “I knew you’d show up eventually (aku tahu kalian akan muncul pada akhirnya).” Bisa jadi hal ini ada kaitannya dengan apa yang terjadi 1963, dalam upaya mereka menghentikan Reginald untuk membunuh JFK.

Selain itu, mereka juga mengingatkan berbagai hal mengerikan yang akan terjadi di masa depan. Dan besar kemungkinan akibat mereka melakukan hal itu, secara tidak disadari mereka sudah membangun sebuah timeline baru. Jika mereka tidak menemui atau bertemu dengan Reginald, dia mungkin tidak akan tahu apa yang akan terjadi 36 tahun kemudian dalam hidupnya. Dan oleh sebab itu dia kemudian menghindari untuk mengadopsi para anak-anak Umbrella Academy.

Siapa dan Apa Sparrow Academy

Seperti yang dijelaskan di atas, setelah Umbrella Academy kembali rumah tersebut nyatanya bukan lagi milik mereka melainkan milik Sparrow Academy. Tapi, apa sebenarnya Sparrow Academy? Siapa sebenarnya mereka dan apa kekuatan mereka? Sayangnya, karena Sparrow Academy baru diperkenalkan beberapa saat sebelum musim kedua berakhir, tidak banyak yang bisa diketahui tentang akademi tersebut.

Komik Umbrella Academy juga tidak bisa memberikan hal jelas mengenai hal ini. Dan ternyata menurut sang kreator, Steve Blackman, Sparrow Academy memang merupakan sebuah tim pahlawan baru. hal ini diketahui dalam wawancaranya dengan Inverse, yang menyebutkan bahwa “mereka bukanlah karakter (dari komik) kami. Mereka adalah orang-orang yang berbeda.

Menurut Robert Sheehan, pemeran Klaus, saat berbicara kepada Collider berpendapat bahwa Sparrow academy merupakan versi terbaru dari Umbrella Academy. Jadi, bisa disimpulkan bahwa mereka adalah kelompok baru, ditambah karakter lama yaitu Ben. Besar kemungkinan Ben menjadi bagian dari Sparrow Academy adalah karena pada 1983 mereka belum pernah bertemu. Jadi, Reginald memutuskan untuk mengadopsinya.

Cahaya Apa Yang Muncul Diantara Sparrow Academy?

Jika Geeks perhatian, ada sebuah cahaya yang sangat terang muncul di tengah-tengah Sparrow Academy, membuat wajah mereka menjadi gelap dan tidak terlihat. Namun, masih menjadi sebuah misteri besar apa sebenarnya cahaya kotak hijau mengambang tersebut. Apakah cahaya tersebut mirip seperti Grace atau Pogo di Umbrella Academy? Atau cahaya itu merupakan bagian dari Sparrow Academy?

Karena hanya tampil sebentar saja, rasanya Netflix perlu membahas mengenai hal ini di musim ketiga nanti. Menurut beberapa cast seriesnya, Aidan Gallagher dan David Castaneda, dalam wawancara dengan Collider, cahaya itu akan menjadi bagian dari cerita. Menurut Gallagher, dia memiliki teori bahwa cahaya kota berwarna hijau tersebut bernama Rubiks. Dan akan memiliki peran yang cukup signifikan.

Di sisi lain, Castaneda juga memberikan pendapatkan mengenai hal ini. Menurutnya, saat dia membaca skrip untuk episode 10 dia memiliki dugaan bahwa kotak tersebut tidak akan muncul di draft terakhir, tapi di sisi lain dia berharap bahwa kotak tersebut bisa muncul. Mengingat Umbrella Academy dipenuhi oleh hal yang unik, kotak berwarna hijau bercahaya menjadi bagian dari Sparrow Academy rasanya bukan hal yang mustahil.

Bagaimana Nasib 35 Anak yang Berkekuatan Super?

Ini merupakan pertanyaan yang sejak lama muncul di benak para fans. Banyak yang sempat berharap bahwa pertanyaan ini akan dijelaskan di musim kedua, tapi nyatanya tidak. Seperti yang kita ketahui, pada 1989 ada sekitar 43 anak yang lahir secara bersamaan di seluruh dunia. Namun, hanya ada tujuh orang yang kemudian diadopsi oleh Reginald. Sementara yang lainnya masih misterius.

Di akhir musim kedua kemudian kita mengetahui bahwa The Handler mengetahui hal ini, dan mencari keberadaan mereka. Dia sempat menemukan satu orang, Lila. Pertanyaannya sendiri tetap sama, bagaimana dengan 35 anak lainnya? Apakah mereka masih hidup? Apakah mereka bisa atau memiliki kekuatan super? Apakah Sparrow Academy merupakan bagian dari 43 anak yang lahir pada 1989? Begitu banyak pertanyaan mengenai hal ini untuk bisa terjawab di musim ketiga nanti.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2