Apa yang terjadi di sebuah dunia atau universe, yang dalam istilah lainnya adalah timeline, biasanya diakibatkan oleh takdir. Jika takdir tersebut dirubah, maka akan ada reaksi berantai lainnya yang terjadi di kemudian hari. Contoh nyatanya adalah cerita Flashpoint dalam komik DC, dimana diceritakan Barry Allen kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan ibunya yang tewas.

Barry memang berhasil menyelamatkan ibunya, tapi ada konsekuensi besar yang harus dia tanggung yaitu realita yang berubah. Dalam cerita fiksi ilmiah, memang tidak dijelaskan siapa yang menentukan takdir atau jalannya waktu atau timeline. Tapi, dalam series The Umbrella Academy yang tayang di Netflix, ada sebuah organisasi khusus yang mengatur semua itu bernama The Comission.

Apa Itu The Comission

The Comission, atau Temps Aeternalis, merupakan sebuah organisasi yang memastikan semua peristiwa yang akan terjadi, benar-benar terjadi. Namun, dari apa yang dijelaskan oleh the Handler, pemimpin dari The Comission, kepada Five dalam salah satu episode menunjukan bahwa merekalah yang “mengatur” apa yang terjadi di universe tersebut.

Dalam episode 6, The Handler menjelaskan semua sistem yang berjalan di The Comission sebagai bagian dari kesepakatannya dengan Five. Uniknya, kantor pusat The Comission sendiri berada di masa lalu tepatnya di era 1955, dan lokasinya sendiri berada di New York. The Handler sendiri mengatakan bahwa “we have all time in the world (kita memiliki banyak waktu di dunia ini),” yang semakin memperjelas bahwa merekalah yang mengatur semua kejadian di seluruh dunia. Tidak lupa juga bagaimana The Handler memiliki kemampuan untuk menghentikan waktu.

Dia kemudian menjelaskan kepada Five bahwa The Comission bekerja diantara timeline sebuah peristiwa dan keinginan dari umat manusia. Dalam salah satu ruangan yang diperlihatkan, The Handler menjelaskan bahwa masing-masing orang di ruangan tersebut “bertanggung jawab” atas peristiwa yang terjadi di dunia ini.

Jika ada timeline yang berubah atau tidak sesuai yang dibuat oleh The Comission, maka mereka akan langsung menyelidikinya. Mereka memiliki beberapa agen yang siap menyelesaikan permasalahan ini, dua diantaranya adalah Hazel da Cha-Cha. Mereka juga ditugaskan oleh The Handler untuk memburu dan membunuh Five.

Peristiwa Kiamat

Sedari awal, Five diperkenalkan di seriesnya dia selalu membicarakan tentang masa depan, kiamat yang akan terjadi dalam waktu satu minggu setelah kematian Sir Harold Hargreeves. Apakah peristiwa kiamat tersebut sudah diprediksikan oleh Harold Hargreeves? Bisa jadi. Tapi, yang pasti ada satu orang yang bertanggung jawab atas terjadinya peristiwa kiamat tersebut. Dia adalah Dot.

Seperti yang dijelaskan oleh The Handler, Dot menjadi orang yang bertanggung jawab atas seluruh peristiwa kiamat yang terjadi. Bahkan, Dot sudah tahu terlebih dahulu kemunculan Five di tahun 2019. Five sendiri berusaha untuk mensabotase – atau setidaknya menghentikan – kiamat yang selama ini dia ketahui. Dia berusaha mengubah timeline yang terjadi dengan memanfaatkan posisinya di The Comission  sebagai manajer kasus atau case manager.

Apakah The Comission Adalah “Tuhan” Dalam Seriesnya?

Ini sebenarnya merupakan pertanyaan yang masih menjadi misteri besar, mengingat The Handler sendiri mengaku bahwa ada sosok yang lebih tinggi jabatannya darinya. Yang artinya kemungkinan ada “sosok” atau organisasi lain yang memiliki rencana besar, yang benar-benar mengatur dalam artian sebenarnya, terhadap apa yang terjadi di dunia ini.

Tapi, dengan sistem kerja dan protokol yang dijelaskan oleh The Handler tentang bagaimana The Comission menentukan bagaimana sebuah peristiwa harus terjadi, bisa dikatakan bahwa mereka adalah “tuhan” dalam universe tersebut – atau setidaknya tangan kanan mereka. Bukan tanpa alasan, Sir Reginalrd sendiri tidak mampu mengubah dan menentukan apa yang akan terjadi dengan dunia ini, meskipun dia bisa memprediksikannya.

Apakah kemunculan Five dan Umbrella Academy juga merupakan sebuah peristiwa yang memang sengaja dibuat oleh The Comission? Jika memang ya, mengapa mereka melakukannya? Karena pada akhirnya, mereka justru menjadi musuh bagi The Comission. Inilah berbagai pertanyaan besar yang belum terjawab di musim pertama Umbrella Academy, yang mungkin akan terjawab di musim kedua nanti.