Menjadi seorang Avatar, memberikan seseorang kemampuan yang sangat dahsyat untuk bisa mengendalikan keempat elemen. Tapi, hal itu juga memberikan tanggung jawab yang besar karena seorang Avatar harus bisa menjaga harmoni keempat negara. Karena seorang Avatar merupakan reinkarnasi dari Avatar sebelumnya, membuat para fans bertanya siapa Avatar terkuat yang pernah ada. Aang dan Kyoshi merupakan Avatar terkuat diantara yang lain dalam eranya masing-masing. Tapi, bagaimana jika keduanya bertarung? Siapa yang akan menang?

Avatar Aang

Jauh sebelum dia menjadi seorang Avatar yang sempurna, Aang sudah memperlihatkan bagaimana kemampuannya dalam hal pengendalian. Dia merupakan pengendali air termuda yang pernah ada, dan dalam waktu singkat mampu menjadi pengendali air. Katara sendiri bahkan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menguasainya. Seiring berjalannya waktu, Aang mulai menguasai semua elemen dan juga kemampuan Avatar State.

Selain kemampuan dasarnya, Aang memiliki kelebihan lain, sebuah kemampuan unik yang tidak akan dimiliki oleh Kyoshi. Toph dan Zuko mengajarkan Aang beberapa hal seperti bagaimana merasakan area di sekitarnya dan juga bagaimana dia mengendalikan petir. The Lion Turtle bahkan memberikan Aang kemampuan untuk mengendalikan Ki, yang membuatnya bisa menghapus/menghilangkan kemampuan pengendalian seseorang.

Avatar Kyoshi

Meskipun hanya ditampilkan sedikit cerita tentang Kyoshi dalam seri The Last Airbender, Kyoshi diketahui merupakan salah satu Avatar terhebat yang pernah ada. Bahkan salah satu bukti kehebatannya adalah bagaimana dia membentuk sebuah pulau yang dia namakan sesuai dengan namanya, pulau Kyoshi.

Kemampuan dan ketangguhan Kyoshi bahkan melahirkan dua buah buku prekuel, The Rise of Kyoshi dan The Shadow of Kyoshi. Kedua buku tersebut memberikan gambaran bagaimana Kyoshi bisa menjadi sosok hebat, setelah menjalani hidup yang sangat berat. Bukti kekuatan Kyoshi adalah ketika dia menghancurkan seluruh armada kapal laut negara api sendirian. Dan Aang sendiri sering dibantu oleh Kyoshi dalam hal pengendalian.

Siapa yang Menang?

Aang dan Kyoshi menghadirkan dua sisi yang berbeda, dimana Kyoshi merupakan sosok yang memiliki gaya pendekatan langsung dan sangat mengedepankan kekuatan. Di sisi lain, layaknya pengendali angin Aang selalu berusaha untuk menghindari berbagai aksi dan berpikir di luar kebiasaan. Tapi, keduanya belajar untuk bisa mengatasi berbagai batasan yang ada dalam dirinya.

Kyoshi mulai belajar tentang bagaimana untuk menyerang secara tepat, presisi, dan efektif, tapi tidak lupa menghadirkan kekuatan yang dahsyat. Sedangkan Aang, dia belajar bahwa terkadang ada sesuatu yang memang harus diselesaikan dengan kekuatan otot. Lalu, siapa yang akan menang dalam pertarungan diantara keduanya?

Untuk menjawab hal ini, tergantung pada sosok Aang. Dalam komiknya diperlihatkan bahwa Aang tidak mau menggunakan kemampuan pengendaliannya untuk menyakiti siapapun, selain untuk opsi terakhir. Bagaimana Aang menghilangkan kemampuan pengendalian kepada Ozai dan yakone, menjadi bukti dari hal ini. Tapi, tentu rasanya sulit untuk melakukan hal tersebut kepada Kyoshi.

Lain halnya dengan Kyoshi dimana dia tidak segan untuk menghabisi lawannya, bahkan ketika dia sedang dalam form Avatar State. Kyoshi membuktikannya dalam pertarungan melawan Xu Ping An. Aang mustahil untuk melakukan hal yang dilakukan oleh Kyoshi, dan Aang juga enggan untuk mendorong hal tersebut sampai ke batasnya. Kekurangan insting membunuh menjadi kelemahan besar bagi Aang, yang bisa dimanfaatkan oleh Kyoshi untuk menang.