Seperti yang sudah kita ketahui, jauh sebelum Korra ataupun Aang ada banyak sekali sosok yang sudah pernah atau pernah menjalani hidupnya sebagai penyeimbang bagi empat elemen yang ada atau yang biasa disebut sebagai Avatar. Kita mengenal sosok Avatar Roku atau mungkin Avatar Kyoshi yang tidak kalah populer dengan Aang dan Korra sebagai Avatar.

Dan dalam buku terbaru seri Avatar, The Shadow of Kyoshi, kita diperkenalkan oleh sosok Avatar “baru” yang merupakan Avatar dari masa lalu bernama Szeto. The Shadow of Kyoshi melanjutkan kisah dari buku sebelumnya yang dirilis pada 2019, yaitu The Rise of Kyoshi. The Shadow of Kyoshi sendiri kembali berfokus pada sosok Avatar yang berasal dari negara bumi, Kyoshi.

Dalam bukunya diceritakan bahwa Kyoshi dan rekannya dari suku angin, Jinpa, pergi ke negara api atas sebuah undangan. Dan disanalah baik Kyoshi dan para pembaca diperlihatkan sosok Szeto yang memiliki peran yang sangat signifikan baik bagi negara api maupun warisan Avatar. Di awal ceritanya disebutkan, jika negara api terjebak dalam sebuah perang saudara antar klan yang mengancam keutuhan negara tersebut.

Untuk mencegah hal itu tidak terjadi dan mengurangi gelombang konflik, Szeto kemudian mengajukan diri dan dipilih sebagai menteri yang menentukan semua urusan. Szeto sendiri meminta bahwa dia tetap diperlakukan sama dengan yang lain, tidak ada perbedaan meskipun dirinya adalah seorang Avatar. Hasilnya, Szeto sukses untuk menjadi pembuat keputusan di negerinya.

Berkat kesuksesannya tersebut Szeto kemudian bisa memberikan pengaruh langsung kepada keluarga kerajaan. Dan bahkan pada akhirnya, Szeto dipromosikan sebagai Grand Advisor atau penasihat utama. Hal itu memberikannya kesempatan untuk menghentikan konflik diantara para petinggi klan di negara api. Sukses dalam menghentikan konflik, Szeto juga sukses melakukan reformasi ekonomi di negeri tersebut.

Para rakyat miskin yang sebelumnya menderita, perlahan mulai bisa bangkit dari keterpurukan. Karena hal inilah, Szeto diberikan kredit sebagai orang yang bertanggung jawab atas keberhasilannya mencegah ekonomi negara api hancur. Layaknya para Avatar yang sudah tiada dan para raja api, foto Szeto juga dipampang di  ruang utama istana

Kyoshi benar-benar dibuat takjub oleh pendekatan yang tidak biasa yang dilakukan oleh Szeto untuk menghentikan konflik berkepanjangan di negaranya. Cerita tentang Szeto bahkan membuat Kyoshi untuk kemudian menyesal mengapa dirinya tidak banyak bertanya dan berkomunikasi, melakukan diskusi dengan sosok Szeto.

Perlu dicatat juga bahwa cerita tentang Szeto ini mengisi kekosongan garis cerita Avatar. Dalam sebuah gambar yang berisi para Avatar di masa lalu, ada seorang Avatar dari negara api yang menggunakan setelah berwarna merah dan tidak diketahui siapa sosok tersebut. Para fans sering kali menyamakannya dengan sosok Jfar dari cerita Aladdin. Dan ternyata dia adalah Szeto. F.C. Yee, penulis dari dua buku Kyoshi ini, sebelumnya mengatakan di media sosial bahwa sosok misterius tersebut pada akhirnya akan terungkap identitasnya.

Dan pada akhirnya, mengenai sosok misterius tersebut sudah terpecahkan dalam buku The Shadow of Kyoshi. Avatar Szeto jelas memberikan dampak yang besar kepada negara api, dan mungkin Yee akan mempertimbangkan untuk membuat sebuah buku khusus tentang bagaimana Szeto berjuang untuk meredakan ketegangan di negaranya dan membangkitkan kembali ekonomi yang lesu.