Seperti yang diketahui, ada tiga jenis buah iblis yang ada dalam cerita One Piece, yaitu Paramecia, Zoan, dan Logia. Tapi, diantara dua buah iblis lainnya, Paramecia merupakan buah iblis yang paling sering muncul dalam ceritanya. Banyak yang kemudian membandingkan buah iblis berjenis Paramecia dengan Zoan, untuk menetukan yang terbaik. Di satu sisi, Zoan mungkin yang terbaik, tapi di sisi lainnya Paramecia yang terbaik. Dan berikut adalah beberapa alasannya.

Memiliki Gaya Bertarung Yang Beragam

Buah iblis berjenis paramecia membuat penggunanya memiliki gaya bertarung yang berbeda-beda, tergantung dari buah apa dan kekuatan apa yang dikonsumsi oleh sosok atau individu tersebut. Contohnya, Donquxiote Doflamingi bisa bertarung dengan efektif di jarak dekat berkat buah iblis String String. Tapi, di satu sisi, buah iblis tersebut juga bisa memberikan keuntungan Dofy untuk bertarung dari jarak jauh. Untuk buah iblis tipe Zoan, hanya efektif untuk pertarungan jarak dekat.

Kemampuan Yang Beragam

Sama seperti gaya bertarung, pengguna buah iblis berjenis Paramecia biasanya memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan yang lain dalam sebuah pertarungan. Ada buah iblis Paramecia yang meningkatkan kekuatan mereka, seperti Luffy dengan buah iblis Gomu Gomu dan juga buah iblis yang dikonsumsi oleh Jozu yang membuatnya bisa menjadi sekuat permata.

Namun, ada juga yang memberikan kemampuan lain seperti Mr.3, Gecko Moriah, atau Doflamingo. Buah iblis ini juga bisa memberikan kemampuan yang unik, seperti kemampuan buah iblis Foxy dimana dia bisa membuat lawannya berhenti selama 30 detik.

Lebih Umum

Seperti yang disebutkan di awal, buah Paramecia lebih umum dan lebih sering dimunculkan di dalam cerita dibandingkan buah iblis jenis lainnya. Biasanya, pengguna buah iblis Paramecia berada di wilayah Grand Line dan New World, sebuah wilayah dimana banyak pengguna buah iblisnya memiliki sesuatu yang sangat dahsyat untuk membantu mereka menang dalam pertarungan.

Jika seseorang sedang mencari buah iblis, mungkin mereka akan lebih sering menemukan buah iblis berjenis Paramecia dibandingkan Logia atau Zoan. Karena, dari sisi kelangkaan pun kedua jenis lainnya bisa dianggap sangat langka.

Peningkatan Kekuatan Yang Dahsyat

Semua jenis buah iblis dalam cerita One Piece bisa mengalami peningkatan, atau biasa disebut awakaned. Dalam bahasa yang digunakan oleh Dofy, pengguna akan mengalami sebuah evolusi dan membuka kesempatan serta kemungkinan lainnya. Untuk buah iblis Paramecia, peningkatan kekuatan mereka akan memperngaruhi sekitar mereka dan mengubahnya menjadi senjata.

Untuk buah iblis bertipe Zoan, peningkatan tersebut terletak pada sisi kekuatan, pemulihan dan daya tahan. Meskipun sama-sama hebat, tapi peningkatan kekuatan ini tidak semenarik dari apa yang membuat disuguhkan oleh Paramecia.

Kemampuan Spesial

Buah iblis berjenis Paramecia memberikan kekuatan dan peningkatan yang dahsyat kepada para penggunanya. Tapi, ada hal menarik lain yang disuguhkan oleh buah iblis ini yaitu sebuah subtipe Paramecia yang disebut sebagai Special Paramecia. Sejauh ini, baru satu buah iblis saja yang memiliki “kemampuan” ini yaitu Mochi Mochi no Mi, yang dikonsumsi oleh Katakuri.

Buah iblis ini memberikan Katakuri kemampuan untuk mengendalikan tubuhnya seperti Mochi dan juga merubah bentuk tubuhnya menjadi seperti Mochi. Karena hal inilah, buah Mochi Mochi dianggap spesial karena selain memiliki kemampuan Paramecia, buah iblis ini juga memiliki kemampuan buah iblis Logia dimana pengguna bisa merubah wujudnya menjadi sesuatu, dalam hal ini adalah Mochi.