Siapa yang tidak kenal dengan sosok Jack Sparrow, kapten dari kapal Black Pearl dan merupakan sosok karakter yang eksentrik dengan gayanya yang unik. Johnny Depp benar-benar sukses untuk menghidupkan sosok karakter Jack Sparrow dalam berbagai film The Pirates of the Carribean. Banyak legenda dan cerita yang mengisahkan tentang Jack Sparrow, seperti saat dia berhasil selamat dari pulau terpencil dengan menggunakan kura-kura.

Ada hal menarik yang kemudian muncul pada diri sosok Jack Sparrow. Dalam film keempat Pirates of the Carribean, yaitu On Stranger Tides, terdapat bekas luka bertanda ‘X’ di wajah Jack Sparrow, tepatnya di bagian pelipis kanan. Meskipun terlihat sederhana, tapi hal ini disadari para fans dan membuat mereka bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi? Darimana Jack mendapatkan tanda tersebut?

Jack memang sering bertarung melawan berbagai musuh, sehingga bekas luka menjadi hal yang lumrah baginya. Tapi, tanda di wajah Jack tersebut membuat banyak orang yang bertanya siapa yang melakukannya. Dan ternyata “pelakunya” adalah Johnny Depp sendiri. Berdasarkan laporan yang ada, Depp dan tim make-up memiliki rencana untuk menambahkan bekas luka ke bagian wajah Jack Sparrow.

Luka tersebut, menjadi penanda bagi suatu peristiwa yang pernah dialami oleh Jack – meskipun tidak diketahui dan tidak dijelaskan apa peristiwanya. Depp sendiri pernah mengatakan hal ini dalam sebuah wawancara kepada Yahoo!: “rasanya menarik untuk memiliki sedikit cerita masa lalu terhadap sebuah hal.

Kepada Entertainment Weekly, Depp menjelaskan: “Jika kita memiliki bekas luka sayatan di wajah, maka akan terlihat seperti sayatan.. tapi sebuah tanda X? Dia mungkin terbangun dan menyadari bahwa seseorang melakukan hal itu kepada wajahnya.” Uniknya, Depp sendiri sebenarnya berharap bahwa para fans akan menyadari hal ini dan bertanya kepada Depp tentang apa yang terjadi. Tapi, sayangnya tidak ada orang yang penasaran tentang hal ini.

Memang, tidak sulit untuk membayangkan bagaimana banyak orang (musuh) yang akan melakukan hal seperti itu kepada Jack Sparrow, mengingat Jack memiliki banyak sekali nama-nama yang menaruh dendam kepadanya. Dengan pemahaman bahwa tanda X biasanya digunakan untuk menandai sebuah lokasi atau tempat, kemungkinan maksud X di wajah Jack adalah peringatan baginya atau menjadi penanda sehingga orang-orang bisa mengenalinya dengan mudah.

Yang cukup aneh adalah luka berbentuk X di wajah Jack sendiri dibuat dengan sangat rapih, memunculkan sebuah pertanyaan apakah Jack tidak merasakan ada seseorang yang melakukan hal tersebut kepadanya? Bagaimana mungkin Jack tidak menyadari hal ini. Alasan yang paling rasional adalah tanda ini dibuat ketika dia tidak sadarkan diri, mengingat Jack sangat senang mabuk-mabukan.

Terlepas dari apa arti dan bagaimana Jack mendapatkan tanda tersebut, yang pasti bekas luka itu semakin mengukuhkan dirinya sebagai sosok legendaris bajak laut di franchisenya dengan berbagai petualangan yang sudah dia jalani dan ratusan pertarungan yang sudah dia alami. Menarik kemudian untuk menantikan siapa karakter yang akan mengganti Jack Sparrow dalam reboot Pirates of the Carribean.