Sutradara dan para cast dari The New Mutants beranggapan bahwa para karakter di film tersebut tidak akan pas jika menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe. Benarkah demikian? Hak cipta dari X-Men sekarang sudah berada di tangan Marvel Studios, setelah sebelumnya bertahun-tahun berada di bawah rumah produksi 20th Century Fox.

Fox sendiri memiliki sederet judul film yang masuk daftar kerja mereka, termasuk The New Mutants. Sayangnya, film yang dilabeli sebagai ‘film terakhir X-Men’ ini sejak 2017 kemarin sampai sekarang masih belum ditayangkan. Berbagai permasalahan produksi menjadi kendala utamanya, yang kemudian mengharuskan film ini untuk mengundurkan jadwal tayangnya.

Setelah proses akuisisi Fox oleh Disney selesai, film ini kemudian dijadwalkan akan dirilis pada akhir Agustus mendatang. Tapi, masih belum diketahui apakah rencana ini masih akan tetap dilakukan di tengah pandemi COVID-19 atau akan kembali didundur. Meskipun sang sutradara, Josh Boone, pada awalnya memiliki rencana untuk membuat sebuah trilogi dari film ini, namun sekarang masa depan The New Mutants masih belum diketahui.

Banyak fans yang berharap bahwa The New Mutants bisa menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe, tapi hal berbeda justru dilontarkan oleh para cast dan sutradara filmnya seperti yang dikutip dari Screen Rant saat acara Comics-Con@Home.

“Charlie Heaton: rasanya sulit, karena aku berpikir apa yang Josh katakan, bahwa (film) ini terasa seperti memiliki dunianya sendiri. Sulit untuk kemudian melihat mereka (New Mutants) berdampingan dengan para pahlawan MCU. Mereka sangat berbeda. Ini adalah anak-anak biasa yang mencoba untuk melakukan sebisa mereka.

Josh Boone: akan sangat aneh rasanya jika kemudian Wolverine tiba-tiba saja muncul. Mereka memiliki tone dan estetikanya sendiri. Jadi, rasanya akan aneh dan menarik untuk melihat mereka (New Mutants) bersama dengan para karakter lainnya. Tapi bagiku, jika memang para fans sangat menantikan dan menyukainya, kami tentunya akan senang untuk membuat film lainnya.”

Alasan mengapa New Mutants tidak bisa bergabung dengan MCU memang bisa dipahami, dan sampai sejauh ini pun kemungkinan untuk New Mutants bergabung dengan MCU sangatlah kecil. Baik Kevin Feige dan Marvel Studios sama-sama tidak terlibat dalam proses produksi filmnya, dan hal ini pun kemungkinan tidak akan terjadi meskipun Disney sudah membeli Fox.

Kita juga tidak mengetahui bagaimana filmnya menghadirkan referensi X-Men dalam ceritanya, atau justru malah tidak ada referensi X-Men sama sekali. Lagipula New Mutants memiliki tone horor gelap yang sama sekali belum pernah “disentuh” oleh MCU. Meskipun dibandingkan dengan Doctor Strange in the Multiverse of Madness, kadar horor New Mutants jauh lebih tinggi.

Mungkin Feige ingin melihat dahulu bagaimana reaksi dari para penonton dan para fans. jika filmnya sukses, siapa tahu Feige memiliki strategi untuk kemudian menghadirkan para mutan muda tersebut untuk tampil di MCU. Kita nantikan saja perkembangan selanjutnya dari film ini ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.