Kekkei Genkai merupakan kekuatan yang spesial yang hanya bisa dimiliki oleh sebagian kecil orang saja dalam dunia Naruto, berkat adanya anomali atau sesuatu yang aneh dan tidak biasa dalam DNA mereka. Disebut juga sebagai Bloodline Limit, kekuatan kekkei Genkai bisa dilakukan melalui sebuah Jutsu visual, misalnya adalah Sharingan, atau kombinasi dari dua transformasi alamiah, seperti Wood Release.

Dalam lingkup kekuatan Kekkei Genkai sendiri, tidak semua kekuatan super tersebut mendapatkan fokus atau sorotan dalam cerita yang cukup. Sebagian diantaranya dianggap sebagai underrated Kekkei Genkai. Berikut adalah berbagai Kekkei Genkai yang jarang diperlihatkan.

Ice Release

Ice Release atau pelepasan es merupakan Kekkei Genkai dari klan Yuki, yang berasal dari desa ombak. Kemampuan ini pertama kali diperlihatkan oleh Haku, partner dari Zabuza di misi awal dari Team 7. Dengan menggunakan kemampuan ini, penggunanya bisa memanipulasi kekuatan es sesuai dengan keinginannya dan untuk Haku sendiri, kemampuan ini menjadi sangat mematikan.

Contohnya adalah jutsu Ice Mirrorring atau cermin es, dimana Haku bisa berpindah dari satu cermin ke cermin yang lain dalam kecepatan tinggi, sambil juga menyerang musuhnya yang terjebak di dalamnya. Kakashi sendiri mengakui bahwa kekuatan ini melebihi kemampuannya, dan Naruto sudah pernah merasakan kekuatan ini.

Boil Release

Boil Release juga merupakan salah satu Kekkei Genkai yang underrated. Kemampuan ini dimiliki oleh beberapa shinobi saja, seperti Han, yang merupakan mantan jinchuriki dari monster ekor lima, atau Mei Terumi, sang Muzukage kelima dari desa Kirigakure. Kemampuan ini membuat penggunanya bisa menghancurkan apapun, termasuk manusia yang akan takluk dalam beberapa saat saja.

Ketika Kekkei Genkai ini digunakan oleh Naruto, secara seketika kemampuan ini memberikan tenaga yang sangat luar biasa kepada Naruto. Mirip seperti kemampuan teknik Eight Inner Gates.

Magnet Release

Beberapa orang dari desa Sunagakure juga memiliki kemampuan Kekkei Genkai, seperti Magnet Release. Magnet Release sendiri adalah kemampuan yang sangat kuat yang memberikan penggunanya bisa menggunakan chakra yang dia miliki dan mengubahnya menjadi semacam magnet. Ketika digunakan oleh Kazekage ketiga, dia bisa mengendalikan pasir besi dengan kemampuan ini.

Berkat kekkei Genkai ini, Shikaku menjadi Kazekage terkuat dalam sejarah desa Suna. Selain memberikan kemampuan untuk mengendalikan pasir besi, Kekkei Genkai ini juga bisa mengakses kekuatan jutsu segel yang kuat, contohnya ketika Naruto mempraktikannya dengan Magnet Release Rasengan.

Scorch Release

Scorch Release bisa dibilang merupakan salah satu kemampuan yang paling langka dalam cerita Naruto, dan hanya digunakan oleh satu orang yaitu Pakura dari desa Sunagakure. Kemampuan ini memberikan Pakura kesempatan untuk “membakar” orang dari dalam dengan menggunakan chakranya. Bisa dibilang kemampuan ini mirip seperti Iron Fist dalam seri Marvel. Sayangnya, dengan kemampuan sedahsyat itu Kekkei Genkai ini masuk dalam kategori underrated.

Cyrstal Release

Seperti namanya, Crystal Release membuat penggunanya untuk bisa menciptakan dan memanipulasi batu kristal sesuai keinginan. Jika pada level biasa saja sudah sangat berbahaya, pada tingkatan yang lebih tinggi penggunanya bisa memiliki kemampuan untuk menciptakan struktur kristal yang lebih masif dan lebih kompleks.

Salah satu keuntungan terbesar dari Kekkei Genkai Crystal Release ini adalah adanya kemiripan dengan salah satu Kekkei Genkai terkuat lainnya, yaitu Wood Release. Dengan kekuatan tersebut, bisa disimpulkan bahwa Kekkei Genkai ini menjadi salah satu Kekkei Genkai terkuat.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2