Salah satu elemen menarik dari seri One Piece adalah misteri yang ada di dalam ceritanya. Hal ini menjadi penting agar serinya ini tetap mendapatkan banyak penggemar, dan tetap menjaga relevansinya sebagai salah satu seri terpanjang yang pernah ada. Elemen misteri membuat para fans terrus berspekulasi, melontarkan berbagai teori, yang membuat mereka semakin cinta terhadap serinya.

One Piece sendiri memiliki banyak sekali misteri. Terlepas dari serinya yang sudah berjalan lebih dari dua dekade, masih ada beberapa hal yang tentunya masih belum terjawab dan justru menambah misteri baru. Tapi, seiring berjalannya cerita ada juga berbagai misteri yang akhirnya terungkap. Apa saja? berikut adalah pembahasannya.

Misteri Tentang Haki

Meskipun Haki pertama kali diperlihatkan di awal cerita, ketika Shanks mengusir monster laut Sea King hanya dengan menatapnya saja, pada saat itu konsep Haki masih belum diketahui dan dikenal. Di pertengahan serinya, barulah para fans diperkenalkan dengan sistem Haki. Mulai dari Haki penguasa, Haki persenjataan, dan Haki penglihatan. Dan sejauh ini, kita juga sudah melihat bagaimana pengimplementasian Haki terhadap hal lain, misalnya senjata seperti pedang, panah, dan apapun.

Siapa Ayah Luffy

Sedari awal serinya, para fans tidak diperkenalkan dengan sosok orang tua Luffy. Kita hanya disuguhkan cerita tentang bagaimana Luffy bermimpi untuk menjadi seorang raja bajak laut. Bagaimana interaksinya dengan Shanks, bertemu Sanji, Luffy, Nami, Robin, Chopper, dan Zorro. Momen mengejutkan datang setelah arc Water Seven selesai.

Garp datang ke Water Seven untuk bertemu dengan Luffy, dan memperkenalkan dirinya sebagai kakek dari Luffy. Garp pun mulai menceritakan semuanya kepada Luffy, termasuk dengan Monkey D. Dragon, sosok manusia paling dicari Pemerintah Dunia, pemimpin Pasukan Revolusi, anak dari Garp dan juga ayah dari Luffy. Semua orang benar-benar terkejut ketika mengetahui hal itu.

Seberapa Kuat Garp

Salah satu pertarungan legendaris dalam cerita One Piece selain Edd War, adalah peristiwa God Valley. Dalam pertempuran tersebut, Garp bekerja sama dengan Roger, mencoba untuk mengalahkan Rocks D. Xebec yang merupakan bajak laut paling mengerikan yang pernah ada. Pertarungan ini benar-benar dahsyat dan membuktikan bagaiman kekuatan dari Garp. Selain itu, kita juga tahu darimana akhirnya julukan pahlawan perang yang disandang Garp.

Topik tentang seberapa kuat sosok Garp selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan para fans. dan meskipn dalam beberapa pertarungan tidak benar-benar memperlihatkan kekuatan Garp yang sebenarnya, setidaknya hal itu memberikan gambaran besar seberapa mengerikannya Garp, meskipun dia tidak memiliki kekuatan buah iblis. Bukan tidak mungkin, Garp akan membuktikan perkataannya untuk membunuh Akainu jika tidak dihalangi oleh Sengoku.

Kejatuhan Roger

Bajak laut Gol D. Roger dieksekusi di Loguetown dan disaksikan oleh publik 20 tahun sebelum cerita Luffy dimulai. Eksekusi Roger tersebut membuat para fans berpikir, bagaimana orang seperti Roger bisa tertangkap oleh angkatan laut? Apaah dia kalah dalam sebuah pertarungan besar, atau dia berhasil dikalahkan dan ditaklukan dalam sebuah skema pengepungan?

Pertanyaan besar tersebut kemudian dijawab oleh Rayleigh, yang merupakan tangan kanan Roger. Roger bukan kalah ataupun terkepung. Dia justru menyerahkan diri, karena merasa seluruh petualangan dalam hidupnya sudah selesai. Lagipula Roger didiagnosa memiliki penyakit mengerikan dan nyawanya tidak akan laman lagi. Setelah mencapai Laugh Tale dan “gagal” mendapatkan One Piece, Roger kemudian membubarkan krunya.

Bagaimana Menemukan One Piece

Bagaimana menemukan harta karun paling terkenal tersebut? apakah melalui sebuah peta? Atau kompas khusus? Bagaimana Roger bisa menyelesaikan semua petualangannya? Itulah yang menjadi pertanyaan di awal sampai pertengahan seri One Piece. Tapi, kemudian kita akhirnya tahu bagaimana seorang bajak laut bisa menuju ke pulau terakhir alias Laugh Tale untuk menemukan One Piece.

Untuk menuju kesana, dibutuhkan sebuah petunjuk utama yang tertuang dalam Road Poneglyph. Road Poneglyph sendiri terdiri dari empat Poneglyph berwarna merah yang berisi petunjuk bagaimana cara menuju Laugh Tale. Dua Road Poneglyph ada di tangan dua Yonko, Big Mom dan Kaido, sedangkan Road Poneglyph ketiga ada di Zou. Untuk yang keempat saat ini masih menjadi sebuah misteri besar.