Tentunya banyak orang yang berpikir bahwa Vanya Hargreeves awalnya tidak memiliki kekuatan super sama sekali. Tetapi diakhir musim pertama, Vanya memperlihatkan kekuatan penuhnya yang selama ini terpendam. Meskipun dia adalah nomor tujuh, namun kekuatannya dapat mengalahkan saudara lainnya, dan ternyata, Vanya dapat menghancurkan bulan. Yap bulan! Tentunya bukan sebarang manusia super yang dapat menghancurkan bulan.

Seluruh hidup Vanya dihabiskan sebagai sosok yang diasingkan, baik oleh ayahnya, maupun oleh sebagian saudara-saudaranya. Hal itu terjadi karena ayah angkatnya yaitu Sir Reginald Hargreeves tahu bahwa Vanya memiliki kekuatan terpendam, yang akan sangat berbahaya jika dibiarkan. Vanya diminta oleh ayahnya untuk mengkonsumsi berbagai obat-obatan yang akan menekan kekuatannya tersebut.

Kekuatan super Vanya adalah dengan memanfaatkan gelombang suara dan merubahnya menjadi semacam gelombang telekinesis. Ia pun dapat memindahkan berbagai objek yang ada dengan pikirannya. Bahkan terlihat pula ia dapat mengeluarkan ledakan energi yang sangat besar, sampai-sampai ia dapat menghancurkan berbagai hal di sekitarnya. Walau terlihat badass, namun kekuatannya juga sangat menakutkan.

Kekuatan yang dimiliki Vanya dalam serial The Umbrella Academy memang sedikit berbeda dengan versi komik. Dalam komik, Vanya hanya mampu memanfaatkan musik, dan bukan sembarang suara seperti yang kita lihat dalam serialnya. Dalam komiknya pun, Vanya menggunakan senjata utamanya yaitu biola yang selalu ia gunakan. Bahkan dengan biola tersebut, ia dapat menciptakan kehancuran walau dengan memainkan satu nada.

Sementara di Netflix, Vanya telah memiliki kekuatan penghancurnya sendiri tanpa bantuan alat apapun. Tetapi, kekuatan Vanya semakin meningkat ketika ia menggunakan biolanya, bukan sebaliknya. Diakhir musim pun, kita diperlihatkan bahwa saat Vanya menggunakan biolanya, ia menjadi sangat kuat dan ialah sumber kiamat yang terjadi di Bumi. Dalam komiknya, Vanya memiliki penampilan yang sangat berbeda. Tubuh Vanya berbentuk seperti biola berwarna putih yang mirip seperti biola yang ia gunakan. Oleh sebab itu ia dijuluki The White Violin.

Episode terakhir The Umbrella Academy berjudul Si Biola Putih memperlihatkan perubahan wujud Vanya yang diadaptasi dari buku komik. Pada awalnya, hanya mata Vanya yang bersinar berwarna putih, tetapi perlahan-lahan ketika kekuatannya meningkat, wajah dan tubuhnya berubah menjadi putih, termasuk pakaian dan biolanya. Berbeda dengan versi serialnya, dalam komik, Vanya sebenarnya direkrut oleh seorang konduktor misterius bernama The Conductor, dan ialah sosok yang mengatakan pada Vanya bahwa Vanya memiliki kekuatan dan dapat membantunya dalam menghancurkan bumi.

Sementara dalam serialnya, The Conductor digantikan oleh Leonard / Harold, yang pada dasarnya menyimpan dendam terhadap Umbrella Academy dan meyakinkan kepada Vanya bahwa dia lebih kuat dari yang disadari.