Kematian orochi di tangan Kaido membuat banyak fans One Piece terkejut. Pasalnya, Orochi bukanlah orang baru bagi Kaido. Mereka sudah saling bekerja sama setidaknya selama 20 tahun (bisa lebih bisa kurang). Sehingga rasanya tidak ada terlintas dalam pikiran bahwa Kaido akan membunuh Orochi begitu saja. Dan ternyata akibat hal tersebut kita akhirnya tahu rencana Kaido sebenarnya.

Kaido memang sedari awal tidak terlalu peduli dengan keluarga Shogun di Wano, entah keluarga Kozuki atau Kurozumi. Satu hal yang dia inginkan adalah kekuasaan penuh atas Wano, sehingga bisa dia kendalikan sesukanya. Masih belum diketahui ada apa sebenarnya di Wano, sehingga membuat Kaido begitu bernafsu untuk menguasainya. Apakah ada senjata kuno? Poneglyph? Masih harus kita tunggu kebenarannya.

Dengan kematian Orochi, artinya Wano saat ini dalam status quo atau dalam artian puncak kepemimpinan kosong, tidak ada satu orang pun yang menjadi sosok pemimpin. Pertanyaannya kemudian apa dampaknya bagi Wano kedepannya? Yang pasti rakyat Wano akan sangat menderita akan hal ini. Sedari awal, penduduk Wano yang tidak bersalah sudah menjadi korban kekejaman Orochi dan Kaido.

Mereka dipaksa untuk membuat senjata dan peralatan lainnya, untuk kemudian dijual. Bukan tidak mungkin, ketika Wano menjadi ‘Onigashima baru’ para penduduk Wano akan semakin mederita, dengan sistem kerja yang tidak manusiawi. Seperti yang diketahui, Kaido merupakan sosok yang kejam dan bertangan besi. Dia tidak ragu untuk membunuh atau menghukum siapapun yang tidak patuh kepadanya.

Kaido butuh banyak senjata, demi ‘bekal perjalanannya’ untuk mencari senjata kuno dan One Piece. Juga mewujudkan mimpinya menciptakan dunia tanpa hukum. Lalu, apakah pihak Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut (bahkan mungkin Pasukan Revolusi) sudah mengetahui hal ini? jika ya, apa yang kemungkinan akan mereka lakukan terhadap peristiwa luar biasa ini?

Kemungkinan besar baik Pemerintah Dunia maupun Angkatan Laut masih belum mengetahui apapun tentang kematian Orochi dan ambisi besar dari Kaido. Karena, satu-satunya informasi yang keluar dari Wano adalah dengan melalui X Drake. Sedangkan X Drake sendiri posisinya sedang tidak memungkinkan untuk memberikan laporan terkait apa yang terjadi di Onigashima.

Satu hal yang pasti, pihak angkatan laut sudah memprediksi bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, seperti yang diperlihatkan oleh Issho, Garp, dan para perwira lainnya di beberapa chapter sebelumnya. Mungkinkah kemudian angkatan laut mulai bergerak? Seperti dalam artikel beberapa waktu lalu, pihak angkatan laut memang tidak berani untuk pergi ke Wano tanpa adanya kekuatan penuh.

Armada angkatan laut sendiri saat ini sedang terpecah menjadi beberapa bagian karena harus menangkap para Shichibukai. Tapi, bukan berarti mereka tidak bisa putar arah dan pergi menuju Wano. Semua keputusan ada di tangan Sakazuki. Yang menjadi permasalahan kemudian apakah Sakazuki mau melakukannya?

Jika hal ini dilakukan maka sudah ada beberapa pihak yang bergabung dalam perang besar Wano. Apakah kemudian pihak Cipher Pol akan ikut turun tangan? Meskipun kemungkinannya kecil, bukan berarti mustahil. Dengan ambisi yang mengerikan yang dimiliki Kaido, Pemerintah Dunia tentunya tidak akan tinggal diam. Mereka mungkin terpaksa harus ikut serta dalam pertarungan ini, meskipun harus bergabung dengan musuh mereka, bajak laut. Tapi, tidak ada jalan lain.

Dengan ekspos yang begitu luas, mungkin di akhir pertarungan perbatasan Wano akan dibuka seluas-luasnya. Mungkin hal inilah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mewujudkan mimpi Oden membuka perbatasan Wano. Bisa jadi inilah merupakan cara bagaimana cerita pertempuran Wano, memiliki skala yang lebih masif dibandingkan Marineford.