Gotham sepertinya selalu memiliki masalah dengan badut, dan dalam cerita ‘Joker War’ yang akan datang, seorang vigilante brutal baru akan muncul. DC Comics sudah membagikan detail pertama untuk komik Batman: The Joker War Zone, sebuah antologi yang tidak hanya akan menampilkan cerita tentang Bat Family, tapi juga akan menjadi cerita debut bagi vigilante baru DC, Clownhunter.

Setelah kehilangan sosok ayah dan juga pelayan setia, Alfred Pennyworth, rencana Bruce Wayne untuk membangun kota Gotham yang lebih baik dan lebih besar harus mengalami banyak tantangan dan masalah. Penulis Batman terbaru, James Tynion IV, menghadirkan kisah Batman yang harus bertarung melawan Deathstroke, para polisi kota Gotham yang berubah menjadi zombie, dan berbagai teka-teki dari the Riddler.

Sementara itu, Joker dan kekasih barunya, Punchline, terus merencanakan dan mengumpulkan pasukan (termasuk “adik” dari Bruce dari universe lain, Lincoln March) untuk bersiap dalam sebuah pertempuran besar dan rencana paling epik yang pernah dibuat oleh Joker. Clownhunter sendiri dikabarkan akan muncul pada komik Batman #95 ketika cerita ‘Joker War’ dimulai.

Tynion sendiri pertama kali menyebutkan sosok Clownunter pada Maret lalu, tapi pada saat itu Tynion hanya memberikan sedikit detail terkait karakternya. Karakter yang dia buat bersama Jorge Jimenez ini menurutnya akan menjadi sosok anti-hero yang sangat brutal. Penampilannya sendiri sederhana, dimana dia hanya bersenjatakan pemukul kasti serta topeng bekas yang memiliki rambut bergaya mohawk di atasnya.

Nama ‘Clownhunter’ sendiri bisa menjadi petunjuk besar bahwa dia bukanlah sekutu bagi Joker ataupun Punchline. Penampilannya dalam artwork bersama Batgirl dan juga berdasarkan spoiler cerita yang ada, mengkonfirmasi bahwa Clownhunter akan menjadi bagian dari tim Bat Family saat perang besar di kota Gotham ini pecah.

Sebagai penulis, Tynion menjanjikan bahwa cerita ‘Joker War’ akan menjadi sebuah cerita yang sangat ambisius dan setiap volume juga detail di setiap cerita akan menjadi jembatan bagi pertarungan puncak antara Batman dan musuh lamanya, Joker. Kesuksesan yang diraih oleh Punchline, memberikan bukti bahwa para fans dan juga pangsa pasar lainnya menyukai hal yang baru.

Dengan situasi dan kondisi Gotham yang penuh dengan kejahatan akibat ulah Joker dan para villain lainnya, penampilan Clownhunter sangat mendukung situasi tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks penampilan pertama dari Clownhunter dan bagaimana perannya dalam membantu Bat Family untuk mengalahkan Joker dan menghadirkan kembali kenormalan di kota Gotham.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.