Sosok Dominic Toretto berperan sebagai figur sentral dalam franchise Fast & Furious, tapi sayangnya tidak semua kisah dalam hidup Toretto diperlihatkan di filmnya. Sama seperti karakter lainnya, Dom pertama kali diperkenalkan dalam film The Fast and the Furious. Selain menjadi karakter utama dalam berbagai sekuel filmnya, Dom juga menjelma menjadi mesin penggerak bagi franchisenya.

Dom juga sekarang sudah “berubah” dari hanya sekedar cast, menjadi sosok produser untuk franchise ini. Vin Diesel akan kembali di F9 dan kembali ke peran lamanya pada 2021 mendatang. Selain merilis berbagai film di layar lebar, franchise Fast & Furious juga merilis berbagai konten lainnya seperti film animasi dan dua film pendek.

Film animasinya sendiri berjudul Fast & Furious Spy Racers yang tayang di Netflix pada 2019 kemarin. Film ini berkisah tentang Tony Toretto, keponakan paling kecil dari Dom. Dom, yang juga muncul di filmnya, merekomendasikan Tony dan teman-temannya untuk melakukan sesuatu bagi Ms. Nowhere, seorang agen rahasia.

Sedangkan untuk dua film pendek dalam franchise ini berjudul The Turbo Charged Prelude for 2 Fast 2 Furious dan Los Bandoleros. Film pendek pertama menjadi film yang menjembatani sosok Brian antara film pertama dan keduanya. Dan dalam film tersebut sayangnya Dominic Toretto tidak muncul, atau hanya sekedar menjadi cameo.

Baru di film pendek Los Bandoleros, Dom muncul sebagai pemeran utama. Film pendek yang dirilis pada 2009 ini memberikan detail tentang apa yang terjadi setelah peristiwa di film pertama. Setelah Brian memberikan kunci mobil Supra miliknya, Dom pergi dari Los Angeles menuju Baja, Meksiko. Disana dia bertemu dengan berbagai orang yang kemudian menjadi rekan seperjuangannya, seperti Han Lue.

Han dan Dome berteman sangat dekat, dan keduanya kemudian pergi ke Republik Dominika. Mereka kemudian bertemu dengan Armando, sosok yang membantu Dom dan yang lain di Fast Five dan Furious 7. Dom juga berteman dengan berbagai individu lainnya dari negara tersebut seperti Tego Leo, Rico Santos, Cara Mirtha, dan seorang pria bernama Malo.

Petualangannya di Republik Dominika juga sangat luar biasa. Bukan hanya membantu Leo kabur dari penjara, dia juga membuat kesepakatan dengan seorang politisi korup untuk membajak pengiriman gas dan kemudian gas tersebut dibagikan kepada orang-orang. Satu hal yang paling monumental dalam film ini adalah ketika dia pergi ke sebuah klab malam.

Dom secara tidak sengaja bertemu dengan Letty Ortiz, wanita yang menjadi kekasihnya sejak lama. Selain kembali bertemu dengan Letty, Dom juga menikahi Letty disana. Tapi, bukan cincin yang diberikan oleh Dom kepada Letty melainkan sebuah kalung salib perak, sebuah benda yang sangat berharga bagi Dom dan Letty di franchise Fast & Furious. Momen ini kemudian dikonfirmasi dalam sebuah flashback yang muncul di Furious 7.

Franchise Fast & Furious sendiri dikabarkan akan selesai pada film ke 10, dan sampai saat ini masih belum diketahui apa yang akan terjadi kepada Dom dan yang lain. Saat ini Brian sudah “diistirahatkan” oleh para kru Dom. Lalu, apakah kemudian Dom juga akan memutuskan untuk berhenti? Kita nantikan saja kelanjutan kisah Dominic Toretto di film selanjutnya ya Geeks!