Di akhir series Naruto, Naruto Uzumaki mendapatkan kemampuan baru yang sangat dahsyat dan luar biasa yaitu Six Paths. Kekuatan ini diberikan oleh sang pencipta jurus itu sendiri, Hagoromo Otsutsuki sang Sage of Six Paths. Dalam form Six Path ini, kemampuan seseorang bisa meningkat dengan tajam menuju level yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Bahkan, bisa dibilang kekuatan dari form ini akan membuat seseorang bisa memiliki kekuatan yang sama dengan yang dimiliki oleh klan Otsutsuki. Dan sejauh ini hanya ada beberapa orang saja yang bisa menandingi kekuatan dahsyat dari Naruto tersebut. Siapa saja? berikut pembahasannya,

Sasuke Uchiha

Anggota klan Uchiha terkuat, Sasuke bangkit dari hanya seorang Uchiha biasa menjadi orang yang memiliki separuh kekuatan dari Hagoromo Otsutsuki. Saat perang besar ninja keempat, Sasuke berhasil mendapatkan akses untuk menggunakan Eternal Mangkeyou Sharingan setelah mentransplantasi mata milik Itachi.

Dengan kekuatan Eternal Mangkekyou Sharingan, Sasuke kemudian berhasil membangkitkan Susanoo dalam bentuk penuh, juga chakra Six Paths. Dengan kekuatan yang dia miliki, Sasuke bisa bertarung melawan sosok yang kuat seperti Madara atau bahkan Naruto sekalipun.

Madara Uchiha

Selain Sasuke, anggota klan Uchiha terkuat lainnya adalah Madara Uchiha. Dia merupakan salah satu antagonis dalam seri Naruto dan merupakan salah satu pemicu perang besar ninja keempat. Kekuatan yang dimiliki Madara sanggup untuk mensejajarkan dirinya dengan Hashirama Senju, yang merupakan Hokage pertama dari desa Konoha yang dikenal memiliki kekuatan dahsyat.

Setelah mendapatkan Doujutsu Rinnegan, Madara bahkan semakin bertambah kuat dan dia akhirnya mendapatkan sumber kekuatan lainnya setelah menjadi Jinchuuriki bagi monster ekor sepuluh. Madara sendiri sudah beberapa kali bertarung melawan Six Path Naruto dan Sasuke, dan ini menjadi bukti bahwa Madara bisa menghadapi kekuatan terbesar mereka itu.

Kaguya Otsutsuki

Kaguya Otsutsuki merupakan villain terakhir yang muncul dalan seri Naruto dan menjadi musuh yang paling kuat yang dihadapi oleh Naruto dan menjadi musuh paling kuat di seri itu. Dia dibangkitkan kembali dari kematiannya oleh Black Zetsu, dengan menggunakan tubuh Madara sebagai wadahnya. Kaguya Otsutsuki merupakan ancaman besar bagi seluruh umat manusia, bukan hanya Naruto saja.

Dengan kekuatan yang sangat besar, wajar jika Naruto tidak mampu menandinginya. Meskipun Kaguya Otsutsuki berhasil dikalahkan, itupun merupakan hasil kerja sama dari Kakashi, Sasuke, Obito, dan bahkan Sakura. Bukan hanya Naruto sendiri yang melakukannya. Jika hanya Naruto, mungkin dia sudah mati dalam pertempuran itu.

Hagoromo Otsutsuki

Hagoromo Otsutsuki atau yang biasa dikenal sebagai Rikkudo Sennin, merupakan karakter terkuat kedua di seluruh seri Naruto dan juga merupakan karakter yang terkuat kedua diantara klan Otsutsuki lainnya setelah sang ibu, Kaguya. Dia merupakan anak dari Kaguya Otsutsuki dan sedari kecil, Hagoromo sudah memiliki Rinnegan di matanya. Kemampuan Rinnegan Hagoromo tidak ada tandingannya.

Kemampuan Hagoromo sempat membuat Kaguya merasa terancam. Salah satu contoh kekuatannya adalah ketika dia menciptakan bulan dengan menggunakan Chibaku Tensei. Meskipun dia sudah memberikan sebagian kekuatannya kepada Naruto dan Sasuke, Hagoromo masih cukup kuat untuk membangkitkan para Kage yang sudah tewas dan juga menghancurkan Edo Tensei.

Kakashi Hatake

Setelah mendapatkan Mangekyou Sharingan milik Obito bersama dengan kekuatan dari Six Path untuk sementara waktu, Kakashi Hatake berubah menjadi sosok shinobi yang mampu menandingi kekuatan para pencipta chakra itu sendiri yaitu Kaguya Otsutsuki dalam sebuah pertarungan. Ketika mengaktifkan kekuatan ini, dikatakan bahwa Kakashi menjadi tidak terkalahkan dan bahkan seseorang yang sangat kuat seperti Uzumaki Naruto pun akan kesulitan melawannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.