Monkey D. Garp, Gol D. Roger, Whitebeard, Blackbeard, Kaido, merupakan beberapa nama dari karakter yang memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Kedahsyatan mereka sudah tidak perlu diragukan lagi. Garp pernah menghancurkan pulau hanya dengan pukulan tangan kosongnya saja, Roger menjadi raja bajak laut tanpa bantuan dari buah iblis, Whitebeard menjadi manusia paling kuat di seluruh dunia, dan sebagainya.

Tapi, apakah mereka benar-benar kuat sampai-sampai mereka tidak bisa dilukai sama sekali? tidak juga. Meskipun mereka merupakan sosok yang paling kuat, mereka tetap merupakan manusia yang bisa terluka dan bahkan berdarah (juga mati). Hanya saja, mungkin butuh cara khusus untuk bisa mengalahkan atau bahkan untuk sekedar melukai orang-orang yang sangat kuat tersebut.

Salah satu diantara caranya adalah menjadi sangat emosional. Ketika seseorang menjadi sangat emosional (dalam artinya menggunakan perasaannya) atau dalam kata lain perasannya terluka, hal ini menjadi titik lemah. Dengan menjadi emosional, sistem pertahanan dalam diri seseorang menjadi berkurang. Dan hal ini sudah dicontohkan oleh beberapa karakter.

Pertama adalah Monkey D. Garp. Seperti yang selalu diperlihatkan dalam cerita, Garp selalu memukul Luffy, menghajarnya habis-habisan. Bahkan dari dia masih kecil pun, Garp sudah “menyiksa” Luffy. Tapi, saat peristiwa Marineford kita melihat Garp kalah dari Luffy dan bahkan pahlawan angkatan laut itu pun terluka oleh pukulan cucunya sendiri.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Garp merasa sangat tertekan, bersalah, dengan apa yang terjadi dengan Ace juga Luffy. Bagi Garp, pukulan Luffy mungkin tidak ada apa-apanya. Garp hanya merasakan sakit dari apa yang dia alami saat itu. Seperti yang diungkapkan oleh Makino, sebenarnya bukan Luffy yang menderita tapi justru Garp. Dia ada disana, dekat dengan Ace tapi tidak bisa berbuat apa-apa.

Contoh kedua adalah Big Mom. Bagi Big Mom, sosok Mother Carmel merupakan sosok yang sangat berharga dalam hidupnya. Dia merasa bersalah karena sudah memakannya. Tapi, apa yang kemudian terjadi jika Big Mom secara emosional terluka ketika foto dari Mother Carmel hancur oleh kru Topi Jerami? Sosok Yonko terkuat itu berubah 180 derajat menjadi sosok yang bisa ditaklukan dengan mudah. Jika biasanya tubuh Big Mom tahan terhadap serangan meriam, peluru, pedang atau apapun, namun pada saat itu Big Mom benar-benar rapuh (bahkan sampai amnesia).

Contoh terakhir adalah Kozuki Oden. Diantara yang lain, Kozuki Oden merupakan satu-satunya orang yang bisa melukai sosok Kaido, yang dikenal memiliki Armament Haki yang dahsyat sehingga dia bisa menahan serangan apapun yang datang ke tubuhnya. Kaido bahkan diketahui tidak bisa mati akibat hal tersebut. Kekuatan dari Oden bahkan membuat Kaido harus waspada.

Dalam salah satu chapter diperlihatkan bahwa Kaido mengambil seluruh pasukan samurai yang ada di wilayahnya – kecuali Red Scabbards – untuk menjadi anak buahnya dan mengalahkan Oden. Tapi, nyatanya hal itu sia-sia. Satu-satunya momen Kaido berhasil mengalahkan Oden adalah ketika Kurozumi Higurashi menyamar menjadi Momonosuke, yang akhirnya membuat Oden kehilangan konsentrasinya.

Tidak ada manusia atau makhluk di dunia ini yang bisa berada di kondisi 100% sepanjang waktu. Ada kalanya dimana kondisi tersebut menurun, yang membuat mereka menjadi rapuh. Dan ketika manusia berubah menjadi sosok yang rapuh, mereka bisa diserang dengan mudah kapan saja dan dimana saja.